5 Cara Menjaga Nilai Mobil Tetap Tinggi

5 cara menjaga nilai mobil tetap tinggiMenjaga kondisi mobil tetap dalam keadaan prima tidak hanya berguna bagi Anda karena mobil lebih nyaman dikendarai. Namun, di sisi lain, mobil dengan kondisi fisik dan mesin yang masih bagus juga akan menjaga nilai mobil tersebut tetap tinggi. Anda tidak tahu takdir mobil Anda tersebut, apakah akan terus Anda kendarai atau suatu saat perlu Anda jual karena alasan tertentu. Karena itu, agar harga mobil Anda tidak begitu jatuh ketika akan dijual lagi, Anda harus menjaga nilai mobil tetap tinggi dengan melakukan lima tips berikut ini.

1. Kondisi Interior dan Eksterior

Faktor utama untuk menjaga nilai mobil tetap tinggi adalah kondisi interior dan eksteriornya. Karena itu, pastikan Anda selalu membersihkan dan mencuci eksterior dan interior mobil secara rutin. Dengan begitu kondisinya pun selalu bagus. Jangan lupa gunakan wax khusus untuk bodi mobil agar catnya tetap bagus.

Untuk interior mobil, Anda dapat menggunakan pembungkus jok agar kondisi jok tetap bagus. Jika memang memungkinkan, ganti jok biasa Anda dengan jok kulit karena jok kulit lebih tahan lama dan mudah dibersihkan. Hindari untuk merokok di dalam mobil, terutama dengan jendela yang ditutup, sebab bau asap rokok susah dibersihkan dan bisa saja Anda tak sengaja merusak jok mobil akibat tersundut rokok.

2. Parkir

Untuk menjaga kondisi mobil tetap bagus, Anda juga harus memerhatikan tempat memarkirkan mobil. Parkirkan kendaraan Anda jauh dari kendaraan lain jika memungkinkan. Beberapa kendaraan memiliki pintu yang cukup panjang sehingga bisa saja merusak cat mobil Anda ketika mereka membuka pintunya. Selain itu, parkirkan kendaraan Anda di tempat yang teduh agar cat mobil tidak rusak akibat terpapar sinar matahari.

3. Rutin Diservis

Seiring umur mobil yang bertambah tua, kerusakan mesin mobil akan semakin sering terjadi. Artinya, kerusakan kecil saat ini akan semakin bertambah parah di masa yang akan datang. Karena Anda tidak tahu jika di masa depan ternyata harus menjual mobil Anda, Anda harus melakukan perawatan rutin sesegera mungkin terhadap mobil Anda untuk mencegah kerusakan kecil bertambah parah. Selain untuk menjaga harga mobil tetap tinggi, melakukan perawatan rutin juga akan membuat mobil Anda lebih bagus kinerjanya. Salah satu jenis perawatan yang harus dilakukan rutin adalah mengganti oli.

4. Riwayat Perawatan

Untuk menjaga nilai mobil tetap tinggi, Anda tentu harus melakukan perawatan secara rutin. Sebagai buktinya, Anda harus menyimpan riwayat perawatan mobil tersebut agar calon pembeli percaya bahwa mobil Anda sering diservis. Simpan bukti pembayaran dari bengkel, tempat mencuci mobil, bukti penggantian oli, penggantian ban, dan bukti perawatan lainnya.

5. Mengemudi dengan Hati-Hati

Beberapa orang mengemudikan mobil dengan serampangan, seperti berakselerasi secara tiba-tiba, berhenti tiba-tiba, berbelok dengan kasar, dan memarkirkan mobil dengan sembarangan. Jika Anda mengemudi seperti itu, sama saja artinya dengan meningkatkan risiko kerusakan pada mobil, baik itu kerusakan eksterior maupun kerusakan mesin.

Untuk menjaga nilai mobil tetap tinggi, Anda harus mengemudi dengan hati-hati sehingga keadaan mesin dan komponen lain, seperti rem dan ban, tetap bagus. Keuntungan lain dari mengemudi dengan hati-hati adalah lebih hemat bahan bakar. Selain itu, jumlah kilometer kendaraan Anda juga menjadi lebih minim. Untuk menjaga nilai mobil tetap tinggi, jagalah agar jumlah kilometer mobil Anda tetap rendah. Pembeli mobil bekas lebih senang dengan mobil yang jumlah kilometernya masih rendah.

Anda juga dapat melakukan modifikasi untuk meningkatkan harga mobil

Komentar