13 Nasihat Keuangan Dari Para Ahlinya

Nasihat bisa datang dari mana saja. Namun, untuk nasihat keuangan, tentu Anda harus mendengarkannya langsung dari orang yang ahli keuangan maupun orang yang sukses secara finansial. Siapa tahu dengan mengikuti nasihat yang mereka berikan, Anda pun bisa sesukses mereka. Berikut ini adalah 13 nasihat keuangan berharga yang diberikan oleh lima orang yang berhasil secara finansial.

Li Ka-shing (Kekayaan US$ 31 miliar)

Nasihat Li Ka-shing

Miliuner dan salah satu orang terkaya di Asia ini pada masa kecilnya tidak lulus sekolah. Namun, sekarang kekayaang Li Ka-shing tersebar di 52 negara dan mempekerjakan lebih dari 270.000 orang. Berikut ini adalah lima nasihat keuangan darinya:

#1 Hidup bersahaja

Ketika Anda mulai hidup dengan sukses, tetaplah hidup hemat dan tidak perlu makan-makanan mewah. Li berkata, “Ketika masih muda, tubuh Anda tidak akan memiliki banyak masalah untuk beberapa tahun ke depan”. Li mencontohkan, seseorang sebaiknya hanya mengeluarkan uang RMB 600 (Rp 1,1 juta) untuk biaya hidup per bulan.

#2 Perluas jaringan

Perbanyaklah teman dan perluas teman-teman dekat dengan mentraktir makan orang-orang yang lebih pintar dan lebih kaya daripada Anda, atau orang yang membantu karir Anda. Hal tersebut harus Anda lakukan tiap bulan agar Anda semakin diingat oleh mereka. Sebagai contoh, Anda dapat menyisihkan RMB 400 (Rp 760.000) untuk memperluas jaringan atau pertemanan.

#3 Jangan berhenti belajar

Sisihkan uang untuk kebutuhan personal. Setidaknya tiap bulan sisihkan uang (RMB 300/Rp 570.000) untuk menambah pengetahuan Anda, misalnya dengan membeli buku atau mengikuti pelatihan.

#4 Berlibur

Beri diri Anda penghargaan dengan liburan, minimal satu kali dalam setahun. Hal itu akan memberikan pengalaman berbeda juga untuk memotivasi Anda agar tetap semangat bekerja. Sisihkan RMB 200 (Rp 380.000) tiap bulan untuk digunakan berlibur pada akhir tahun.

#5 Investasi untuk masa depan

Sisihkan sejumlah uang tiap bulannya hingga terkumpul uang untuk memulai bisnis kecil. Investasi berarti juga mengamankan uang yang Anda miliki untuk masa depan. Untuk awalnya, sisihkan RMB 500 (Rp 950.000) per bulan untuk investasi.

Periksa juga alasan Investasi properti di Indonesia semakin meningkat.

Robert Kuok (Kekayaan US$ 11,5 miliar)

Nasihat Robert Kuok

Orang terkaya di Malaysia, dan juga dikenal dengan Sugar King Asia, Robert Kuok hidup dengan mengikuti nasihat-nasihat dari ibunya, yakni jangan serakah, jangan mengambil keuntungan dari orang lain, dan harus bermoral ketika menghasilkan uang.

#1 Menangkap kesempatan (walaupun orang-orang meragukannya)

Kuok merupakan orang yang senang memaksimalkan kesempatan ketika ada peluang. Orang-orang pernah meragukannya ketika ia mulai berbisnis gula, sebab bisnis gula adalah bisnis yang membosankan. Namun, yang ia lihat pada saat itu hanyalah kesempatan, dan ia pun memaksimalkannya.

#2 Menghargai kualifikasi yang berharga

Dalam merekrut karyawan, Robert Kuok selalu menghargai kualifikasi kejujuran, kerja keras, dan kecerdasan. Ia menempatkan ketiga kualifikasi tersebut di atas jabatan maupun kualifikasi di dalam kertas.

Jack Ma (Kekayaan US$ 10 miliar)

Nasihat keuangan

Jack Ma, pendiri dan mantan CEO Alibaba Group, adalah seorang miliuner mandiri yang percaya bahwa perilaku dan kemampuan mengambil keputusan dari seseorang adalah lebih penting daripada keahlian yang dimiliki.

#1 Pelanggan adalah nomor satu

Jack Ma menyatakan bahwa pelanggan harus selalu nomor satu, karyawan adalah nomor dua, dan pemegang saham adalah nomor ketiga.

#2 Cepat beradaptasi

Pengusaha harus cepat beradaptasi dan berubah sebelum tren baru hadir, dan kemampuan untuk melihat kesempatan yang tidak dapat dilihat oleh orang lain merupakan kesempatan yang sesungguhnya.

#3 Belajar dari kesalahan

Jack Ma pernah berkata kepada 18 orang temannya dalam sebuah perjalanan di tahun 2001 bahwa pria yang belajar dari kesalahannya dapat meniti karir hingga level manajerial, sedangkan untuk posisi wakil presiden dan posisi senior lainnya hanya didapat dengan cara direkrut oleh perusahaan lain. Setahun kemudian, orang-orang yang pernah ia rekrut pindah ke tempat lain untuk menjadi wakil presiden maupun direktur.

Richard Branson (Kekayaan US$ 5 miliar)

Nasihat Richard Branson

Richard Branson menjadi pendiri Virgin (perusahaan rekaman) pada usia 20 tahun. Ia juga pernah menjadi pramugara. Richard Branson membuktikan bahwa ia dapat melakukan apa pun walaupun tidak memiliki gelar sarjana bisnis.

#1 Bangga terhadap yang Anda lakukan

Branson menyatakan bahwa kesuksesan yang ia raih karena ia selalu mengikuti aturan sederhana, yakni menghasilkan sesuatu yang dapat membuat Anda bangga. Baginya, membuat sebuah bisnis adalah membuat sesuatu yang dapat membuat bangga, membawa orang-orang berbakat untuk kerja sama, dan menghasilkan sesuatu yang dapat memberikan perbedaan untuk hidup seseorang.

#2 Tidak ada yang sempurna

Branson juga menyatakan bahwa kesempurnaan itu sulit dicapai. Ia percaya bahwa orang yang paling pintar sekali pun pasti masih memiliki ruang untuk berkembang. Ia juga mengatakan bahwa setiap orang yang sudah merasa sempurna akan berujung pada kemalasan.

Donald Trump (Kekayaan US$ 3,9 miliar)

Nasihat keuangan Donald TrumpDonald Trump merupakan konglomerat real-estate dan televisi. Daftar ini tidak akan lengkap tanpa nasihat keuangan darinya.

#1 Tekun untuk meraih kesuksesan

Dari semua nasihat yang Donald Trump dapat berikan, satu yang terpenting dan sangat mendefinisikan ia adalah ketekunan. Trump membuktikan bahwa semangat pantang menyerah akan dapat melewati segala rintangan. Ia pun mencapai kesuksesan seperti sekarang ini setelah melewati beberapa kali masa bangkrut, baik dari segi bisnis maupun personal. Ia pernah di ujung kebangkrutan secara pribadi pada tahun 1989.

Komentar