Top 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2014

Tahun 2014, Forbes kembali meluncurkan beritanya mengenai daftar nama orang terkaya di Indonesia. Berikut adalah profil singkat dari 10 besar orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes (Maret 2014).

1. R. Budi & 2. Michael Hartono

R Budi dan Michael Hartono1) Nama Lengkap: Robert Budi Hartono

Sumber Kekayaan: Banking, Tobako

Umur: 74

2) Nama Lengkap: Michael Hartono

Sumber Kekayaan: Banking, Tobako

Umur: 73

Robert Budi Hartono dan Michael Hartono menduduki urutan pertama dan kedua di jajaran orang terkaya di Indonesia. Kekayaan keduanya mencapai 15 miliar dolar AS atau setara dengan 165 triliun rupiah. Keduanya merupakan pemilik dari Djarum Group, perusahaan rokok terbesar di Indonesia.

Djarum Group berawal dari sebuah perusahaan rokok kretek kecil yang diberi nama Djarum Gramophon. Perusahaan ini dibeli oleh ayah mereka, Mr. Oei Wie Gwan, pada tahun 1951. Kemudian nama perusahaan rokok ini diubah menjadi Djarum. Sepeninggal Oei Wie Gwan, Robert Budi Hartono dan kakaknya, Michael Hartono, mewarisi perusahaan ini. Walaupun perusahaan ini sempat mengalami kebakaran, dua bersaudara ini mampu membangunnya kembali. Bahkan, saat ini Djarum Group merupakan perusahaan raksasa yang memiliki berbagai jenis usaha.

Selain memproduksi rokok, Djarum Group juga melebarkan sayap usahanya ke bidang lain di antaranya: perbankan, properti, dan perkebunan. Dalam bidang perbankan, R. Budi dan Michael Hartono merupakan pemegang saham terbesar dari Bank Central Asia Tbk. (BCA). Tepatnya, mereka mengendalikan 51% dari keseluruhan saham BCA. Sedangkan dalam bidang properti, Djarum Group menjalankan proyek Grand Indonesia yang dimulai di tahun 2004 dan selesai pada 2008. Proyek ini memiliki nilai investasi sebesar 1,3 triliun rupiah. Di bidang perkebunan, mereka memiliki 65.000 hektar perkebunan sawit di provinsi Kalimantan Barat.

3. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung

3) Nama Lengkap: Chairul Tanjung

Sumber Kekayaan: Diversified/Beragam, Wirausaha

Umur: 52

Edukasi: Kedokteran Gigi

 

Dengan total kekayaan 4 miliar dolar AS, atau setara dengan 44 triliun rupiah, pengusaha yang dijuluki anak singkong ini menjadi orang terkaya nomor tiga di Indonesia. Chairul Tanjung adalah pemilik Trans Corp. yang membawahi dua stasiun televisi besar di Indonesia, yaitu Trans TV dan Trans 7. Selain membawahi Trans Corp, ia juga memiliki saham di bidang usaha lainnya, termasuk saham PT. Carrefour. Dengan kepiawaiannya sebagai pengusaha, tidak mengherankan kalau akhirnya lulusan Kedokteran Gigi UI ini menggeser Anthoni Salim sebagai orang terkaya nomor tiga di Indonesia.

4. Sri Prakash Lohia

sri prakash lohia

4) Nama Lengkap: Sri Prakash Lohia

Sumber Kekayaan: Tekstil

Umur: 62

Edukasi: Sarjana Seni

 

Peringkat empat orang terkaya Indonesia diduduki oleh raja tekstil, Sri Prakash Lohia. Bermula dari sebuah pabrik di Purwokerto, perusahaan tekstil milik pria keturunan India ini menggurita ke seluruh dunia. Sampai saat ini Indorama Corporation sudah memiliki 19 ribu karyawan yang bekerja untuk anak perusahaannya di berbagai negara.

Tercatat Sri Prakash Lohia memiliki kekayaan berjumlah 3,5 miliar dolar AS. Baginya,  kepuasan pelanggan adalah hal terpenting saat menjalankan bisnis. Oleh karena itu, ia lebih memilih untuk fokus pada bidang bisnis yang sudah digeluti selama ini, yaitu petrokimia dan tekstil. Strategi ini membuahkan hasil yang luar biasa. Hal ini dibuktikan dengan usahanya yang merambah hingga ke 18 negara di empat benua.

5. Peter Sondakh

peter sondah

5) Nama Lengkap: Peter Sondakh

Sumber Kekayaan: Investasi, Wirausaha

Umur: 63

Saat umur 22 tahun, Peter Sondakh mengambil alih bisnis ayahnya. Sepeninggal ayahnya, Peter Sondakh menjadi tulang punggung keluarga yang menafkahi ibu dan empat saudara perempuannya. Pada tahun 1984, perusahaannya Rajawali Corporation menggandeng putra presiden saat itu, Bambang Trihatmojo, untuk membangun bisnis bersama. Keberhasilan mereka yang menonjol di antaranya adalah Grand Hyatt Hotel dan RCTI yang menjadi stasiun televisi swasta pertama di Indonesia.

Saat krisis moneter, Rajawali Corporation memang ikut terkena imbasnya. Namun demikian, sebagaimana tercatat dalam Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI),  perusahaan ini akhirnya mampu memiliki investasi di lima sektor yaitu: pariwisata, telekomunikasi, transportasi, keuangan, dan perdagangan. Ketahanan perusahaan Rajawali Corporation ini pulalah yang mengantarkan Peter Sondakh sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes 2014.

6. Mochtar Riady & Keluarga

Mochtar Riady

6) Nama Lengkap: Mochtar Riady

Sumber Kekayaan: Diversified/Beragam, Wirausaha

Umur: 85

Mochtar Riady dan keluarganya dinobatkan untuk menduduki peringkat enam orang terkaya di Indonesia. Dengan berbagai bidang usaha yang dijalankan Group Lippo, Mochtar Riady tercatat memiliki kekayaan sebesar 2,5 miliar dolar AS.

Sejak kecil Mochtar Riady ingin menjadi seorang bankir. Cita-citanya terwujud setelah beberapa lama tinggal di Jakarta. Pada tahun 1989, Bank Perniagaan, tempatnya bekerja, bergabung dengan Bank Umum Asia. Bergabungnya dua bank ini yang kemudian melahirkan Lippo Bank. Lippo Bank inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya perusahaan raksasa bernama Lippo Group.

7. Sukanto Tanoto

sukanto tanoto

7) Nama Lengkap: Sukanto Tanoto

Sumber Kekayaan: Diversified/Beragam, Wirausaha

Umur: 65

Peringkat ketujuh orang terkaya di Indonesia ditempati oleh Sukanto Tanoto. Pria asal Sumatera Utara ini memiliki kekayaan yang ditaksir mencapai 2,1 miliar AS. Selain sebagai pengusaha yang disegani, pria kelahiran 25 Desember 1949 ini juga menjadi teladan bagi masyarakat Indonesia. Selain terlahir dari keluarga kurang mampu, Sukanto Tanoto juga sempat menghadapi diskriminasi ras yang terjadi pada masa itu. Dengan ketekunan dan kerja kerasnya, ia pun berhasil membangun PT. Raja Garuda Mas yang sekarang berpusat di Singapura.

Perusahaan yang dipimpinnya menjadikan usaha kertas dan kelapa sawit sebagai sektor utama. Ia pun berinvestasi di lebih dari sepuluh negara. Investasinya antara lain: perkebunan kelapa sawit National Development Corporation Guthrie di Mindanao, Filipina, dan Electro Magnetic di Singapura.

8. Bachtiar Karim

Bachtiar Karim

8) Nama Lengkap: Bachtiar Karim

Sumber Kekayaan: Produsen

Umur: 58

Tidak seperti kebanyakan pengusaha yang mendirikan kantor pusatnya di Jakarta, PT. Musim Mas milik Bachtiar Karim membangun pusat operasionalnya di Medan, Sumatera Utara. Dengan jaringan distribusi yang mencakup 80 negara, Bachtiar Karim menjadi salah satu pengusaha terkaya di Indonesia. Ia bahkan memiliki kekayaan sebesar 2 miliar dolar AS. Angka ini membuatnya masuk ke dalam jajaran 1000 orang terkaya di dunia.

9. Theodore Rachmat

Theodore Rachmat

9) Nama Lengkap: Theodore Rachmat

Sumber Kekayaan: Diversified/Beragam

Umur: 71

Edukasi: Sarjana Seni

Theodore Rachmat adalah Presiden Direktur dari PT. Astra Internasional. Dengan jumlah kekayaan sebesar 1,1 miliar dolar AS, lulusan Institut Teknologi Bandung ini menempati posisi kesembilan orang terkaya di Indonesia. Selain memimpin PT Astra Internasional, Theodore juga memiliki dua perusahaan lain yaitu PT. Tripel A Jaya dan PT. Trikirana Investindo Prima. Kedua perusahaan ini dibangun sebagai langkah strategi usahanya, yaitu memisahkan perusahaan induk dan perusahaan pribadi.

10. Tahir

Tahir

10) Nama Lengkap: Tahir

Sumber Kekayaan: Diversified/Beragam, Wirausaha

Umur: 63

Edukasi: Sarjana Bisnis

Tahir yang memiliki Mayapada Group ini, dinobatkan menjadi orang terkaya nomor 10 di Indonesia. Total kekayaannya mencapai 1,85 miliar dolar AS. Pengusaha yang terkenal dermawan ini juga merupakan menantu dari Mochtar Riady, pendiri Lippo Group. Bagi pria asal Surabaya ini, memberi adalah kemampuan yang patut disyukuri. Ia berprinsip bahwa kebaikan yang dilakukannya akan selalu membuahkan hasil yang baik. Kalaupun bukan ia yang menikmatinya, maka anak dan cucunyalah yang akan menuai hasilnya.

 

Inilah daftar orang terkaya di Indonesia pada tahun 2015

Komentar