10 Kiat Sukses Sederhana Membuka Kedai Kopi

kiat suksesRasa bosan bekerja di perusahaan kerap menyelimuti Anda. Rencana untuk membuka bisnis pun kian mantap. Bisnis kedai kopi menjadi opsi utama Anda karena melihat maraknya usaha ini dan sudah banyak yang sukses. Sebelum memberanikan diri untuk membuka kedai kopi sendiri, pastikan 10 kiat sukses sederhana membuka kedai kopi ini ada dalam catatan penting Anda.

1.Mencintai Bisnis Anda

Ketika Anda beralih pekerjaan dari seorang karyawan menjadi pengusaha tentu tantangannya berbeda. Masalah yang dihadapi juga beragam. Kiat sukses membuka bisnis terletak pada rasa mencintai bisnis Anda dan menganggapnya seperti mengasuh anak sendiri semua beban serta masalah seketika sirna. Ketika Anda datang ke kedai kopi dengan menebar senyum dan salam pada setiap karyawan Anda niscaya akan menebar semangat positif bagi seluruh penghuni kedai.

2.Pilih Rekan Kerja dan Material yang Bermutu

Langkah berikutnya yang harus menjadi perhatian adalah memilih rekan kerja Anda yang memiliki satu visi dan misi. Alangkah lebih baik jika membuka bisnis ini dengan keluarga atau saudara dekat. Sehingga sudah mengenal karakter masing-masing. Di samping itu pemilihan material seperti bahan-bahan kopi juga harus yang bermutu. Kualitas bahan-bahan kopi menjadi perhatian khusus karena itu modal utama Anda. Carilah informasi sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan penyedia kopi yang berkualitas.

3.Pilih Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Salah satu tombak kesuksesan kedai kopi adalah kepiawaian barista dalam mengolah kopi. Sebagai penghasil minuman di kedai, barista dituntut untuk meracik kopi dengan cita rasa yang pas. Pilih dan seleksi barista yang memiliki pengetahuan soal kopi dan ahli meraciknya. Sehingga, saat tamu-tamu Anda minta direkomendasikan kopi terbaik di kedai Anda, sang barista dengan sigap bisa menyajikannya. Seorang barista juga harus bisa menjelaskan soal bahan-bahan membuat Frappuccino atau espresso bila tamu bertanya. Terus latih barista-barista dan pelayan Anda dalam hal pengetahuan dan kepribadian yang ramah. Ini jadi salah satu kiat sukses sederhana dalam membuka kedai kopi.

4.Sediakan Internet Gratis

Beberapa tamu-tamu yang datang ke kedai kopi adalah untuk urusan bisnis, tugas kuliah dan untuk mengetik berita. Tak jarang kedai kopi dipenuhi oleh pemandangan laptop atau notebook yang dibuka sepanjang hari. Untuk memudahkan tamu-tamu dalam mengerjakan urusannya, sediakan akses internet gratis di kedai kopi Anda. Tamu akan menjadi betah berlama-lama di kedai Anda. Toh, kalau sudah terlalu lama, tamu akan merasa tidak enak dan dengan sendirinya memesan minuman lagi.

5.Sediakan Makanan

Ada kedai kopi yang sudah mulai menjajakan makanan ringan seperti croissant, sandwich, donat dan lain-lain. Dan ada pula yang sudah menawarkan menu makan siang. Untuk memikat pencinta kopi di Indonesia lebih baik sediakan makanan di kedai kopi Anda. Biasanya sebagai penyeimbang sarapan, tamu-tamu mengonsumsi kopi dan makanan ringan. Beberapa tamu yang betah berlama-lama di kedai kopi untuk urusan bisnis dan tugas kuliah pun tak jarang menghabiskan waktu sarapan dan makan siang di kedai.

6.Ciptakan Suasana Nyaman

Membuat tamu berdatangan ke kedai kopi Anda tak hanya bermodalkan kopi lezat. Kombinasi antara rasa kopi yang pas di lidah dan suasana nyaman serta bersih menjadikan kedai kopi Anda ramai didatangi tamu-tamu. Kenyamanan menjadi faktor penting bagi para tamu. Sebagai penghias, Anda bisa mendekorasi ruangan dengan menggantung lukisan di dinding, menyediakan sofa empuk atau kursi santai di sekitar meja kopi dan gelas-gelas kopi di rak.

7.Menyediakan Hiburan

Tamu-tamu tak selamanya butuh kesunyian saat berada di kedai kopi. Ada tamu yang ingin santai sejenak dari pekerjaan dan tugas-tugas kuliah yang menumpuk. Di samping menghibur tamu dengan alunan musik yang mengalir melalui speaker ada baiknya dalam sebulan sekali mendatangkan band lokal untuk bermain akustik di kedai kopi Anda. Cara lainnya, Anda bisa mengundang stand up comedy untuk menebarkan tawa. Terlepas dari tamu-tamu ingin berlama-lama atau tidak, hiburan di kedai kopi mampu menciptakan suasana dan lingkungan yang menyenangkan.

8.Menebar Potongan Harga

Salah satu kiat sukses kedai kopi untuk menjaring para tamu adalah penawaran diskon. Anda bisa memberikan potongan harga dengan berbagai cara. Misalnya, bagi tamu yang membawa gelas atau botol minum sendiri mendapat potongan harga 10 persen atau bagi pelajar dan mahasiswa yang membawa kartu identitas pelajar bisa mendapat promo beli satu kopi gratis satu di hari Jumat. Anda bisa berkreasi dengan ide-ide menarik lainnya.

9.Penampilan Karya Seni

Anda bisa bekerja sama dengan seniman-seniman lokal untuk memamerkan hasil karya mereka berupa display di kedai kopi Anda. Sembari menunggu antrean para tamu bisa melihat-lihat karya seni yang dipajang. Bisa juga diletakkan tag harga kecil pada karya-karya seni tersebut dengan tujuan mengundang minat beli para tamu. Selain mendukung karya seni lokal, Anda bisa menciptakan hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar.

10.Menggelar Acara-Acara Menarik

Berbeda dengan hiburan, acara-acara ini bisa berupa mini pameran. Misalnya ada acara mencicipi kopi dari para barista Anda. Beberapa menu yang menjadi favorit tamu disajikan dan diulas secara mendalam. Para barista menjelaskan bahan-bahan yang diperlukan dan mempraktikkan cara untuk membuat kopi favorit tersebut. Mereka juga harus memahami bagaimana setiap campuran rasa menghasilkan kopi yang baik. Sisipkan juga sesi tanya jawab agar tamu yang butuh informasi soal kopi bisa terpuaskan. Mengadakan acara yang menarik sangat mendukung kiat sukses usaha kedai kopi Anda.

Untuk mengumpulkan modal usaha dalam membuat bisnis kedai kopi, Anda bisa baca 5 Cara Mudah Membiayai Usaha Anda.

Komentar