4 Sektor Ini Sudah Ditempati Robot, dan Akan Bertambah Di Masa Depan

4 Sektor Ini Sudah Ditempati Robot, dan Akan Bertambah Di Masa Depan

Kemajuan teknologi memang tidak bisa dibendung. Ada saja penemuan baru yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari. Salah satu kemajuan teknologi yang terus mengalami kemajuan adalah robot.

Banyak jenis pekerjaan di berbagai sektor menggunakan bantuan robot dalam prosesnya. Selain lebih cepat, penggunaan robot juga dimaksudkan untuk meminimalisir kesalahan sehingga produk akhir bisa dibuat sesuai standar. Bahkan diprediksi pada tahun 2030, ada 20 juta pekerjaan yang diambil alih robot.

Langsung saja, simak pekerjaan-pekerjaan yang sudah diambil alih oleh robot

Pekerja pabrik

Sudah bukan hal asing lagi bahwa penggunaan robot dalam dunia manufaktur memang wajar terjadi. Di mana semua sector industri pasti mengalami modernisasi, dan ini termasuk menggunakan perangkat canggih yang membuat proses produksi lebih efisien, seperti robot.

Kondisi ini bukan lantas membuat fungsi manusia menjadi terancam. Hal ini karena robot atau mesin bertujuan untuk memudahkan pekerjaan. Manusia juga dibutuhkan untuk fungsi pengawasan dan perawatan robot-robot ini.

Bahkan robot bisa menjadi penyebab terbukanya lapangan kerja bagi banyak orang. Sebab jika sebuah pabrik bisa memproduksi lebih baik, secara kualitas dan jumlah, maka mereka akan membutuhkan orang untuk memenuhi permintaan pasar.

Pada 2012, solusi robot ini membuka sekitar 1,5 juta lapangan kerja pada berbagai industri manufaktur.

Kasir

Membayar belanjaan di supermarket sekarang sudah bisa dilakukan layaknya setor tunai di mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Jadi pembeli bisa langsung membayar di mesin ini, sekaligus menerima kembaliannya. Sistem ini memang belum umum di Indonesia. Tapi melihat perkembangan automatic check out di beberapa negara lain, salah satunya Malaysia, Indonesia harus bersiap-siap.

Tatap muka dengan petugas di counter kasir hanya sebatas scan barcode, atau hanya memasukkan belanjaan ke dalam kantong.

Bagi orang Indonesia yang memiliki karakter lebih nyaman dengan interaksi manusia, mau tidak mau harus mulai untuk bersahabat dengan robot beberapa tahun mendatang.

Petugas di loket karcis dan check in bandara

Saat Anda ke bioskop atau bandara, bertatap muka dengan petugas loket tidak diperlukan lagi. Anda cukup menghampiri sebuah kotak besar yang siap mencetak tiket dan karcis. Komunikasi dilakukan lewat tulisan pada monitor. Mulai dari memberikan instruksi, informasi, pilihan yang bisa Anda pilih sesuai keinginan, hingga memberikan salam.

Cara ini digunakan untuk memperpendek antrian. Sehingga para pelanggan atau konsumen tidak perlu menunggu terlalu lama.

Memang tidak semua orang akan langsung paha dengan cara ini. Oleh karenanya tampilan pada mesin ini dibuat sesederhana mungkin agar siapa saja bisa dengan cepat memahami cara penggunaannya.

Counter-counter seperti ini sudah mulai bermunculan untuk berbagai layanan publik lainnya. Contohnya, mesin-mesin antrian di berbagai tempat layanan publik, serta mesin untuk membeli tiket kereta api.

Mungkin nantinya, kita akan merindukan suara ramah Mbak dan Mas petugas di balik meja loket.

Robot untuk pertanian

Tidak hanya di area kota, penggunaan robot juga sudah bisa dilihat di area pedesaan. Penggunaan robot-robot ini juga ditujukan untuk membantu para petani di area pertanian.

Hal ini memang belum umum dilakukan di pertanian Indonesia, namun sebenarnya robot atau mesin pertanian sudah tercipta. Contohnya robot yang membantu petani untuk melakukan panen sayuran. Bahkan Jepang sudah menggunakan mesin yang membantu mereka untuk menanam padi.

Penggunaan bantuan robotik ini selain bisa mempercepat proses, juga bertujuan untuk meminimalisir kecelakaan kerja. Sehingga keselamatan para petani jadi lebih terjamin.

Selain itu, makin minimnya angkatan muda yang berminat mengembangkan pertanian, menyebabkan pekerja di sektor ini tidaklah banyak. Jadi adanya robot-robot pertanian akan mempermudah pekerjaan para petani walaupun tenaga kerja yang ada sedikit.

Penggunaan robot memang mempercepat majunya industri. Di sisi lain, pasti ada yang khawatir mengenai berkurangnya lapangan pekerjaan bagi manusia.

Namun, bagaimanapun kebutuhan akan robot tidak dapat dihindari. Hal ini karena pada dasarnya manusia menginginkan efisiensi dalam proses pekerjaan mereka.

Simak artikel kami lainnya mengenai karir dan peluang kerja yang tidak membutuhkan ijazah dari universitas atau perguruan tinggi.

Komentar