4 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang 0% Easy Payment Plan

0% easy payment planKartu kredit merupakan sarana pembayaran yang dapat membuat Anda semakin konsumtif untuk berbelanja, salah satunya adalah dengan maraknya penawaran program belanja dengan bunga 0%. Sebelum mengaktifkan 0% Easy Payment Plan atau program cicilan ringan 0%, buatlah catatan untuk menanyakan pada merchant apakah ada biaya-biaya tambahan yang akan dikenakan.

Di Indonesia, banyak kartu kredit yang disertai program 0% Easy Payment Plan. Yang dimaksud dengan program cicilan ringan 0% kartu kredit adalah skema pembayaran kembali yang memungkinkan Anda untuk membayar kembali pembelian kartu kredit yang dilakukan di merchant tertentu melalui cicilan dan tidak dikenai bunga sama sekali.

Dalam artikel ini, kami mengungkap beberapa hal yang mungkin perlu Anda ketahui jika Anda berencana menggunakan program cicilan ringan 0% untuk melakukan pembelian.

1) Pastikan Benar-benar “Nol Persen”

Dalam dunia yang ideal, program cicilan ringan bunga 0% berarti Anda tidak membayar biaya tambahan apa pun pada pembelian Anda. Meskipun demikian, pada praktiknya, tidak jarang (meskipun tidak selalu benar) bagi konsumen di Indonesia untuk dikenai biaya administrasi/instalasi di muka oleh merchant yang menawarkan program 0% Easy Payment Plan tersebut.

Jadi, sebelum mengaktifkan program cicilan bunga 0% tersebut, buatlah catatan untuk menanyakan pada merchant apakah ada biaya-biaya tambahan seperti di atas. Untuk barang bernilai besar seperti katakanlah Rp 30 juta, biaya administrasi 3% artinya Anda harus membayar ekstra sebesar Rp 900.000 langsung di awal! Hal ini pada akhirnya mematahkan tujuan bergabung dalam program cicilan di mana Anda seharusnya membayar “bunga 0%”.

2) Pastikan Bahwa Bunga Nol Persen Dapat Diterapkan Pada Pembelian Anda

Terlepas dari pikiran banyak orang, program 0% Easy Payment Plan umumnya tidak menutup seluruh tagihan. Sering kali bank memiliki daftar merchant yang berpartisipasi menawarkan program cicilan ringan 0% untuk kartu kredit yang mereka terbitkan; dan sebaliknya tiap merchant juga memiliki syarat dan ketentuan yang mengikat penggunaan program cicilan ringan bunga 0% di outlet-outlet mereka.

Contoh: Untuk periode 28 Mei-24 Juni 2014, program 0% Installment CIMB Niaga memungkinkan konsumen untuk mengambil program cicilan ringan bunga 0% di ACE Hardware, tetapi HANYA dengan minimal transaksi sebesar Rp 3.000.000 (untuk cicilan enam bulan) atau Rp 8.000.000 (untuk cicilan dua belas bulan).

Secara sederhana, Anda tidak akan dapat semerta-merta melangkah ke dalam outlet favorit Anda dan berharap dapat mengikuti program cicilan ringan bunga 0%, tanpa pertama-tama memastikan bahwa outlet (i) mendukung program tersebut dengan kartu kredit Anda, dan (ii) mendukung program tersebut untuk jumlah spesifik pembelian Anda.

3) Buat Catatan Aturan Pembayaran Terlambat dan Kebijakan Lain yang Dikenakan oleh Kartu Kredit Anda

Saat Anda mengajukan aplikasi program cicilan ringan bunga 0%, ingatlah bahwa Anda diharapkan untuk membayar cicilan tepat waktu dengan ketat, bahkan mungkin lebih dari transaksi kartu kredit standar.

Bagi sebagian besar bank, kegagalan membayar cicilan program 0% Easy Payment Plan akan berakibat pada:

– Pembatalan otomatis dari keuntungan bunga 0% Anda (di mana Anda akan diharuskan untuk membayar bunga standar kartu kredit dengan rata-rata 12,5%-17% per tahun), atau

Penghentian program cicilan (di mana Anda akan diharapkan untuk menyelesaikan utang Anda sepenuhnya).

Dengan demikian, akibatnya terhadap keadaan finansial Anda akan drastis dan tidak menyenangkan.

Selain itu, perhatikan bahwa sebagian besar bank mengenakan biaya untuk cicilan dini utang program cicilan ringan bunga 0%, sedangkan bank lain tidak demikian. Jika cicilan dini bukan pilihan yang ingin Anda ambil, merupakan kepentingan Anda untuk mengecek hal ini dengan bank Anda.

4) Pahami Pengaruh Program Cicilan Ringan Bunga 0% Terhadap Perilaku Belanja Anda

Selalu ada dua sisi cerita jika kita bicara tentang instrumen finansial. Dengan program 0% Easy Payment Plan, kenyamanannya yang memungkinkan Anda untuk melakukan pembelian penting (seperti komputer yang benar-benar Anda butuhkan untuk bekerja) juga dapat memikat Anda untuk berbelanja di luar pendapatan (seperti membeli komputer yang sama tetapi dengan spesifikasi dua kali lebih canggih dari yang Anda butuhkan).

Jebakan umum jika berhubungan dengan program cicilan ringan bunga 0% adalah bahwa orang cenderung melihat jumlah cicilan yang kecil dibandingkan dengan jumlah total pembelian. Meskipun TV besar yang tidak perlu dibeli seharga Rp 30 juta terdengar terlalu mahal dalam satuan lump sum, Anda mungkin akan tertarik membeli jika Anda memilih untuk mengevaluasi pembelian tersebut berdasarkan cicilan Rp 2,5 juta per bulan selama 20 bulan. Saat melakukan pembelian menggunakan program 0% Easy Payment Plan, pastikan Anda selalu melihat gambaran (jumlah) besarnya dalam pikiran Anda!

Anda menyukai artikel ini? Anda mungkin tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengajukan aplikasi kartu kredit cash back. 

Komentar