5 Langkah Mudah Memulai Berinvestasi Saham

investasi saham di zaisan BNI SecuritiesTingginya tingkat inflasi tahunan di Indonesia membuat sebagian orang sadar bahwa menyimpan uang di tabungan bukanlah hal terbaik untuk masa depan sebab nilai uang semakin tergerus kenaikan inflasi. Karena itu, semakin banyak orang yang mulai beralih ke investasi sebagai media menyimpan uang. Selain itu, nilai investasi yang tiap tahun naik juga menjadi sarana memperoleh keuntungan oleh para konsumen. Akan tetapi, tidak semua investasi memberikan keuntungan yang cukup signifikan. Beberapa investasi yang memberikan keuntungan tinggi adalah properti dan saham. Hanya saja, untuk investasi properti kurang begitu likuid. Anda tidak dapat menjual properti dengan waktu cepat. Sementara itu, untuk berinvestasi saham, sifatnya sangat likuid. Anda dapat membeli dan menjual saham dalam waktu singkat, bahkan bisa dalam hitungan menit. Bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi saham namun kurang mengerti langkah-langkahnya, berikut ini kami berikan panduannya.

1. Membuka Rekening di Perusahaan Sekuritas

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk dapat bertransaksi saham adalah membuka rekening di perusahaan sekuritas. Salah satu perusahaan sekuritas yang dapat Anda pilih adalah BNI Securities, anak perusahaan Bank Negara Indonesia, salah satu bank terkemuka di Indonesia. Tujuan memiliki rekening di perusahaan sekuritas adalah untuk menyimpan uang yang akan digunakan untuk bertransaksi saham atau untuk menyimpan uang hasil keuntungan menjual saham.

2. Deposit Awal

Setelah memiliki rekening di perusahaan sekuritas, langkah berikutnya adalah menyetorkan uang deposit awal untuk dapat mengaktifkan rekening tersebut. Setiap perusahaan sekuritas mensyaratkan uang deposit awal yang berbeda, ada yang Rp 5 juta dan Rp 10 juta. Namun, jika Anda membuka rekening di BNI Securities, Anda tak perlu khawatir dengan uang deposit awal yang sangat besar. Cukup menyetorkan deposit Rp 1 juta, Anda sudah dapat mulai bertransaksi saham di lantai bursa.

Selain deposit awal yang sangat rendah di BNI Securities, Anda juga tak perlu khawatir uang yang Anda setorkan berikutnya ke rekening akan berkurang karena biaya market info maupun administrasi bulanan. Uang yang ada di dalam rekening BNI Securities Anda tidak akan dikenakan potongan apa pun.

3. Cara Mengakses Bursa Saham

Jika rekening Anda sudah aktif, langkah berikutnya adalah memilih cara untuk mengakses seluruh saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ada dua cara untuk melihat daftar saham yang sedang diperjualbelikan, yakni menggunakan aplikasi software atau secara online melalui browser di komputer Anda.

Untuk yang menggunakan software, Anda dapat mengunduhnya dari perusahaan sekuritas tempat Anda mendaftar. Kekurangan dari bertransaksi melalui aplikasi software adalah Anda hanya dapat menggunakannya di satu komputer tempat Anda meng-install software tersebut. Sementara itu, jika Anda menggunakan opsi yang kedua, yakni secara online melalui web browser, Anda dapat mengaksesnya dari komputer mana saja asalkan terhubung dengan Internet. BNI Securities memiliki layanan online trading berbasis web yang dinamakan zaisan. Melalui zaisan, Anda dapat membeli dan menjual saham dengan mudah berkat fitur-fiturnya yang user friendly.

4. Analisis

Hingga tahap ini sebenarnya Anda sudah dapat membeli saham. Namun, agar tidak terjebak membeli saham yang menipu dan uang Anda pun berkurang, ada baiknya Anda belajar untuk melakukan analisis terhadap saham sebuah perusahaan. Jika Anda mendaftar di BNI Securities, Anda tak perlu khawatir kesulitan untuk melakukan analisis, baik itu analisis teknikal maupun fundamental, sebab fitur-fitur yang disediakan sudah sangat membantu Anda. Misalnya saja ada fitur News yang akan menampilkan berita dari saham sebuah perusahaan yang Anda inginkan. Ada juga fitur Research yang akan menampilkan laporan dan rekomendasi dari tim analis zaisan.

5. Transaksi

Jika sudah mampu melakukan analisis terhadap sebuah saham, barulah Anda dapat terjun langsung membeli saham yang diinginkan. Namun, apabila masih ragu-ragu akan cara berinvestasi saham dan pemilihan saham, Anda bisa menghadiri pelatihan reguler setiap bulannya. Tak semua perusahaan sekuritas menyediakan pelatihan reguler untuk nasabahnya secara GRATIS. Dengan tema pembahasan yang berbeda-beda setiap bulannya, mulai dari pengetahuan dasar mengenai bagaimana berinvestasi saham, sampai pengetahuan lanjutan mengenai bagaimana cara pemilihan saham secara fundamental dan teknikal.

Jika sudah merasa yakin setelah mengikuti pelatihan reguler di BNI Securities, Anda tak perlu ragu lagi untuk mulai membeli saham secara nyata. Sebagai permulaan, pilihlah saham dari perusahaan-perusahaan yang sudah mapan dan mempunyai sumber pendapatan yang jelas. Dengan demikian, investasi Anda di perusahaan tersebut kemungkinan besar akan terus naik setiap tahunnya.

Namun, Anda tak perlu kaget ketika membeli saham ternyata uang yang dibayarkan ada lebihnya sedikit, tidak sesuai dengan harga saham yang tertera. Hal itu wajar saja, sebab pihak sekuritas mengenakan fee untuk setiap transaksi yang Anda lakukan. Setiap perusahaan sekuritas mengenakan fee yang berbeda-beda. Karena itu, ketika memilih perusahaan sekuritas, pilihlah perusahaan yang memberikan fee kecil, salah satunya adalah BNI Securities. Jika bertransaksi melalui zaisan, Anda hanya dikenakan fee 0,15% untuk transaksi beli dan fee 0,25% ketika menjual saham.

Daftarkan diri Anda secara gratis di BNI Securities dan ketahui keunggulan-keunggulannya

Komentar