10 Besar Destinasi Kuliner Paling Favorit di Indonesia

Indonesia tidak hanya terkenal akan alamnya yang indah tetapi juga keragaman destinasi kulinernya hingga ke penjuru dunia. Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya masing-masing sehingga hal inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Dari sekian banyaknya kota di Indonesia, berikut 10 kota yang menjanjikan wisata kuliner Indonesia terbaik.

1.   Jakarta

Jakarta kuliner

Sebagai ibu kota negara Indonesia, Jakarta memiliki kuliner khasnya sendiri. Daerah Kemang, tepatnya Jalan Jaksa, merupakan sasaran utama untuk berwisata kuliner. Makanan yang ditawarkan juga sangat beragam mulai dari makanan khas Indonesia hingga mancanegara. Hal ini tidak mengherankan karena berbagai budaya berkumpul menjadi satu di ibu kota ini. Uniknya lagi beberapa restoran yang menyajikan kuliner legendaris khas Jakarta ternyata sudah didirikan semenjak tahun 1940-an seperti Soto Betawi H. Ma’ruf dan Gado-Gado “Bon Bin” yang didirikan sejak 1960-an.

2.   Bandung

Bandung kuliner

Udara yang sejuk ditambah banyaknya variasi kuliner yang ditawarkan membuat Bandung menjadi kota favorit selanjutnya untuk wisata kuliner, terutama untuk makanan khas Sunda-nya. Nasi timbel dengan lauk ayam, sambal dan lalapan menjadi kuliner andalan yang selalu sukses membuat lidah penikmatnya bergoyang. Banyak tempat di Bandung yang biasa dikunjungi untuk kuliner seperti daerah Lembang, tepatnya Jalan Riau. Jajanan khas Bandung seperti cireng, batagor dan seblak juga menjadi incaran wisatawan. Bandung yang seringkali disebut kota yang kaya akan kreativitas ini tidak hanya memiliki kuliner khas bumi Priangan saja, tetapi juga berbagai macam masakan khas Asia dan Eropa tentunya dengan konsep yang tak kalah unik, contohnya sebut saja Giggle’s Box yang memadukan konsep vintage ala Eropa dengan berbagai macam menu.

3.   Bogor

bogor kuliner

Tidak jauh dari Jakarta, Bogor juga menyembunyikan berbagai kuliner khasnya yang lezat seperti asinan bogor, soto bogor maupun berbagai kue khas bogor seperti roti unyil. Jika Anda berkesempatan untuk berjalan-jalan di kota Bogor, cobalah mampir ke daerah Pasar Anyar ataupun sekitar jalan Padjajaran, di sana Anda akan menemukan berbagai kuliner khas Bogor yang lezat dan murah. Untuk yang suka berwisata kuliner di malam hari, beberapa warung tenda di kawasan Padjajaran maupun Suryakencana menyediakan tempat nongkrong yang asyik bagi kawula muda.

4.   Yogyakarta

yogyakarta kuliner

Daerah istimewa yang dipimpin oleh seorang sultan sebagai gubernurnya ini juga menyimpan wisata kuliner unik yang terkenal sudah diwariskan turun-temurun dari zaman kolonial Belanda. Salah satu kuliner andalan Yogyakarta adalah gudeg, sehingga tidak heran jika kota ini memiliki nama lain sebagai kota gudeg. Jika Anda berkesempatan pergi ke daerah Malioboro di malam hari, Anda akan menemukan banyak pedagang lesehan yang tidak hanya menjajakan gudeg, tetapi juga berbagai makanan tradisional Yogya seperti nasi pecel dan nasi kucing. Ada satu restoran unik yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke kota ini yaitu “House of Raminten” yang merupakan sebuah restoran yang menyajikan menu khas Yogya tetapi dengan penamaan dan penyajian yang sangat unik.

5.   Bali

bali kuliner

Bali, sebuah pulau yang sudah terkenal sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di seluruh dunia ini juga menjadikan kulinernya sebagai daya tarik wisata. Bagi yang sudah pernah berwisata ke Bali mencicipi ayam atau bebek betutu bali dan sate lilit adalah keharusan karena di sanalah letak cita rasa bumbu khas Bali berada. Kawasan Jimbaran terkenal akan sajian seafood yang menggoda. Waktu yang tepat untuk mengunjungi daerah ini adalah di malam hari karena Anda bisa menikmati suasana makan malam yang romantis di pinggir pantai. Bagi yang ingin berburu kue-kue khas Bali, Pia Susu Bali merupakan salah satu jajanan yang selalu dicari para wisatawan untuk oleh-oleh.

 

6.   Padang

padang kuliner

Siapa yang tidak kenal dengan rendang? Olahan daging yang satu ini sudah terkenal hingga ke mancanegara bahkan CNN pernah menobatkan rendang sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Banyak daerah di Padang yang menyajikan berbagai kuliner lezat khas-nya, tetapi jika tidak mau pusing coba saja pergi ke daerah Simpang Kinol Padang. Daerah ini menyajikan berbagai macam makanan khas Padang seperti rendang, sate padang, soto padang dan es durian Ganti Lan Lamo yang pantang dilewatkan ketika berkunjung ke daerah ini.

7.   Manado

manado kuliner

Jauh di timur Indonesia, salah satu kota di Sulawesi Utara tepatnya Manado menyimpan kuliner khas yang menjadi favorit para wisatawan. Setiap daerah di Manado memiliki kuliner-nya sendiri seperti Jalan Wakeke yang terkenal akan bubur Manadonya dan Pantai Malalayang di mana Anda bisa menikmati pisang goreng dan ubi goreng yang dipadu dengan sambal ikan roa yang pastinya akan menimbulkan sensasi pedas yang unik di lidah. Bagi yang beragama Muslim sebaiknya menanyakan dulu restoran yang hendak dikunjungi apakah halal atau tidak karena makanan yang mengandung babi seperti Mie Ba lumayan banyak tersebar di wilayah ini.

8.   Medan

medan kuliner

Kuliner multikultural, mungkin inilah yang akan Anda temui jika berkunjung ke Medan. Hal ini tidak mengherankan karena Medan memang banyak diisi oleh etnis seperti Melayu, Tionghoa, Jawa, dan Batak. Salah satu daerah favorit untuk berwisata kuliner adalah kawasan Pecinan di Jalan Semarang dimana Anda bisa menemukan nasi bebek Hainan yang menjadi menu andalan tempat ini. Satu restoran yang tidak boleh terlewatkan adalah Rumah Makan Sinar Pagi yang menyajikan soto Medan yang sangat lezat namun karena saking ramainya, pengunjung harus rela antri untuk bisa makan di tempat ini.

9.   Surabaya

surabaya kuliner

Kota Pahlawan tidak hanya terkenal akan sejarahnya tetapi juga makanan tradisional khas Jawa Timuran seperti rujak cingur, lontong balap, bebek goreng, dan tahu tek. Banyak pedagang yang menjual makanan tersebut, namun jika Anda mencari rasa yang otentik cobalah pergi ke Lontong Balap Garuda Pak Gendut atau Lontong Balap Rajawali. Ingin kuliner di malam hari? Cobalah kunjungi daerah Dharmahusada, di sana bisa ditemukan warung yang menyajikan tahu tek yang selalu ramai dikunjungi setiap harinya.

10.  Malang

101-10

Tidak jauh dari kota Surabaya, ada sebuah kota yang terkenal akan baksonya yaitu kota Malang. Jika mendengar nama kota ini pasti yang langsung terlintas di pikiran adalah bakso Malang yang sudah banyak ditemukan di kota-kota lain. Walaupun begitu mencicipi bakso Malang yang asli di kotanya sendiri memiliki cita rasa yang berbeda. Bukan hanya bakso yang menjadi kuliner andalan tempat ini, apel Malang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Berbagai olahan apel Malang seperti keripik sering diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

Komentar