5 Destinasi Untuk Merayakan Tahun Baru

Momen pergantian tahun adalah saat yang paling dinanti-nanti oleh semua orang. Berbagai acara dilaksanakan di berbagai tempat di seluruh dunia, mulai dari acara musik, tari-tarian, hingga puncaknya adalah peluncuran kembang api tepat pada jam 12 malam. Setiap daerah memiliki keistimewaan masing-masing dalam menyambut tahun baru, dan setiap orang pun memiliki preferensinya masing-masing. Karena itu, berikut ini kami berikan lima pilihan destinasi untuk merayakan tahun baru di Indonesia dan luar negeri yang populer.

Bali

Tahun baru di BaliTak perlu diragukan lagi bahwa Bali adalah tujuan berlibur utama di Indonesia, baik pada saat low season atau pada high season. Bali juga menjadi favorit destinasi untuk merayakan tahun baru. Pada saat high season, tiket pesawat menuju Bali bisa mencapai Rp 4 juta pulang-pergi. Untuk penginapannya, Anda dapat memilih di losmen atau resor, dengan harga antara Rp 400.000 hingga Rp 5 juta per malam.

Hiburan utama di Bali ketika pergantian tahun baru terjadi di banyak tempat, antara lain di diskotek-diskotek yang terpusat di daerah Legian-Kuta-Seminyak, atau pesta pantai di daerah Seminyak dan Kuta, atau untuk perayaan yang lebih mewah terjadi di hotel bintang 5 atau resor-resor yang ada di daerah Nusa Dua. Setiap tempat menawarkan acaranya masing-masing.

Usai berpesta ingar-bingar, Anda dapat mencari tempat yang sunyi keesokan harinya di pantai-pantai eksotis yang tersebar di Bali. Atau, Anda dapat melakukan yoga retreat dan spa di daerah Ubud.

Bromo

Tahun baru di BromoMerayakan pergantian tahun tidak harus ketika jam 12 malam, tapi bisa juga dengan menyaksikan terbitnya matahari pertama di tahun berikutnya. Di Indonesia, destinasi untuk merayakan tahun baru dengan menyaksikan matahari terbit yang favorit ada di Bromo. Karena sedang high season, tiket pesawat menuju Malang atau Surabaya bisa mencapai Rp 2 juta atau Rp 3 juta pulang-pergi, penginapannya sendiri berkisar Rp 300.000 hingga Rp 1 juta per malam. Untuk menuju tempat melihat matahari terbit, Anda wajib menyewa jip yang tersedia. Pada hari biasa, biaya sewa sekitar Rp 600.000, dan ketika high season mungkin harganya bisa melonjak. Namun, harga tersebut dapat dibagi jumlah penumpang jip yang bisa menampung hingga 6 orang.

Usai melihat matahari terbit, Anda dapat berwisata ke air terjun coban rondo, wisata apel di kota Batu, atau ke Jatim Park. Jika ingin wisata kuliner, Anda dapat menuju ke Surabaya yang terkenal akan kulinernya yang beragam.

Gili Trawangan, Lombok

Tahun baru di Gili TrawanganJika Anda menginginkan pesta pantai yang eksklusif sambil menunggu countdown pergantian tahun baru, Gili Trawangan di Lombok adalah lokasi yang tepat. Pada malam tahun baru, pulau ini berubah menjadi satu tempat pesta besar yang meriah, dan Anda memiliki kebebasan untuk berpindah dari satu pesta ke pesta yang lainnya. Anda dapat memilih berpesta di area kafe atau sambil bersantai di tepi pantai. Berbagai hiburan disediakan di pulau ini, antara lain live music, belly dance, dan fire dancing. Malam pergantian tahun baru di Gili Trawangan layaknya Full Moon Party.

Tiket pesawat menuju Lombok pada saat high season bisa mencapai Rp 5 juta pulang-pergi. Untuk penginapan di Gili Trawangan, harganya berkisar Rp 1 juta hingga Rp 5 juta per malam. Usai berpesta, wisata utama di pulau ini tentu adalah pantainya yang bening dan indah. Anda dapat snorkeling atau diving di Gili Trawangan, Gili Air, atau Gili Meno. Jika memiliki banyak waktu, Anda juga dapat mendaki Gunung Rinjani yang terkenal. Gunung Rinjani berada di daerah Lombok Utara.

Korea Selatan

Tahun baru di Jeju, Korea SelatanDestinasi untuk merayakan tahun baru tak hanya ramai di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Merayakan tahun baru akan lebih istimewa bila sambil bermain salju atau ski salju. Karena alasan itulah banyak orang Indonesia yang merayakan tahun baru di luar negeri. Negara-negara di Eropa memang sedang musim dingin ketika pergantian tahun, tapi harga-harga yang meningkat mahal akibat high season, alternatif lain yang tak kalah menarik adalah Korea Selatan. Negara ini sedang booming di Indonesia akibat promosi Korea yang gencar di Indonesia.

Di Korea Selatan, Anda bisa memilih merayakan pergantian tahun yang meriah di pusat kota seperti Seoul, atau memilih untuk melihat matahari terbit pertama kalinya di tahun yang baru di Jeju, tepatnya di Seongsan Ilchulbong atau yang disebut juga dengan Sunrise Peak. Di tempat inilah masyarakat Korea dan wisatawan asing menyaksikan matahari pertama terbit di tengah dinginnya salju. Usai menyaksikan matahari terbit, Anda dapat bermain ski di Gunung Seorak atau ke Ski Resort. Tak lengkap rasanya ke Korea jika tak mencicipi kulinernya yang terkenal dan menggugah selera.

Untuk merayakan pergantian tahun di Korea selama seminggu, tersedia banyak paket wisata dengan harga minimal Rp 25 juta, sudah termasuk tiket pesawat PP dan akomodasi selama seminggu.

Singapura

Menyaksikan kembang api tahun baru dari dalam Singapore FlyerPerayaan tahun baru tak lengkap tanpa adanya kembang api. Salah satu tempat menarik untuk melihat kembang api adalah dari ketinggian di dalam Singapore Flyer di Singapura. Singapore Flyer dianggap sebagai ferris wheels tertinggi di dunia. Selain melihat kembang api, Anda juga dapat ikut berpartisipasi menghitung mundur sambil melihat lampu warna-warni di area Marina Bay. Musik non stop 12 jam juga disediakan di Pantai Siloso.

Mengingat ramainya Singapura pada pergantian tahun, pastikan Anda memesan penginapan jauh-jauh hari. Penginapan di Singapura berkisar Rp 1 juta hingga belasan juta. Untuk tiket pesawat dari Indonesia, rata-rata harganya Rp 3 juta hingga Rp 4 juta ketika high season.

Anda senang bepergian? Anda wajib memiliki kartu kredit WorldMiles karena memberikan banyak keuntungan bagi traveler.

Komentar