5 Kiat Sederhana Untuk Membuat Kartu Kredit

membuat kartu kreditBanyaknya penggunaan kartu kredit di Indonesia memang didasari oleh berbagai alasan, fungsi kartu kredit juga menjadi beragam, dan semakin banyak orang yang ingin membuat kartu kredit. Walaupun, pada dasarnya kartu kredit tetap sebagai alat pembayaran, namun ada banyak fasilitas tambahan yang dapat dinikmati oleh pemegang kartu kredit. Fasilitas tambahan itu mulai dari potongan harga, hingga fasilitas akomodasi saat bepergian. Sayangnya, tidak semua orang dapat menikmati kemudahan ini karena penerbit kartu kredit akan berhati-hati dalam memilih calon nasabahnya sehingga banyak calon nasabah yang urung membuat kartu kredit.

Pada dasarnya semua orang bisa mengajukan aplikasi kartu kredit, tapi tidak semua orang akan disetujui aplikasinya. Tidak ada yang tahu pasti mengenai alasan diterima atau tidaknya aplikasi kartu kredit seseorang. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda ingin mengajukan aplikasi kartu kredit, carilah informasi mengenai tips membuat kartu kredit dengan aman dan mudah. Sebagaimana yang akan kami sajikan berikut ini.

1. Kenali Keuangan Anda

Di Indonesia, kartu kredit bukan lagi barang mewah dan menyusahkan. Tidak jarang kartu kredit digunakan sebagai alat antisipasi seandainya perusahaan terlambat membayar gaji. Oleh karena itu, mereka yang hanya memiliki gaji pas-pasan juga ingin membuat kartu kredit.

Setiap bank memiliki persyaratan berbeda mengenai dana minimal di tabungan, atau gaji minimal yang harus Anda peroleh tiap bulan. Bagi Anda yang bergaji kurang dari empat juta rupiah, sebaiknya mengajukan aplikasi untuk kartu kredit dengan limit yang rendah. Di BCA, produk kartu kredit dengan limit yang rendah adalah Silver. Anda juga bisa mencari referensi dari bank lain untuk mendapatkan kartu kredit dengan limit yang cukup rendah.

Sementara itu, jika gaji Anda memang tergolong besar, pilihan produk kartu kredit yang dapat Anda nikmati juga lebih banyak. Namun, harus Anda ingat pula, jangan sampai Anda mengajukan aplikasi untuk beberapa kartu kredit yang mengakibatkan Anda kebingungan dalam membayar tagihannya. Berapa pun kartu kredit yang ingin Anda miliki, aturlah agar Anda mendapat kemudahan, baik saat memakai dan melunasi.

2. Gunakan Jaminan

Menggunakan jaminan saat aplikasi kartu kredit sering kali digunakan oleh para pekerja lepas. Ketidakpastian penghasilan setiap bulannya menjadikan mereka harus mengendapkan sejumlah uang sebagai jaminan kreditnya. Contohnya, Anda harus memasukkan jaminan di bank penerbit kartu kredit sejumlah lima juta rupiah. Uang jaminan ini tidak boleh diambil selama kartu kredit masih aktif.

Jika Anda menggunakan metode jaminan untuk aplikasi kartu kredit, kemungkinan besar aplikasi Anda akan disetujui. Hal ini dikarenakan bank dapat terhindar dari kredit macet. Bagi Anda yang kebingungan karena aplikasi kartu kredit tidak pernah disetujui, tidak ada salahnya untuk menggunakan cara ini.

3. Bukalah Kartu Kredit Di Tempat Anda Menabung

Sebaiknya Anda membuat kartu kredit di bank tempat Anda menabung. Dengan demikian, mereka akan dapat memeriksa aliran dana tabungan Anda dengan lebih mudah dan cepat. Kelancaran aliran dana pada setiap bulannya juga akan menjadi salah satu pertimbangan disetujui atau tidaknya aplikasi kartu kredit Anda.

Mengajukan aplikasi kartu kredit di bank tempat Anda menabung memang belum tentu menjamin bahwa aplikasi Anda akan disetujui. Oleh karena itu, disarankan untuk mengajukan aplikasi kartu kredit jika Anda sudah bekerja minimal satu tahun sehingga bank akan melihat bahwa Anda tidak memiliki masalah dengan aliran dana di tabungan.

4. Ajukan Di Kota Asal

Dalam membuat kartu kredit, selalu disarankan untuk mengajukan di cabang bank yang sesuai dengan alamat yang tertera di KTP Anda. Tidak semua bank dapat menerima nasabah pemegang kartu kredit dari luar kota. Kebijakan ini tentunya didasari oleh alasan keamanan. Lembaga keuangan mana pun pasti akan membuat kebijakan untuk melindungi mereka dari penipuan dan kredit macet. Namun demikian, ada pula beberapa bank yang sudah bisa menerima pengajuan aplikasi kartu kredit dari luar kota .

Dengan memerhatikan hal tersebut, jika Anda bekerja dan tinggal di kota yang bukan tempat kelahiran Anda, maka buatlah KTP dengan alamat di mana Anda tinggal sekarang. Hal ini tidak hanya memudahkan proses aplikasi kartu kredit, melainkan juga akan memudahkan keperluan administratif untuk kebutuhan Anda yang lain.

5. Menggunakan Jasa Lembaga Keuangan

Menggunakan jasa pembuat kartu kredit memang riskan, tapi jika Anda menemukan lembaga keuangan yang legal dan tepercaya, maka boleh saja dicoba. Anda pasti akan menemukan banyak iklan dan blog yang menawarkan jasa pembuatan kartu kredit di internet. Bahkan, banyak di antaranya yang merupakan perorangan. Tentu tidak ada yang melarang Anda untuk menggunakan jasa mereka, namun kehati-hatian dalam memilih adalah kunci bagi keamanan dana Anda nantinya.

Keuntungan dalam mengajukan aplikasi kartu kredit melalui lembaga keuangan adalah Anda bisa terima beres. Disetujui atau tidak, Anda tinggal menyerahkan persyaratannya dan menunggu hasil. Anda tidak perlu melakukan proses wawancara atau pergi sendiri ke bank. Pengajuan kartu kredit dengan cara ini hanya bisa dilakukan kalau Anda menemukan lembaga yang legal.

 

Sebagaimana tips pertama, Anda harus memahami kondisi keuangan dan kebutuhan Anda untuk bisa menentukan produk kartu kredit yang ingin Anda miliki. Untuk itu, silakan mengunjungi halaman perbandingan keuntungan dan manfaat kartu kredit yang kami miliki agar Anda dapat menentukan pilihan kartu kredit yang paling cocok dengan Anda.

 

Komentar