3 Fintech Siap Luncurkan Layanan Pinjaman Pendidikan Di Indonesia

3 Fintech Siap Luncurkan Layanan Pinjaman Pendidikan Di Indonesia

Pertumbuhan sektor teknologi finansial atau fintech sangatlah pesat dan mempengaruhi berbagai aspek di kehidupan masyarakat.

Awalnya fintech sendiri lebih dikenal masyarakat sebagai platform yang membantu menyalurkan dana pinjaman usaha kecil menengah, kali ini perusahaan fintech juga berusaha merambah dunia pendidikan.

Penyaluran dana pinjaman untuk pendidikan ini didorong oleh tiga perusahaan fintech, yaitu Koinworks, DanaCita, dan DanaDidik.

Ketiganya sepakat bahwa pemerintah harus mendorong kemunculan institusi keuangan untuk menyediakan produk pinjaman pendidikan. Selain itu, mereka juga berharap bahwa pemerintah bisa menerbitkan regulasi pendukung, terutama mengenai pajak bagi investor atau pemberi pinjaman, sehingga mereka mau menyediakan dana pinjaman untuk pendidikan.

Selain pihak lembaga keuangan, metode crowdfunding juga bisa menjadi alternative penyediaan dana untuk pinjaman pendidikan. Hal ini karena Koinworks, DanaCita, dan DanaDidik percaya bahwa sebenarnya masyarakat Indonesia bersedia untuk menginvestasikan dananya dalam bantuk bantuan pinjaman dana pendidikan.

Sebagai informasi untuk Anda, pihak Dana Citamenyediakan pinjaman pendidikan untuk biaya kuliah tinkat tinggi seperti Diploma (D3), Sarjana (S1), dan Magister (S2), dengan jangka waktu pinjaman hingga enam tahun, serta mereka menerapkan cicilan bulanan yang ringan.

Sedangkan Koinworks telah menyediakan layanan dana pinjaman yang diutamakan untuk pendidikan non-formal seperti kursus singkat. Dalam waktu singkat, perusahaan fintech ini juga akan merambah pinjaman untuk pendidikan formal tingkat universitas. Menggunakan produk KoinPintar, Koinworks memberikan pinjaman dengan besaran antara Rp 5 juta sampai Rp 200 juta.

Kemudian DanaDidik.com menyediakan dana pinjaman pendidikan jangka panjang hingga empat tahun untuk kategori bidang pendidikan yaitu, teknologi, kesehatan, dan pendidikan umum.

 

[Source]

Komentar