5 Cara Bertahan dari Kredit Motor

5 Cara Bertahan dari Kredit Motor

Summary

Jangan terlalu memusingkan proses kredit motor yang sedang Anda jalani, karena banyak cara yang bisa ditempuh untuk memutar uang selagi Anda kredit motor

Kebutuhan akan transportasi yang semakin besar menjadikan Anda mau tidak mau memilikinya, baik itu dengan cara tunai, atau yang sering digunakan yaitu dengan cara kredit. Mungkin bagi sebagian orang untuk membeli mobil masih menjadi impian belaka, karena harga mobil yang semakin tinggi terkait dengan dolar yang melambung naik, semua mobil impor pasti akan terkena dampak tersebut, termasuk juga dengan onderdil yang masih diimpor memengaruhi harga jual mobil itu sendiri. Maka dari itu, masayarakat luas lebh memilih untuk memiliki sepeda motor selain harganya yang cukup lebih murah dari harga sebuah mobil, serta perawatan, dan keadaan di jalan raya terutama di kota-kota besar yang tidak terlalu mendukung untuk memilki mobil karena kemacetan yang hampir terjadi setiap harinya.

Tidak begitu dengan sepeda motor yang memang salah satu pabrikannya sudah ada di Indonesia untuk proses produksi, sehingga harganya pun juga bisa ditekan sedemikan rupa. Harga yang ditawarkan untuk satu sepeda motor memang jauh daripada harga yang ditawarkan untuk satu buah mobil. Bisa dibeli dengan cara kredit pula, bahkan ada yang uang mukanya 0%. Sehingga masyarakat semakin berbondong-bondong untuk membeli sepeda motor, apalagi jika ada pameran-pameran, sudah pasti banyak diskon.

Tetapi, tunggu dulu, Apakah Anda sudah pasti bisa membiayai seluruh rangkaian kredit dari awal hingga benar-benar lunas? Pikirkan apa yang mungkin Anda lakukan selama proses berlangsung, jangan sampai membeli atau bahkan mengganti motor baru hanya untuk ajang pamer semata tetapi Anda terbelit cicilan yang tidak terbayarkan. Khususnya bagi Anda yang hobi terhadap motor, Anda bisa menyimak beberapa tips yang bisa membantu Anda melunasi kredit sampai akhir, hal apa saja yang bisa Anda lakukan selama kredit berjalan.

1. Sarana transportasi

kredit

Bagi yang sudah merasakan kedahsyatan dari aplikasi trasnportasi Go-Jek, Anda bisa menggunakan sepeda motor Anda untuk bergabung bersama Go-Jek atau pun secara personal memberi jasa transportasi. Anda bisa mempromosikan ke teman-teman terdekat Anda, biasanya dari mulut ke mulut lebih cepat tersebar , metode ini dikenal dengan power of mouth, terlebih dengan keadaan yang di mana-mana membutuhkan ketepatan waktu dan kepraktisan. Sehingga dari usaha jasa Anda ini, mudah-mudahan dapat menutup cicilan per bulan Anda bahkan melebihi dar ekspektasi Anda.

2. Penyewaan sepeda motor

kredit

Berikut yang pernah saya lakukan kepada teman saya. Saya meminjamkan motor saya yang digunakan untuk mengangkut barang. Walaupun yang diterima tidak seberapa tetapi jika dilakukan secara berulang-ulang tidak menutup kemungkinan untuk bisa mendapatkan keuntungan yang berlebih. Yang pasti, Anda percaya dengan penyewa motor Anda, dan mau bertanggung jawab selama motor Anda dipakai, tidak jadi masalah. Untuk awal, mungkin hanya satu saja yang bisa Anda sewakan, tetapi lihat saja perkembangannya ke depan, Anda akan tercengang. Walaupun semua risiko terburuk ada di tangan Anda. Tetap waspada.

3. Tempat berjualan

kredit

Sepeda motor saat ini bisa juga menjadi tempat berjualan, tidak hanya mobil saja yang bisa digunakan untuk berjualan. Motor pun bisa dijadikan ajang jualan, terutama untuk jualan makanan, walaupun skalanya kecil, tidak akan mengecewakan jika nantinya akan bertambah seiring waktu, karena semua usaha akan menemukan banyak rintangan dan pastinya akan ada juga di mana, Anda menikmati semua jerih payah Anda yang selalu Anda usahakan semaksimal mungkin.

4. Makelar motor

kredit

Mungkin tidak terlalu berhubungan dengan sepeda motor saat pelaksanaannya, hanya sepeda motor mungkin dijadikan alat transportasi untuk menunjang aktivitas tersebut. Menjadi makelar motor dengan keinginan masyarakat yang begitu tinggi, bisa menjadikan bisnis ini menguntungkan dengan omzet berlimpah. Anda bisa membeli motor dari pelelangan yang tidak jarang dilakukan oleh pihak lelang, bisa sebulan dua kali. Tetapi, Anda jangan asal membeli motor untuk kemudian dijual kembali, periksa semua bagian motor sampai dengan kelengkapan surat-suratnya, apakah masih layak untuk digunakan atau memang tidak bisa dipakai kembali.

5. Usaha bengkel, steam motor dan yang berkaitan lainnya

kredit

Sebagai usaha Anda untuk menutup cicilan Anda tiap bulannya, Anda juga bisa membuka usaha yang berhubungan dengan sepeda motor, seperti tempat cuci motor, bengkel kecil yang mungkin bisa memperbaiki hal-hal kecil terlebih dahulu seperti, memeperbaiki rantai yang putus, mengganti kampas rem, menambal ban. Anda juga bisa membuka kios kecil untuk menjual bahan bakar, terutama bagi Anda yang tinggal jauh dari stasiun pengisian bahan bakar. Tetapi untuk hal terakhir tersebut, membutuhkan izin yang pasti sehingga Anda tidak akan terkendala halangan apa pun ke depannya.

Hindari hal in!
 Jangan sampai Anda menunggak cicilan kredit, karena bisa saja Anda akan diincar dan motor Anda disita dengan cara yang tidak baik.

Nah itulah, tips-tips yang bisa Anda gunakan selama proses kredit tengah berlangsung, sehingga kocek Anda pun terisi penuh dan selain cicilan kredit per bulannya yang sudah pasti terpenuhi, akan ada tabungan lain yang bisa Anda tambahkan. Anda tidak akan pernah pusing dengan cicilan per bulan tersebut.

Pahami juga, kesalahan yang harus dihindari saat mengambil kredit motor.

Komentar