10 Cara Sederhana Menghemat Uang

Baik Anda yang sedang berjuang melunasi tagihan-tagihan bulanan atau Anda yang tidak punya hutang sama sekali, berikut 10 cara sederhana untuk menghemat uang, yang dapat berguna bagi Anda di kemudian hari.

1. Putuskan Hubungan dengan TV Anda

menghemat uang

Jika Anda berlangganan TV kabel atau satelit, sudah saatnya mengevaluasi ulang abonemen Anda. Mungkin Anda dapat memotong paket-paketnya dan pada akhirnya mengurangi biaya berlangganan Anda, atau Anda dapat memutuskan abonemen dan menonton acara favorit Anda secara online. Anda bahkan dapat mengambil kesempatan ini untuk menghabiskan waktu jauh dari televisi. Brilian!

2. Lacak pembelanjaan Anda

menghemat uang

Sebelum Anda mulai berhemat, Anda perlu tahu apa dan berapa banyak belanja Anda. Gunakan perangkat online yang gratis untuk melacak pembelanjaan Anda. Dengan memiliki anggaran, Anda dapat mengetahui berapa banyak uang yang Anda belanjakan setiap bulannya dan kemudian menentukan berapa banyak yang harus Anda hemat dan di mana Anda harus memotong anggaran.

3. Gunakan transportasi publik

menghemat uang

Jika memungkinkan untuk bersepeda ke kantor, lakukanlah. Jika tidak, gunakan transportasi publik. Anda akan terkejut berapa banyak uang yang bisa Anda hemat dengan memotong biaya bensin, tol dan parker dari pengeluaran sehari-hari Anda.

4. Buatlah kopi Anda sendiri

menghemat uang

Jika Anda tidak dapat hidup tanpa kafein, sudah saatnya berinvestasi terhadap mesin kopi dan biji kopi yang berkualitas, serta beberapa penyaring. Lakukan dengan benar maka Anda cukup membayar Rp3,000 untuk mendapat secangkir kopi. Kemudian Anda dapat mengucapkan selamat tinggal pada barista di dekat kantor Anda dan menyimpan uang lebih setiap pagi.

 5. Bawa bekal makan siang ke tempat kerja

menghemat uang

Mulailah membawa bekal makan siang sendiri ke tempat kerja. Jika Anda menghabiskan rata-rata Rp35,000 sehari untuk makan siang, Anda dapat menghemat sekitar Rp700,000 dalam 20 hari kerja sebulan. Ini sekitar Rp8,400,000 setahun! Motivasi yang cukup buat Anda untuk memulai mengemas makan siang sendiri, bukan?

6. Atur abonemen Anda

menghemat uang

Lihatlah abonemen Anda. Apakah Anda benar-benar pergi ke pusat kebugaran sesering itu? Apakah Anda benar-benar memerlukan data sebesar 3GB per bulan di ponsel Anda? Abonemen bekerja dengan menutupi biaya tahunan sebenarnya yang lebih mahal, jadi pastikan Anda hanya berlangganan hal-hal yang benar-benar Anda butuhkan.

7. Carilah kartu kredit yang paling sesuai dengan gaya hidup Anda

menghemat uang

Bagaimana penggunaan kartu kredit Anda? Jika Anda cenderung memaksimalkan kartu kredit Anda, carilah kartu kredit dengan angka suku bunga yang paling rendah, tanpa biaya tahunan. Meskipun demikian, jika Anda biasanya membayar penuh setiap bulan, dapatkan kartu dengan program reward terbaik. Gunakan alat perbandingan online untuk menemukan kartu yang terbaik bagi Anda. Hal terpenting untuk diingat adalah menggunakan kartu kredit Anda secara bijaksana dan membayar tagihan Anda tepat waktu untuk menghindari kewajiban membayar bunga.

8. Otomasikan pembayaran tagihan Anda

menghemat uang

Orang yang pelupa atau tidak rapi cenderung melewatkan tanggal-tanggal pembayaran tagihan dan tidak membayar tepat waktu. Pertimbangkanlah untuk mengotomasi pembayaran tagihan untuk menghindari biaya-biaya keterlambatan dengan cara mengatur agar rekening bank Anda membayar tagihan tersebut secara otomatis. Jangan menunggu hingga menit-menit terakhir dan mengambil risiko dikenai biaya keterlambatan, karena terkadang penalty dapat dikenakan pada pembayaran yang terlambat.

9. Pikirkan kembali mengenai cara Anda menghibur diri

menghemat uang

Daripada pergi ke luar rumah dan menghabiskan ratusan ribu rupiah untuk makanan dan minuman serta tiket nonton, bawalah pesta ke rumah. Ajak teman-teman Anda untuk datang menonton film atau sekadar untuk berbincang-bincang sambil minum-minum. Jika Anda benar-benar harus pergi ke luar, maka atur acara kumpul bersama di sebuah restoran, di mana kartu kredit Anda dapat memberi Anda potongan harga.

10. Bandingkan, bandingkan, dan bandingkan

menghemat uang

Jika Anda selalu membeli barang yang sama dari satu toko, hentikan. Untuk menghemat uang, selalu bandingkan harga barang-barang ini di beberapa toko dan dapatkan barang tersebut dengan harga yang paling murah. Beberapa barang dapat diberi potongan harga di satu toko tetapi tidak di toko yang lain. Buat daftar barang-barang yang paling sering Anda beli dan selalu cari harga terbaik. Membandingkan harga tidak hanya berlaku untuk belanja kebutuhan sehari-hari, tetapi juga pada produk keuangan. Anda dapat menggunakan alat perbandingan kami yang bermacam-macam untuk menemukan pinjaman rumah, kartu kredit, pinjaman pribadi dan bahkan asuransi mobil terbaik.

*Dipublikasikan awalnya di blogditter.com

Komentar