5 Mobil SUV Terekonomis Di Tahun 2015

Berbicara mobil SUV (Sport Utility Vehicle), pasti yang terbayang adalah mobil bertenaga besar dengan kapasitas penumpang cukup banyak. Seperti namanya, mobil SUV selain cocok sebagai mobil keluarga, mobil ini juga cocok untuk digunakan di medan-medan berat, misalnya untuk keluar kota yang jarak jauh atau untuk melintasi jalanan yang kurang bagus kondisinya. Namun, yang menjadi kekurangan mobil SUV adalah konsumsi bahan bakarnya yang oleh kebanyakan orang dianggap boros. Apakah hal tersebut benar? Tidak selalu. Bagi Anda yang ingin membeli mobil SUV namun irit bahan bakar, berikut ini adalah lima mobil SUV terekonomis di tahun 2015.

1. BMW X1

5 Teknologi BMW X1Mobil SUV terekonomis yang pertama datang dari pabrikan asal Jerman, yakni BMW X1. Tak seperti SUV lain yang hanya tergantung pada mesin mobil untuk mengurangi konsumsi bahan bakar, BMW X1 juga memiliki fitur-fitur canggih yang sangat membantu untuk mengurangi konsumsi bahan bakar.

Fitur ECO PRO mode membantu Anda untuk dapat mengemudi secara efisien. Begitu Anda mengaktifkan mode ECO PRO, sistem akan langsung bekerja memandu Anda untuk mengurangi penggunaan bahan bakar yang tidak perlu. Dengan menggunakan mode ECO PRO ini, Anda dapat menghemat konsumsi bahan bakar hingga 15%.

Fitur Auto Start-Stop juga akan membantu menghemat pengeluaran bahan bakar sia-sia dengan mematikan mesin ketika mobil dalam keadaan berhenti sementara, misalnya ketika berhenti di lampu lalu-lintas. Fitur Brake Energy Regeneration akan mengubah energi yang dikeluarkan ketika mengerem menjadi daya untuk mengisi aki mobil. Dengan demikian, tidak ada energi yang terbuang percuma. Selain mengurangi emisi yang dilepaskan, konsumsi bahan bakar pun lebih irit sekitar tiga persen.

Fitur Electric Power Steering pada BMW X1 hanya akan aktif ketika dibutuhkan, yakni ketika Anda memutar kemudi mobil. Energi yang dibutuhkan juga diambil dari energi yang dilepaskan oleh sistem Brake Energy Regeneration. Jadi, jika Anda melaju lurus atau berbelok panjang dengan sudut yang sama, Electric Power Steering tidak membutuhkan daya dari mesin, karena itu lebih irit bahan bakar. BMW X1 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 499 juta.

Anda dapat lebih mudah memiliki BMW X1 dengan adanya sistem kredit balloon payment, dan cukup hanya membayar Rp 4,9 juta per bulan selama tiga tahun.

2. Hyundai Santa Fe

Mobil SUV terekonomisMobil SUV terekonomis yang kedua adalah Hyundai Santa Fe. Hyundai Santa Fe memiliki tiga varian, yaitu bensin A/T 2.400 cc, diesel 2.200 cc CRDi A/T, dan diesel 2.200 cc CRDi A/T 4WD. Hyundai Santa Fe versi diesel inilah yang paling irit bahan bakar. Meski berkapasitas 2.199 cc 4-silinder, Hyundai Santa Fe CRDi sudah dilengkapi turbocharged. Ditunjang perangkat Variable Geometri Turbo (VGT), Santa Fe CRDi mampu menghasilkan tenaga 198 hp dan torsi maksimum 445 Nm. Torsi itulah yang membuat mobil ini hemat BBM. Untuk ukuran mobil SUV, torsi tersebut sangatlah kecil. Bahkan, jika berkendara di tol, Hyundai Santa Fe mampu mencapai 15,51 km per liter.

Dikombinasi transmisi otomatis 6 percepatan dengan pilihan perpindahan manual, pengendara akan dimanja kesigapan mobil menyalurkan tenaga ke roda depan. Handling mobil ini juga terbilang mudah dan menyenangkan. Fitur lain yang juga menjadi nilai lebih Hyundai Santa Fe adalah aplikasi jok pengemudi elektrik, kompas di spion tengah, kisi AC belakang, Cruise Control, hingga fitur Eco Mode untuk menghemat bahan bakar. Hyundai Santa Fe dijual dengan harga cukup bersaing, yakni sekitar Rp 448 juta untuk entry level All-New Hyundai Santa Fe Petrol A/T.

3. Nissan X-Trail

Mobil SUV terekonomisTidak ada yang menampik bahwa wajah Nissan X-Trail terbaru terlihat lebih modern. Nissan X-Trail sekarang mengedepankan konsep City Cruiser untuk memikat pencinta mobil SUV. Lampu depan mengaplikasi DRL LED, sementara lampu belakang yang sebelumnya menempel di pilar telah berpindah ke pinggul.

All New Nissan X-Trail juga menggunakan mesin dan sasis yang baru. Nissan X-Trail tersedia dalam tiga varian, yakni 2.0 manual, 2.0 CVT, dan 2.5 CVT. Dengan CVT generasi terbaru yang dimilikinya, Nissan X Trail baru sanggup mereduksi gesekan di transmisi hingga 40 persen. Selain itu, desain sabuk dan spesifikasi oli baru serta pompa yang diperkecil membuat All New Nissan X-Trail lebih hemat bahan bakar 10 persen dibanding pendahulunya.

Dengan tombol ECO yang dimilikinya, konsumsi bahan bakar Nissan X-Trail bisa mencapai 15,7 kilometer per liter jika melaju di jalan tol, sedangkan untuk di dalam kota sekitar 9,8 kilometer per liter bensin. Fitur lain yang dimiliki adalah stability control, Lane Departure Warning (LDW), pembuka pintu bagasi elektrik, dan kamera 360° untuk kemudahan saat parkir. Mobil Nissan X-Trail bisa dibeli dengan harga Rp 413 Juta untuk tipe entry level All-New Nissan X-Trail 2.0 CVT.

4. Mazda CX-5

Mobil SUV terekonomisMobil SUV terekonomis di peringkat keempat adalah Mazda CX-5. Mazda CX-5 merupakan kompetitor head-to-head dengan Nissan X Trail. Tidak berlebihan jika Mazda CX-5 adalah kompetitor terkuat Nissan X-Trail, terlebih ketika hadir versi mesin 2.500 cc berteknologi SkyActiv. Model ini pun jadi yang terdepan untuk urusan performa dengan tenaga 187 dk dengan torsi mencapai 250 Nm.

Tidak perlu meragukan mesin Mazda CX-5 2.5 SkyActiv karena mesin bertenaga 187 dk ini mampu berlari dari 0 ke 100 km/jam dengan waktu kurang dari sembilan detik, sedangkan mobil-mobil di kelasnya umumnya hanya dapat meraih angka 10 detik. Kualitas berkendara, handling, dan akurasi kemudi juga sangat nyaman di Mazda CX-5. Semua itu berkat penggunaan teknologi SkyActiv yang memaksimalkan seluruh kemampuan dari transmisi, sasis, bodi hingga mesin untuk performa terbaik dan konsumsi bahan bakar yang sangat ekonomis.

Tidak hanya urusan mesin, Mazda CX-5 juga dibekali fitur lengkap seperti Lane Departure Warning System, penghangat kursi, monitor tekanan ban, dan lampu depan adaptif. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 410,9 juta untuk Mazda CX-5 2.0 Sport A/T.

5. Mitsubishi Pajero Sport

Mobil SUV terekonomisMitsubishi Pajero Sport dilengkapi dengan mesin 2.477 cc 4 silinder serta menggunakan teknologi common rail Direct Injection Diesel (DI-D). Dengan mesin tersebut, tercipta tenaga 178 dk dengan torsi 350 npm, yang disalurkan ke roda belakang menggunakan lima percepatan. Mobil besar ini sangat gagah untuk perjalanan jauh maupun dengan kondisi jalanan berlubang. Bahkan, untuk jalanan yang menanjak, mesin mobil tidak perlu sampai mengeluarkan putaran yang tinggi sehingga konsumsi bahan bakarnya pun irit untuk mobil sebesar itu. Hanya dengan satu liter bensin, Pajero Sport dapat menempuh jarak hingga 9,1 kilometer. New Pajero Sport Exceed dipasarkan on the road Jakarta Rp 420 juta, tipe GLS Rp403 juta, GLX 4X4 Rp 454 juta, Dakar 4×2 Rp458 juta, Dakar 4×4 Rp525 juta, dan seri teranyar V6 (bensin) Rp 484,5 juta.

Mau mencoba SUV BMW X1 secara gratis? Daftarkan segera diri Anda.

Komentar