11 Cara Mengurangi Premi Asuransi Mobil

premi asuransi mobil

Di tengah situasi ekonomi yang tidak menentu, alangkah baiknya jika Anda dapat menghemat uang dengan cara memangkas sebagian biaya premi asuransi mobil Anda.

Seiring dengan makin meningkatnya harga mobil di pasar otomotif Indonesia, makin meningkat pula biaya premi asuransi mobil tersebut. Di tengah situasi ekonomi yang tidak menentu, alangkah baiknya jika Anda dapat menghemat uang dengan cara memangkas sebagian biaya premi asuransi mobil Anda. Sebelumnya Anda mungkin berpikir bahwa premi asuransi mobil ditentukan oleh perusahaan asuransi. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena Anda dapat membantu mengurangi premi tersebut dengan cara-cara berikut ini.

 

Sebelum Memiliki Asuransi Mobil

  1. Pilih kendaraan dengan hati-hati.

Saat membeli mobil baru, Anda perlu mempertimbangkan jenis mobil, jenis dan kapasitas mesin, serta tahun pabrikan. Secara logis, semakin tinggi harga mobil yang Anda beli, semakin mahal pula ongkos perbaikannya, yang pada akhirnya dapat meningkatkan premi Anda.

2.  Asah kemampuan mengemudi Anda.

Meskipun Anda telah mampu mengemudikan mobil dari hasil otodidak, tidak ada salahnya mencari sertifikat dari kursus setir mobil. Jika memungkinkan, pilihlah kendaraan yang tidak biasa Anda pegang. Lebih baik lagi jika Anda dapat menguasai mesin manual dan mesin otomatis.

3.  Pertimbangkan lingkungan tempat tinggal Anda.

Ini berlaku bagi pasangan baru yang sedang mencari tempat tinggal. Lingkungan yang aman dengan dukungan infrastruktur dan lalu-lintas yang baik dapat menurunkan risiko Anda sebagai nasabah asuransi.

4.  Lengkapi mobil Anda dengan pengamanan khusus.

Sabuk pengaman otomatis, kantong udara, sistem alarm, GPS tracking merupakan kelengkapan yang umum. Pastikan mobil Anda memiliki semuanya dan jika memungkinkan dipasangi peralatan anti maling.

5.  Buat perbandingan beberapa premi asuransi.

Untuk nasabah baru, ada baiknya Anda membandingkan premi dari beberapa perusahaan asuransi terkemuka untuk mencari kesepakatan terbaik. Anda dapat menggunakan tabel perbandingan di sini.

6.  Mintalah potongan harga.

Potongan harga ini dapat diperoleh dari asuransi untuk anak Anda atau anggota keluarga lain yang ikut mengemudikan mobil Anda. Semakin rendah porsi mereka mengemudi, kemungkinan Anda mendapat potongan harga semakin besar. Umumnya, Anda juga memenuhi syarat untuk menerima diskon jika Anda mengasuransikan lebih dari satu mobil sekaligus.

7.  Tingkatkan Own Risk (OR) atau Risiko Sendiri.

Dengan meningkatkan risiko sendiri, Anda membebankan risiko pada diri sendiri sehingga risiko yang ditanggung pihak asuransi jika terjadi kecelakaan, kerusakan atau kehilangan semakin kecil. Turunnya risiko ini dapat membantu mengurangi angka premi Anda.

Setelah Memiliki Asuransi Mobil

8.  Pertahankan catatan yang bersih.

Catatan ini akan dipengaruhi oleh kehati-hatian Anda dalam mengemudi. Tentu saja, semakin bersih catatan keselamatan Anda, semakin rendah risiko Anda sebagai nasabah.

9.  Kurangi perlindungan atau jaminan premi yang tidak perlu.

Tidak ada orang yang tahu kapan musibah akan menimpa, maka tidak ada salahnya mempertimbangkan lagi jaminan atau perpanjangan yang benar-benar Anda butuhkan. Pengurangan ini dapat memberi Anda potongan premi yang cukup signifikan.

10. Gunakan transportasi publik.

Jika masih memungkinkan bagi Anda untuk tidak membawa kendaraan saat bepergian, manfaatkan transportasi publik atau menumpang mobil lain. Hal ini akan mempengaruhi jarak tempuh mobil Anda. Semakin banyak jarak tempuhnya, tentu saja risikonya semakin besar.

11. Tingkatkan skor kredit Anda.

Anda mungkin bertanya-tanya hubungan skor kredit dengan premi asuransi Anda. Beberapa perusahaan asuransi mempertimbangkan skor kredit ini sebagai salah satu tolok ukur risiko nasabah. Secara umum, jika skor kredit Anda buruk, besar kemungkinan reputasi Anda sebagai pengemudi memburuk.

Proyeksi premi asuransi mobil di masa depan dianggap tidak akan mengalami penurunan. Semoga dengan tips di atas Anda dapat lebih bijak mengatur premi asuransi dan pada akhirnya dapat mengambil manfaat secara finansial dari pengaturan premi tersebut.

Periksa tabel perbandingan asuransi mobil termurah untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai asuransi mobil termurah dan terpercaya

Komentar