10 Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Tips memilih asuransi kesehatanDengan beragamnya penawaran dan produk-produk asuransi kesehatan yang ada, memilih satu asuransi kesehatan untuk memproteksi diri dan keluarga Anda bukanlah suatu hal yang mudah. Saat ini ada banyak perusahaan yang menawarkan asuransi kesehatan di seluruh dunia, juga di Indonesia. Utamanya, kesulitan terjadi ketika harus memilih mana polis asuransi kesehatan yang paling menguntungkan, baik dari segi premi yang harus dibayar maupun dari keuntungan yang akan diberikan. Selain itu, hal lain yang juga perlu mendapat perhatian adalah syarat-syarat yang harus diberikan ketika ingin melakukan klaim asuransi. Umumnya, pihak asuransi akan mempersulit Anda untuk menggunakan asuransi kesehatan ketika akan berobat. Selalu ada persyaratan “tersembunyi” yang seolah menghalangi Anda untuk mendapatkan hak dari hasil bayar premi asuransi. Jangan sampai ada “udang di balik batu” dalam isi polis asuransi kesehatan yang Anda miliki. Karena itu, berikut ini kami berikan 10 tips memilih asuransi kesehatan agar Anda tidak terjebak membeli asuransi kesehatan yang tidak menguntungkan.

1. Ketahui kebutuhan sesungguhnya

Tips memilih asuransi kesehatan yang pertama adalah mengetahui kebutuhan yang sesungguhnya. Untuk memilih satu asuransi kesehatan yang tepat, konsumen harus mengetahui kebutuhan sesungguhnya dari asuransi yang akan dibeli dan ekspektasi yang diinginkan. Konsumen harus memilih perusahaan asuransi kesehatan yang memiliki produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jaminan yang diberikan juga harus diteliti lebih detail, dan perhatikan apakah dapat berlaku dengan kondisi kesehatan Anda, keluarga, dan penghasilan Anda.

2. Tentukan proteksi yang diinginkan

Beberapa perusahaan menawarkan perlindungan timbal balik kepada para karyawannya. Analisis saat ini mengenai proteksi sebuah asuransi menunjukkan keuntungan dan batasan yang diberlakukan oleh sebuah perusahaan asuransi kesehatan. Jika memang dibutuhkan, konsumen dapat memilih proteksi yang diberikan oleh sebuah perusahaan asuransi karena lebih komplet. Namun, jika tidak terlalu membutuhkan perlindungan dari asuransi kesehatan, Anda cukup menggunakan asuransi yang diberikan oleh perusahaan.

3. Membandingkan penawaran

Memiliki perlindungan asuransi kesehatan sangatlah penting, karena itu Anda harus memilihnya dengan sangat hati-hati. Untuk mendapatkan asuransi kesehatan terbaik dari segi harga yang dibayarkan, Anda perlu membandingkan sebanyak-banyak penawaran asuransi kesehatan yang ada. Intinya adalah untuk memilih penawaran yang paling cocok dengan kebutuhan dan ekspektasi Anda. Selain itu, kita juga harus membandingkannya dengan formula yang sama. Buatlah daftar pertanyaan untuk membandingkan semuanya.

Bingung memilih antara asuransi kesehatan dan asuransi jiwa? Cari tahu perbedaan antara asuransi kesehatan dengan asuransi jiwa di sini

4. Meminta bantuan pihak ketiga

Untuk memudahkan proses pemilihan produk asuransi kesehatan, Anda juga dapat meminta bantuan seorang profesional untuk melakukan hal tersebut. Para profesional ini disebut dengan “broker” atau “broker asuransi”. Broker asuransi akan membantu memfasilitasi Anda dengan perusahaan asuransi dan memilihkan asuransi kesehatan mana yang sangat cocok dengan kebutuhan Anda.

5. Pilih perusahaan asuransi yang tidak merepotkan

Asuransi kesehatan dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk berobat, bahkan Anda bisa juga melakukan refund. Untuk beberapa perusahaan asuransi, mereka menggunakan kuesioner untuk mengurangi permintaan asuransi dari orang-orang yang berisiko sering terkena penyakit. Hindari perusahaan yang syarat-syaratnya terlalu repot dan memperkecil tingkat proteksi Anda.

6. Lakukan simulasi pembayaran

Tips memilih asuransi kesehatan yang berikutnya adalah melakukan simulasi pembayaran. Memahami proses reimburse yang didapat dari perusahaan asuransi kesehatan juga penting untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan, terutama hal-hal yang tidak memihak Anda untuk mendapatkan reimburse. Cara terbaik adalah dengan meminta perusahaan asuransi untuk melakukan simulasi penuh agar Anda memahami produk mereka secara lengkap.

7. Pahami apa saja yang bisa di-reimburse

Saat ini, perusahaan asuransi kesehatan mendukung resep obat untuk vaksin dan obat yang terkait dengan ketergantungan terhadap tembakau. Namun, Anda harus mengetahui hal apa saja yang dapat di-reimburse ke perusahaan asuransi agar Anda tidak terkejut apabila sudah telanjur mengeluarkan uang untuk sesuatu hal. Atau, cara lainnya adalah Anda melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke perusahaan asuransi sebelum, misalnya, berobat ke rumah sakit tertentu atau membeli obat di apotek.

8. Negosiasikan masa menunggu

Selama masa menunggu, beberapa layanan tidak dapat digunakan berdasarkan perjanjian. Karena itu, konsumen harus berusaha untuk memperpendek masa menunggu tersebut, bahkan kalau bisa menghilangkan masa menunggu tersebut.

9. Pertimbangkan tiga hal penting ini

Jaminan gigi, mata, dan pelayanan rumah sakit adalah tiga hal utama yang harus diperhatikan. Langsung tolak saja produk asuransi kesehatan yang tidak memberikan perlindungan pada tiga hal tersebut. Padahal, tiga hal tersebut adalah alasan utama para konsumen untuk membeli produk asuransi kesehatan. Apalagi, untuk perlindungan gigi dan mata merupakan dua hal yang kesehatannya harus dicek secara reguler.

10. Mengubah kontrak jika diperlukan

Tips memilih asuransi kesehatan yang terakhir adalah jangan ragu untuk mengubah kontrak jika memang diperlukan. Selama masa berlaku asuransi kesehatan yang dimiliki, jumlah anggota keluarga maupun kondisi fisik individu pasti akan berubah. Karena itu, sangat dianjurkan agar Anda membuat perjanjian dengan perusahaan asuransi untuk dapat mengubah isi polis asuransi kesehatan yang sebelumnya telah dimiliki. Sebuah perusahaan asuransi kesehatan yang baik akan membantu untuk memberikan saran perlindungan yang lebih baik terhadap Anda maupun anggota keluarga Anda.

Ketahui juga plus dan minus ketika mengambil asuransi jiwa

Komentar