5 Kartu Kredit Terbaik Bagi Yang Berpenghasilan Rendah

Kartu kredit sudah seperti sebuah gaya hidup. Masyarakat kelas menengah ke atas pun seolah tak cukup hanya memiliki satu atau dua buah kartu kredit. Tawaran promo-promo maupun cash back yang ditawarkan oleh kartu kredit atau merchant-merchant yang bekerja sama membuat orang seakan-akan wajib untuk memiliki semua jenis kartu kredit. Wajar saja, tiap merchant bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit yang berbeda-beda, jadi untuk dapat menikmati setiap promo yang ditawarkan, seseorang berarti harus memiliki seluruh kartu kredit yang beredar. Namun, menikmati promo yang diberikan oleh merchant-merchant kartu kredit bukan hanya bisa dirasakan oleh masyarakat kelas menengah ke atas. Masyarakat dengan penghasilan rendah pun bisa memiliki kartu kredit dan menikmati promo-promo yang diberikan. Hanya saja, bagi mereka yang berpenghasilan rendah harus pintar-pintar memilih kartu kredit yang diinginkan agar manfaatnya pun lebih terasa. Karena itu, berikut ini adalah lima jenis kartu kredit terbaik bagi yang berpenghasilan rendah.

1. Citibank Cash Back

Kartu kredit terbaik untuk yang berpenghasilan rendahKartu kredit Citibank Cash Back merupakan kartu kredit terbaik bagi yang berpenghasilan rendah. Untuk mengajukan pembuatan kartu kredit Citibank Cash Back ini, nasabah minimal harus memiliki penghasilan Rp 5 juta per bulannya. Ada banyak keuntungan yang diberikan oleh kartu kredit Citibank Cash Back ini, antara lain untuk berbelanja, hiburan, maupun mengisi bahan bakar. Sesuai dengan namanya, keuntungan utama yang diberikan oleh kartu kredit ini adalah dalam hal cash back. Berikut ini adalah besaran cash back yang diberikan oleh Citibank:

  • 5% untuk segala jenis transaksi belanja di merchant pilihan
  • 1% untuk transaksi kurang dari Rp 6 juta/periode, 3% untuk transaksi Rp 6 juta-Rp 12 juta, dan 5% untuk transaksi lebih dari Rp 12 juta
  • 5% untuk transaksi di kategori Shopping, Entertainment, Groceries, Petrol, dan Utilities.
  • Menghemat tagihan bulanan hingga Rp 500.000 dari 1Bill dan EazyPay

Citibank Cash Back tak hanya memberikan keuntungan dalam hal cash back. Hal lain yang juga diberikan oleh Citibank Cash Back adalah:

Paket asuransi

  • Citi Alerts Service yang memberikan perlindungan dari penyalahgunaan kartu kredit hingga Rp 5.000.000
  • Paket asuransi Credit Shield Plus yang memberikan proteksi apabila nasabah tidak mampu membayar tagihan kartu kredit karena kecelakaan yang mengakibatkan cacat permanen atau temporer. Preminya pun cukup rendah, hanya 0,69%.

Paket cicilan ringan

  • Mengubah transaksi menjadi program cicilan melalui program Easy Pay Conversion dengan pilihan tenor 3, 6, 9, 12, 18, dan 24 bulan serta transaksi minimal Rp 500.000 dengan bunga flat 2,4% per bulan.

Paket extra

  • Mendapat dana tunai melalui Citibank Online dengan bunga ringan flat 1,2% per bulan, jumlah minimal Rp 750.000 dan pilihan tenor 3, 6, 12, 18, 24, 36, dan 48 bulan.

Untuk melakukan aplikasi online Kartu Kredit Citibank Anda dapat lakukan di AturDuit.

2. Citibank Rewards

Kartu kredit Citibank Rewards untuk yang berpenghasilan rendahDi peringkat kedua kartu kredit terbaik bagi yang berpenghasilan rendah adalah kartu kredit Citibank Rewards. Sama seperti kartu kredit Citibank Cash Back, penghasilan minimum untuk dapat memiliki kartu Citibank Rewards adalah Rp 5 juta per bulan.

Jika kartu kredit Citibank Cash Back lebih banyak memberikan keuntungan dalam hal cash back, Citibank Rewards lebih banyak memberikan keuntungan dalam hal rewards point. Berikut ini adalah beberapa keuntungan utama yang diberikan oleh kartu kredit Citibank Rewards.

  • 2x Citi Rewards Points setiap Senin-Jumat
  • 3x Citi Rewards Points setiap transaksi Rp 3.000, berlaku kelipatan di kategori Dining dan Shopping pada hari Sabtu dan Minggu.
  • Setiap 7 Citi Rewards Points yang dimiliki dapat ditukar dengan 1 Kris Flyer/Asia Miles/Royal Orchid, dan untuk 8 Citi Rewards Points untuk 1 GFF Mileage.
  • Setiap pembelanjaan Rp 1 juta mendapat point reward yang dapat ditukar dengan 143 Kris Flyer/Asia Miles/Royal Orchard, atau 125 Garuda Frequent Flyer, atau 100 Delta Skymile/Etihad/Eva Airways.
  • 2,5 Citi Rewards untuk transaksi Rp 2.500 dan kelipatannya pada transaksi internasional.
  • 2,5 Citi Rewards untuk transaksi Rp 2.500 pada Sabtu-Minggu dan 1,7 Citi Rewards pada Senin-Jumat untuk kategori Dining dan Shopping
  • Citi Rewards Points itu bisa Anda tukarkan dengan belanja hingga 15%.
  • 0,8 Citi Rewards untuk transaksi di SPBU minimal Rp 2.500.

Fitur lainnya yang diberikan oleh Citibank, seperti paket asuransi, paket tagihan bulanan, paket cicilan ringan, dan paket extra, hampir mirip seperti apa yang diberikan oleh kartu kredit Citibank Cash Back.

3. Standard Chartered MasterCard Titanium

Kartu kredit Standard Chartered MasterCard TitaniumKartu kredit terbaik lainnya untuk yang berpenghasilan rendah adalah Standard Chartered MasterCard Titanium. Cukup dengan memiliki penghasilan minimal Rp 5 juta per bulan, Anda sudah bisa memiliki kartu Standard Chartered MasterCard Titanium. Keuntungan utama dari kartu ini adalah cash back hingga 3,5% untuk segala jenis transaksi yang dilakukan kapan pun dan di mana pun tanpa ada batas waktu.

Untuk kategori Entertainment, Groceries, Shopping, Travel, dan Petrol, Standard Chartered MasterCard Titanium memberikan cash back berupa potongan tagihan maksimal Rp 650.000 per bulan untuk berbagai jenis transaksi. Dengan demikian, semakin besar pembelanjaan Anda, semakin besar pula nilai cash back yang akan diterima. Beberapa keuntungan lain yang didapat dari kartu Standard Chartered MasterCard Titanium adalah:

Paket pembayaran tagihan

  • Paket EZ Bill untuk membayar tagihan kartu kredit

Paket cicilan ringan

  • Paket cicilan ringan dengan fitur SteadyPay

Paket extra

  • Cash on Phone, yakni fasilitas untuk mendapatkan uang tunai melalui kartu kredit Standar Chartered ke rekening yang diinginkan dengan bunga tertentu di jangka waktu yang dipilih.
  • Diskon dari berbagai promo lain sepanjang tahun

4. Danamon Manchester United

Kartu kredit Danamon Manchester UnitedKartu kredit Danamon Manchester United juga sangat cocok bagi mereka yang berpenghasilan rendah—serta pencinta klub Manchester United. Untuk memiliki kartu Danamon Manchester United ini, calon nasabah cukup memiliki penghasilan bulanan minimal Rp 3 juta.

Keuntungan utama kartu kredit ini adalah bisa mendapatkan 1 poin undian untuk setiap pembelanjaan ritel Rp 100.000. Poin undian itu akan digunakan untuk mendapatkan kesempatan berkunjung gratis ke Old Trafford. Selain itu, nasabah juga dapat menukar 18 poin reward dengan 1 Kris Flyer Mileage. Beberapa keuntungan lain dari kartu Danamon Manchester United adalah:

  • Setiap pembelanjaan Rp 1 juta dapat ditukar dengan 56 Garuda Frequent Flyer/Kris Fler/BIG Mileage
  • Untuk kategori Travel, Entertainment, Groceries, Petrol, dan Shopping akan mendapat 2,5 reward poin untuk setiap transaksi Rp 2.500 dan kelipatannya.
  • Paket cicilan ringan My Own Installment untuk mengubah pembelanjaan Anda menjadi cicilan 6-36 bulan.

5. Danamon American Express Gold

Kartu kredit Danamon American Express GoldKartu kredit terakhir yang cocok untuk pekerja berpenghasilan rendah adalah Danamon American Express Gold. Kartu ini memiliki keunggulan di kategori Travel, yakni akses gratis ke airport lounge di beberapa kota besar di Indonesia, 1,5 reward poin untuk setiap transaksi Rp 2.500 dan kelipatannya, serta setiap pembelanjaan Rp 1 juta mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan 120 Kris Flyer/Asia Miles atau 100 GFF/Royal Orchard+/Enrich Miles atau 200 BIG miles.

Selain kategori Travel, Danamon American Express Gold juga memberikan keuntungan untuk kategori Shopping, Groceries, Petrol, dan Entertainment, yakni 1,5 reward poin untuk setiap transaksi Rp 2.500 dan kelipatannya. Khusus untuk kategori Entertainment, nasabah juga mendapatkan akses untuk bermain golf di lapangan golf terbaik Indonesia. Keuntungan lain dari Danamon American Express Gold adalah:

  • Penukaran poin ke-6 macam Mileage program (Kris Flyer, Asia Miles, Garuda Frequent Flyer, Royal Orchard +, Enrich, BIG)
  • 5 Reward point dapat ditukarkan 1 Kris Flyer Miles/Asia Miles
  • 6 Reward point dapat ditukarkan 1 GFF/Royal Orchard +
  • 3 Reward point dapat ditukarkan 1 BIG

Dengan adanya lima kartu kredit terbaik bagi yang berpenghasilan rendah yang kami sajikan di atas, masyarakat kelas menengah ke bawah tak perlu lagi takut untuk mengajukan kartu kredit. Bahkan, dengan memiliki salah satu dari lima kartu kredit di atas, mereka akan mendapatkan banyak keuntungan dibandingkan memiliki kartu kredit lain selain yang disebutkan di atas. Tinggal bagaimana nasabah mengatur pemakaiannya dan memanfaatkan kartu kredit tersebut dengan benar.

Setelah menentukan jenis kartu kredit yang diinginkan, Anda mungkin ingin mengetahui kiat sederhana untuk mendapatkan kartu kredit ini.

Pastikan periksalah lebih lanjut ranking terbaik untuk berbagai kartu kredit di Indonesia.

Komentar