5 Keuntungan Memiliki Tabungan Daripada Deposito

keuntungan memiliki tabungan daripada deposito

Membiasakan diri untuk berinvestasi merupakan hal yang baik. Dengan ragam produk-produk investasi yang menjamur, Anda bisa memilih mau jenis investasi seperti apa yang sesuai dengan kemampuan. Bagi yang suka tingkat risiko rendah bisa memilih produk deposito. Di balik kenyamanan yang ditawarkan oleh deposito terselip kekurangannya juga. Salah satunya uang tidak dapat diambil sewaktu-waktu. Bila diambil sebelum jatuh tempo maka nasabah akan dikenakan denda. Hal tersebut membuat nasabah kembali lagi menjatuhkan pilihannya pada tabungan. Meski sifatnya konvensional, ada beberapa keuntungan memiliki tabungan daripada deposito. Berikut ulasannya:

1.Tidak membutuhkan dana besar

Faktor pertama sekaligus yang utama mengapa memiliki tabungan lebih menguntungkan daripada deposito ialah dalam soal jumlah setoran awal. Untuk memiliki tabungan, seorang nasabah tidak harus membutuhkan dana besar. Dengan modal yang minim, Anda sudah bisa mengantongi rekening tabungan. Beberapa bank bahkan ada yang mensyaratkan setoran awal hanya Rp 20.000. Rata-rata untuk setoran awal kepemilikan tabungan memang cenderung kecil. Sehingga ini tidak akan menyulitkan nasabah untuk memiliki tabungan. Tentu beda halnya dengan kepemilikan deposito. Setoran awal untuk membuka deposito cenderung lebih besar, berkisar antara Rp 2 juta ke atas. Memang produk ini lebih menguntungkan untuk investasi jangka panjang.

2.Jaminan Aman

Menyimpan uang dalam bentuk produk investasi ada untung dan ruginya. Tingkat risiko yang ditimbulkan oleh produk investasi juga bervariasi dari yang minim risiko sampai yang berisiko tinggi, seperti saham misalnya. Punya tabungan beda halnya dengan memiliki investasi yang keuntungannya naik turun bahkan bisa merugi apabila tidak dikelola dengan baik. Rekening tabungan menjamin setiap uang yang disetor nasabah akan aman. Selama bank Anda bergabung dalam dan diatur oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Indonesia, tabungan Anda dijamin aman untuk saldo hingga Rp 2 miliar nasabah per bank. Ketika Anda memiliki rekening tabungan., Anda tak perlu takut uang akan hilang atau merugi. Memiliki tabungan pun Sehingga faktor keamanan ini yang membuat nasabah masih memilih untuk menabung daripada menginvestasikan uangnya ke deposito.

3.Bersifat Cair atau Likuid

Keuntungan memiliki tabungan yang lainnya adalah bisa diambil kapan saja sehingga inilah mengapa tabungan bersifat cair. Ketika Anda membuka tabungan di bulan Januari misalnya, pada bulan berikutnya Anda sudah bisa mengambil uang tersebut di tabungan. Bahkan jika saat mengalami keperluan mendesak dalam satu minggu sesudah Anda menabung pun, tabungan bisa ditarik. Untuk memiliki tabungan Anda tidak perlu takut akan perihal jangka waktu yang ditetapkan ketika hendak menarik atau mengambil uang yang diendapkan. Berbeda dengan deposito yang memiliki jangka waktu dalam soal pengambilan. Deposito tidak bisa diambil sewaktu-waktu, tetapi hanya bisa diambil pada waktu yang sudah ditentukan saja. Ini disebut dengan istilah masa jatuh tempo. Pihak bank biasanya memberi lama jangka waktu 1,3,6, dan 12 bulan. Nah, apabila Anda mengambilnya sebelum jatuh tempo, biasanya akan dikenai biaya administrasi dan biaya penalti. Ada bank yang memberi penalti sebesar 15 persen sampai 20 persen.

4.Bunga Setiap Bulan

Dalam perihal suku bunga, tabungan memang memiliki bunga yang lebih rendah daripada deposito. Bagi Anda yang lebih memilih untuk memiliki tabungan jangan khawatir, sebab dengan modal relatif rendah Anda sudah bisa memperoleh suku bunga. Bunga bank akan diperoleh nasabah setelah menabung sepanjang kurun waktu tertentu. Dibandingkan dengan menyimpan uang tunai di rumah yang tidak menjanjikan bunga sama sekali, tentu saja bunga tabungan ini alternatif jauh lebih baik. Dalam hal bunga, memiliki deposito memang lebih unggul namun untuk memikat nasabah tentu memiliki tabungan akan jauh lebih mudah. Terutama dalam soal setoran awal yang relatif rendah. Maka, tak heran masih banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuka rekening tabungan. Bahkan satu orang bisa mempunyai dua rekening tabungan.

5.Fasilitas Beragam

Salah satu keuntungan memiliki tabungan daripada deposito ialah pemberian fasilitas yang beragam. Bagi Anda yang memilih produk tabungan sebagai sumber penyimpanan uang biasanya Anda akan diberi buku tabungan. Keberadaan buku tabungan ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui jumlah transaksi keluar masuk tercatat. Anda bisa dengan mudah mengetahui uang yang keluar digunakan untuk apa saja. Demikian juga jumlah uang yang masuk. Melalui buku tabungan semua transaksi akan tercatat sehingga memudahkan Anda untuk mengetahui jumlah saldo terakhir. Biasanya pihak bank juga akan mengirimkan laporan transaksi bulanan kepada nasabahnya. Di samping itu, dengan memiliki rekening tabungan, Anda juga akan mendapat beberapa fasilitas lain seperti kartu ATM yang bisa digunakan untuk debit bahkan asuransi.

Masih ragu mau membuka tabungan setelah membaca ada beberapa keuntungan memiliki tabungan, coba simak juga artikel tentang Mengenal Lebih Dalam Instrumen Tabungan di Perbankan.

 

Komentar