5 Gaji Tertinggi dan Terendah Profesi Fresh Graduate

Seusai mengemban pendidikan dalam perguruan tinggi, Anda tertantang untuk mempraktikkan ilmu yang dipelajari pada dunia nyata. Anda telah siap mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang ilmu yang digeluti selama hampir empat tahun. Berbagai jenis pekerjaan siap menyambut. Namun, tak selamanya pekerjaan yang Anda inginkan sesuai dengan penghasilan yang diharapkan. Terutama untuk lulusan fresh graduate.

Lulusan fresh graduate biasanya menerima penghasilan yang tergolong rendah karena belum memiliki pengalaman bekerja. Ada beberapa faktor yang berpengaruh pada besar kecilnya gaji, salah satunya adalah jenis profesi yang diambil. Berikut daftar profesi yang memiliki gaji tertinggi dan juga terendah untuk para fresh graduate.

Gaji Fresh Graduate Tertinggi

1.Petroleum Engineer

gaji fresh graduate

Seorang lulusan dari jurusan teknik perminyakan menempati posisi teratas dalam gaji fresh graduate tertinggi. Ini sudah jadi rahasia umum. Menuntut ilmu dalam jurusan teknik perminyakan pun butuh biaya yang besar. Tak ayal ketika lulus penghasilan yang diterima juga tinggi. Gaji awal bisa berkisar antara Rp 5 juta sampai Rp 8 juta. Bahkan di perusahaan minyak internasional seperti Chevron dan Exxon, gaji yang mereka terima mencapai Rp 10 juta.

2.Ahli Geologi

gaji fresh graduate

Penghasilan awal yang diperoleh seorang lulusan geologi hampir sama dengan teknik perminyakan. Mereka bisa mengantongi minimal Rp 5 juta hingga Rp 8 juta ketika melamar pekerjaan. Apalagi di perusahaan tambang internasional. Sayangnya, lulusan dari jurusan ini masih sangat terbatas. Apabila Anda sedang bingung mau mengambil jurusan apa dalam perguruan tinggi, tak ada salahnya memilih bidang geologi. Baik penghasilan maupun kenaikan tingkat pekerjaannya cukup menjanjikan.

3.Auditor

gaji fresh graduate

Setiap perusahaan rata-rata membutuhkan peranan auditor. Untuk itu, lowongan sebagai auditor sangat banyak tersebar di Indonesia. Bekerja sebagai seorang auditor cukup menguras tenaga dan pikiran. Kerja keras seorang fresh graduate dari lulusan ekonomi akuntansi yang mengambil jurusan auditor dihargai Rp 5 juta sampai Rp 7 juta per bulannya. Bahkan seorang internal auditor di perusahaan asing gajinya dapat mencapai Rp 10 juta per bulan.

4.Engineer

gaji fresh graduate

Lulusan insinyur juga masuk dalam kategori fresh graduate yang memperoleh gaji tertinggi. Minimal mereka bisa mengantongi Rp 5 juta setiap bulan sebagai pemula yang belum ada pengalaman. Profesi ini dapat ditemukan di perusahaan telekomunikasi, listrik, hingga layanan penerbangan. Bagi Anda yang merupakan lulusan insinyur segera berburu pekerjaan di perusahaan yang butuh jasa Anda.

5.Management Trainee Bank

gaji fresh graduate

Beberapa Bank gencar menawarkan program management trainee untuk fresh graduate. Faktanya, bekerja di bank baik swasta maupun bank pemerintah memang sejahtera. Rata-rata fresh graduate bisa mengantongi gaji Rp 4-5 juta per bulan dan itu pun belum termasuk bonus. Selain itu, jenjang karir di bidang perbankan juga sangat menjanjikan.

Gaji Fresh Graduate Terendah

1.Jurnalis

gaji fresh graduate

Jangan kira menjadi seorang jurnalis atau reporter gajinya tinggi. Meskipun tuntutan pekerjaan seorang jurnalis sangat tinggi karena kerap berkaitan dengan deadline, penghasilan yang diterima tidak sebanding. Rata-rata seorang fresh graduate dari jurusan komunikasi jurnalistik menerima Rp 1,5-2,5 juta setiap bulannya. Gaji yang minim, jam kerja yang tidak menentu dan stres pun sudah menjadi makanan sehari-hari.

2.Guru

gaji fresh graduate

Mengabdikan diri pada dunia pendidikan adalah hal yang mulia. Walau begitu, kerja keras seorang guru pemula dihargai dengan upah Rp 1,5-2,5 juta. Jika dilihat memang miris, padahal kesuksesan seorang murid pun ada di tangan guru.

3.Teller

gaji fresh graduate

Fresh graduate yang melamar pekerjaan menjadi teller akan memperoleh gaji minimal Rp 1,8 juta hingga Rp 2,5 juta. Bekerja sebagai seorang teller juga penuh risiko. Apalagi jika antara debit dan credit tidak seimbang. Banyak juga teller yang harus mengganti kekurangannya. Meski begitu, untuk melamar sebagai seorang teller tak perlu berasal dari jurusan ekonomi.

4.Customer Service

gaji fresh graduate

Bekerja di bagian layanan pelanggan tidaklah mudah karena tugasnya langsung menangani berbagai masalah yang dihadapi oleh para pengguna jasa perusahaannya. Rata-rata gaji para customer service officer ini hanya berkisar Rp 2 juta per bulan sehingga mereka kadang mengandalkan bonus (jika ada) untuk dapat meningkatkan taraf hidup mereka.

5.Sales

gaji fresh graduate

Profesi sales marketing ini sebenarnya cukup penting karena dari merekalah produk sebuah perusahaan bisa dipasarkan, namun entah mengapa profesi ini termasuk salah satu profesi bergaji kecil di Indonesia. Rata-rata seorang fresh graduate yang bekerja di bidang ini mengantongi Rp 2,5 juta setiap bulannya. Biasanya bila mencapai target seorang sales akan memperoleh komisi dari perusahaan senilai satu kali gaji atau setengahnya.

Komentar

komentar