5 Pekerjaan Paruh Waktu Berpenghasilan Tinggi

Memiliki pekerjaan sampingan di luar pekerjaan tetap sekarang ini sudah menjadi hal biasa. Banyak alasan mengapa orang-orang memilih untuk melakukan pekerjaan sampingan atau pekerjaan paruh waktu, salah satunya adalah tuntutan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Biaya hidup yang terus meningkat nyatanya tidak diikuti dengan naiknya pendapatan, sehingga mengambil pekerjaan sampingan merupakan solusi terbaik. Berikut adalah daftar pekerjaan paruh waktu yang memiliki potensi besar di masa depan.

1.  Penulis Lepas

Pekerjaan paruh waktu penulisMenjadi seorang penulis lepas, baik di surat kabar, majalah ataupun situs web ternyata membawa banyak keuntungan. Selain mendapat bayaran atas artikel atau tulisan yang dibuat, hasil karya Anda pasti akan dibaca oleh banyak orang. Pekerjaan ini juga dapat dijadikan sarana penyalur hobi serta untuk mengeluarkan pemikiran Anda mengenai suatu hal. Bayaran untuk tiap artikel beragam mulai dari Rp50,000 hingga jutaan rupiah meskipun tidak jarang ditemukan penulis yang dibayar jauh di bawah harga rata-rata. Tinggi rendahnya bayaran seorang penulis lepas tergantung pada jenis tulisan apa yang dibuat, di media mana tulisan tersebut akan diterbitkan, dan tentunya pengalaman yang dimiliki penulis.

2.  Guru Les Privat

pekerjaan paruh waktu TutorAnda yang menguasai bidang tertentu seperti seni, bahasa atau matematika dan lulus dari universitas terkemuka dapat menggunakan keahlian tersebut untuk menghasilkan uang tambahan yaitu dengan menjadi guru les privat. Jam mengajar yang fleksibel dan bayaran yang cukup tinggi membuat pekerjaan sampingan ini dilakukan banyak orang. Menjadi pengajar di akhir pekan atau seusai pulang kantor merupakan waktu ideal yang biasa dipilih. Rata-rata untuk 4 kali pertemuan/bulan, seorang guru les privat dapat memperoleh bayaran minimal Rp300,000 dari satu murid saja. Jadi bayangkan saja berapa penghasilan tambahan yang dimiliki seorang guru les privat jika memiliki lebih dari 4 murid.

3.  Desainer Grafis

grafis designerJika seorang penulis menuangkan kreativitasnya dalam bentuk kata-kata, maka seorang desainer grafis menuangkannya dalam bentuk desain. Jika dibandingkan dengan jenis pekerjaan paruh waktu lainnya, desainer grafis memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Selain harus dapat memenuhi keinginan klien, membuat desain kreatif yang mampu menarik banyak perhatian orang menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi mereka. Karena proses dalam pengerjaan desain grafis sedemikian rumit, maka bayaran seorang desainer grafis paruh waktu cukup tinggi dibandingkan dengan bayaran pekerjaan paruh waktu lainnya, yaitu di atas Rp300,000. Angka ini umumnya dihitung berdasarkan proyek yang ia kerjakan, dan akan lebih tinggi bahkan mencapai jutaan rupiah jika si desainer memiliki jam terbang tinggi.

4.  Konsultan Keuangan

Pengatur keuangan

Tidak banyak orang yang mampu mengelola keuangannya dengan cerdas, sehingga jasa penasihat keuangan sangat dibutuhkan untuk menghadapi hal ini. Seorang konsultan keuangan memiliki tugas untuk mengontrol keuangan klien sekaligus membuat perencaan untuk memperbaiki kondisi keuangan klien tersebut. Sebagian orang yang memiliki pekerjaan ini mampu melakukan pekerjaannya dari rumah dan umumnya klien mendatangi konsultan keuangan ini melalui informasi yang didapat dari mulut ke mulut, media sosial, atau media online lainnya.

5.  Pelaku Bisnis Online

bisnis online

Melakukan binis online atau memiliki toko online seolah menjadi tren di Indonesia saat ini. Mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, hingga profesional, banyak yang sudah memiliki bisnis online. Ditambah lagi beragam situs jual-beli online yang menyediakan toko virtual secara gratis sebagai wadah para pebisnis online ini memulai usahanya. Bisnis yang dibuka pun beragam mulai dari pakaian, aksesoris, makanan, hingga otomotif. Cara dan aksesnya yang mudah di mana pun Anda berada serta janji akan keuntungan yang besar membuat jenis bisnis ini semakin tumbuh pesat. Bahkan tidak jarang ditemukan pengusaha toko online yang sukses dengan omset hingga jutaan rupiah memilih untuk meninggalkan pekerjaannya sehari-hari demi mengurus bisnis onlinenya yang dinilai lebih memiliki masa depan yang cerah.

Jika Anda berminat untuk melakukan pekerjaan paruh waktu, pastikan jenis pekerjaan dan keahlian apa yang Anda kuasai, juga apakah Anda benar-benar memiliki waktu lebih untuk melakukan pekerjaan sampingan tersebut. Pengaturan waktu yang baik juga penting agar pekerjaan utama Anda tidak terbengkalai karena kelelahan bekerja paruh waktu.

Komentar