10 Aktivitas Membakar Uang Sehari-hari Yang Masih Anda Lakukan

membiarkan elektronik menyala merupakan salah satu aktivitas membakar uangMenghasilkan uang dalam sebulan merupakan perkara yang sulit. Bayangkan, Anda harus bekerja keras selama sebulan penuh untuk mendapatkan gaji bulanan. Namun, menghabiskan uang dalam sebulan tentu menjadi hal yang sangat mudah. Sebenarnya Anda bisa berhemat bahkan memiliki tabungan asalkan tahu cara mengatur keuangan. Ingat, selalu utamakan kebutuhan di atas kepentingan. Urusan membeli sepatu baru, telepon genggam tercanggih, dan jajan setiap hari bisa dihindari demi menghemat. Di samping itu untuk memiliki hidup hemat ada 10 aktivitas membakar uang sehari-hari yang harus Anda hindari. Nah, mau tahu apa saja hal-hal yang kerap menjadi sumber pemborosan. Simak artikel berikut.

1.Membayar Bunga Kartu Kredit yang Terlalu Tinggi

Saat ini kartu kredit sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Padahal di balik kebaikannya tersimpan cara yang ampuh untuk menyedot setiap penghasilan para konsumen. Ada kartu kredit yang memiliki bunga tinggi. Dan Anda masih saja terjebak di dalamnya, bahkan setiap bulan Anda harus membayar bunga kartu kredit yang terbilang tinggi. Terkadang bunganya melebihi jumlah pemakaian kartu kredit dalam sebulan. Coba perhatikan lagi berapa bunga kartu kredit yang harus Anda bayar setiap bulan. Bila, nominalnya sangat tinggi, Anda bisa mencari referensi kartu kredit lain yang menawarkan bunga rendah. Anda bisa mengeceknya di situs sebagai perbandingan.

2.Meninggalkan Peralatan Elektronik dalam Keadaan Menyala

Untuk memiliki hidup hemat biasanya harus dimulai dengan kebiasaan diri sendiri. Kebiasaan membiarkan peralatan elektronik tetap aktif selama Anda berada di luar rumah nyatanya sudah melekat pada sebagian orang. Ketika hendak beraktivitas di luar rumah, Anda lupa untuk mencabut kabel charger yang masih tersambung dengan power bank misalnya atau televisi yang ditinggalkan dengan keadaan menyala. Ada juga yang lupa mematikan laptop dan pendingin ruangan. Hal-hal tersebut masuk dalam kategori aktivitas membakar uang. Mau tahu kenapa? Aliran listrik akan terus menyala dan membuat tagihan listrik Anda membengkak dalam sebulan. Jika saja Anda mau mengubah kebiasaan ini, tentu ada banyak uang yang dapat dialirkan ke rekening tabungan.

3.Membiarkan Kerusakan-Kerusakan Kecil di Dalam Rumah

Anda sudah tahu di rumah ada genting yang rusak dan bocor, tapi Anda menunda-nunda untuk membetulkannya. Jika Anda tidak segera memperbaikinya di musim panas, tentu akan berakhir dengan kerusakan fatal saat terjadi musim hujan. Biayanya bisa saja berlipat ganda. Tentu akan lebih murah untuk memperbaiki kebocoran kecil daripada untuk memperbaiki langit-langit Anda secara keseluruhan. Periksa rumah Anda secara teratur untuk melihat kerusakan yang timbul sehingga Anda dapat memperbaikinya segera.

4.Membuang-Buang Makanan

Saat belanja bulanan, Anda mengambil buah, bahan makanan, sayur dan makanan kecil sesuka hati. Tanpa dipikirkan apakah akan terpakai atau tidak. Hasilnya, lemari pendingin Anda penuh dengan berbagai jenis makanan yang biasanya berujung pada terbuangnya sebagian makanan tersebut ke tempat sampah. Ini jelas jadi aktivitas membakar uang. Untuk menghindarinya, Anda bisa menyatukan buah dan sayur yang tidak dimasak menjadi campuran jus atau salad.

5.Tagihan Telepon Genggam yang Tidak Wajar

Anda seorang yang sibuk dan memiliki banyak rekan bisnis di luar kota bahkan luar negeri? Apabila Anda termasuk dalam golongan tersebut, tentu biaya tagihan telepon pribadi Anda membengkak setiap bulannya. Untuk memiliki hidup hemat, coba hubungi pihak provider Anda dan ajukan limit dalam setiap bulan bila menggunakan jasa pascabayar. Dengan sistem ini Anda bisa mengetahui dan mengontrol pemakaian telepon setiap bulannya. Seandainya Anda pengguna jasa prabayar, maka Anda bisa memberi bujet pengisian pulsa sehingga tidak melebihi kapasitas. Anda akan terhindar dari aktivitas membakar uang jika sudah menerapkannya.

6.Mengisi Baterai Telepon Genggam Saat Sudah Mati Total

Banyak pengguna telepon genggam yang tidak mengetahui cara mengisi baterai telepon genggam dengan benar. Faktanya, membiarkan telepon genggam dalam keadaan mati total dahulu lalu di charger bisa membuat kondisi baterai tidak stabil dan memperpendek umurnya. Baiknya, jika kondisi baterai sudah melemah dan daya yang tersisa hanya 20-40 persen barulah Anda mengisi kembali baterai Anda. Usahakan ketika sedang mengisi daya baterai, telepon genggam tidak dimainkan. Hal-hal tersebut akan membuat baterai Anda boros bahkan rusak. Mau tidak mau ada pengeluaran tak terduga untuk membeli baterai. Mau memiliki hidup hemat, hindari aktivitas membakar uang seperti ini.

7.Membiasakan Makan Siang dan Jajan di Luar Setiap Hari

Sudah pasti kebiasaan ini jadi pemborosan. Bayangkan jika dalam lima hari bekerja, Anda habiskan makan siang di luar kantor baik di restoran atau warung tentu akan membuat penghasilan Anda terkikis sedikit demi sedikit. Mulai dari sekarang kurangi jajan dan makan siang di luar kantor dengan membawa bekal. Saat belanja bulanan, beli bahan-bahan makanan yang mudah diolah. Dengan begitu, sebelum berangkat kerja Anda bisa dengan cepat mengolahnya menjadi bekal makan siang. Bila Anda mau memiliki hidup hemat ubah kebiasaan Anda yang satu ini.

8.Melakukan Transaksi dengan Bank Lain Melalui Mesin ATM

Transaksi yang dilakukan intra bank tentu lebih minim biaya dibanding antarbank. Ketika Anda harus melakukan transaksi keuangan dengan bank lain yang bukan satu akun, sebaiknya pergi ke bank yang bersangkutan dan lakukan transaksi manual. Cara ini lebih efektif dan menghindari biaya tambahan ketika Anda melakukan transaksi di ATM. Apabila setiap transaksi antarbank selalu Anda lakukan di mesin ATM maka sudah pasti biaya tambahan tersebut akan menggerogoti tabungan Anda.

9.Mengabaikan Biaya Tahunan Kartu Kredit

Coba Anda periksa kembali, apakah biaya tahunan kartu kredit Anda dibebaskan atau tidak. Sebab, biaya tahunan setiap kartu kredit juga menyiksa. Bayangkan jika satu kartu kredit biaya tahunannya sebesar Rp 350.000. Berapa jumlah yang harus Anda bayar untuk 3 kartu kredit? Pengeluaran seperti ini bisa diakali dengan mengajukan pembebasan biaya tahunan kepada penerbit kartu. Ada beberapa kartu kredit yang menawarkan biaya tahunan gratis bahkan rendah.

10.Mengabaikan Pemeriksaan Kendaraan

Dalam sebulan ada saja pengeluaran tak terduga untuk kebutuhan kendaraan Anda. Dari soal interior sampai exterior, dari kondisi mesin hingga ban. Untuk menghindari aktivitas membakar uang, perhatikan dan periksakan kendaraan Anda. Bila ada kerusakan kecil atau mulai terasa tidak nyaman saat digunakan konsultasi segera ke bengkel langganan. Dengan mencegah kerusakan kecil tersebut akan menghindari pengeluaran berlebih dan mobil tidak akan mengalami rusak parah yang menyebabkan hingga mati total.

Masih ragu dan tak sanggup menghindari aktivitas membakar uang sehari-hari, rasanya Anda harus membaca juga Bisakah Bertahan Hidup di Jakarta dengan Rp 50.000 Saja?

Komentar