5 Profesi Teratas yang Masih Banyak Dibutuhkan di Indonesia (Updated)

5 Profesi Teratas yang Masih Banyak Dibutuhkan di Indonesia (Updated)

Seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan sosial, maka berbagai profesi pun mengalami dampak dari dinamika sosial ini. Prioritas kebutuhan pun masyarakat berubah menjadikan profesi yang dulunya dianggap biasa saja mungkin menjadi yang paling dicari untuk lima sampai sepuluh tahun ke depan.

Berikut adalah lima  profesi yang diprediksi akan meningkat permintaanya hingga lima tahun ke depan. Tentunya penjelasan ini akan diikuti dengan informasi tentang rata-rata pendapatannya pada saat ini dan kualifikasi apa saja yang dibutuhkan.

Programmer

LevelRata-rata penghasilan
StaffRp 4.500.000 - Rp 6.000.00
ManajerRp 11.000.000 - Rp 15.000.000

Para programmer ini memperbaiki dan meningkatkan kualitas sistem teknologi informasi yang digunakan untuk keperluan internal dan eksternal perusahaan. Misalnya untuk membuat dan mengembagkan website yang memuat informasi perusahaan dan bisa menghubungkan perusahaan dengan masyarakat.

Lalu dengan makin menjamurnya perusahaan berbasis teknologi informasi, maka jasa pemrograman makin dibutuhkan untuk meningkatkan mutu produknya agar bisa bersaing dengan perusahaan berbasis digital lainnya.

Untuk menjadi programmer, seseorang biasanya mengambil pendidikan formal selama 3,5 tahun sampai 5 tahun. Setelah itu, dia akan mendapatkan kualifikasi sebagai programmer yang siap bekerja. Namun banyak juga lembaga non universitas yang menyediakan pendidikan untuk calon programmer. Jadi bagi Anda yang sudah lulus kuliah dan ingin kursus pemrograman, diantaranya adalah babastudio, webhozz, tanmia-informatika, dan masih banyak lagi.

Insinyur

Lama PengalamanRata-rata penghasilan
Di bawah 10 tahunRp 5.000.000 - Rp 30.000.000 (tergantung proyek yang dikerjakan)
Di atas 10 tahunRp 20.000.000 - Rp 40.000.000 (tergantung proyek yang dikerjakan)

Seorang insinyur bertugas untuk mengembangkan dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan teknologi. Para insinyur ini yang akan mengembangkan teknologi baik di bidang listrik, kimia, hidrologi, biokimia, dan cabang teknologi lainnya.

Insinyur yang akan mengembangkan mekanisme penggunaan sumber alami untuk kebutuhan penyediaan energi. Contohnya, insinyur lah yang merancang bendungan hidroelektrik, turbin angin, dan sel surya yang digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Mereka juga yang bertugas merancang sebuah sistem untuk mengubah gas pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) menjadi bahan bakar hijau.

Tidak hanya masalah energi, insinyur juga yang bertanggungjawab untuk merancang berbagai fasilitas publik dari bangunan, jalan, hingga alat transportasi.

Untuk menjadi insinyur tidaklah mudah. Selain harus menempuh pendidikan tinggi dengan gelar teknik di satu bidang, kemudian melanjutkan studi lagi untuk mendapatkan sertifikasi insinyur. Salah satu universitas yang memiliki reputasi bagus di Indonesia dalam penyelenggaraan pendidikan untuk insinyur adalah Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pengelola penitipan anak

Rata-rata penghasilan kotor per hari
Misalnya per hari Anda mengasuh tiga anak dengan tarif @ Rp 50.000, maka per bulan Anda mendapatkan penghasilan : (3 X Rp 50.000) X 22 hari kerja = Rp 3.300.000

Kesempatan berkarir pada zaman ini terbuka lebar untuk laki-laki maupun perempuan. Kemudahan akses pendidikan dan pekerjaan yang setara membuat banyak perempuan yang memilih untuk bekerja daripada menjadi Ibu rumah tangga full time. Oleh karenanya para perempuan yang bekerja ini membutuhkan bantuan untuk menjaga anaknya.

Perusahaan tidak menyediakan fasilitas untuk anak di area kantor. Sehingga para Ibu yang memutuskan untuk bekerja harus mau meninggalkan anaknya. Tempat penitipan anak menjadi pilihan yang aman bagi para Ibu ini. Adanya penitipan anak ini juga memberikan pelayanan yang bisa dipercaya karena berupa sebuah lembaga dan bukan perorangan.

Untuk bisa membangun sebuah penitipan anak, Anda pastinya harus memiliki izin usaha yang sah. Selain itu, Anda harus memiliki keterampilan dan minat dalam mengurus anak-anak. Standar operasional berupa keterampilan para pekerja juga harus bisa dipertanggungjawabkan. Mengingat Anda akan mengasuh beberapa anak dalam waktu yang lama.

Walaupun tidak ada persyaratan akademis khusus untuk membuka usaha penitipan anak. Namun demikian, menjaga anak-anak adalah sebuah kemampuan yang juga bisa dipelajari. Mulai dari program apa saja yang akan Anda sajikan untuk anak-anak ini, sampai jadwal mereka selama seharian agar mereka mendapatkan porsi istirahat dan aktifitas yang cukup.

Administrator website

Rata-rata penghasilan 
Gaji per bulanRp 2.000.000 sampai Rp 5.000.000

Permintaan akan tenaga administrator website bahkan sudah terlihat permintaannya saat ini.

Adapun seorang administrator website harus mampu menguasai berbagai macam sistem operasi baik yang berbasis Windows maupun Linux, baik instalasi hingga troubleshooting.

Selain itu, seorang administrator website harus mau dipanggil kapan saja. Hal ini karena dia harus menjaga kelangsungan server, jadi sewaktu-waktu ada masalah pada server, dia harus mau dipanggil untuk memperbaikinya. Administrator website juga bertugas untuk mengatur akun dan kata sandi untuk keperluan pengguna.

Pendidikan yang harus ditempuh untuk menjadi administrator website adalah pendidikan di bidang komputer dan teknologi informasi. Lama pendidikan antara empat sampai lima tahun. Tentunya selain pendidikan formal, seorang administrator website juga harus bisa mempelajari perkembangan dalam dunia teknologi digital.

Akuntan dan auditor

Akuntan

Lama pengalamanRata-rata penghasilan
Kurang dari lima tahunRp 1.830.953 sampai Rp 3.195.797
Lebih dari lima tahun
Rp 3.452.976 sampai >Rp 5.000.000

Auditor

LevelRata-rata penghasilan
Auditor JuniorRp 49.000.000 sampai Rp 56.000.000
Auditor SeniorRp 62.000.000 sampai Rp 80.000.000

Profesi di bidang keuangan ini selalu menjadi kebutuhan, dan permintaannya makin meningkat. Hal ini mengingat makin banyak perusahaan yang bermunculan dan membutuhkan tenaga akuntan dan auditor.

Secara umum, seorang akuntan bertanggungjawab akan keuangan perusahaan. Adapun tugas-tugas mereka diantaranya adalah, mengatur perencanaan dan mengawasi arus keuangan perusahaan. Selain itu, mereka juga yang bertugas mengelola pengeluaran berupa pajak, biaya operasional, dan pembayaran gaji. Nantinya, mereka akan membuat pembukuan dan laporan keuangan perusahaan.

Seorang akuntan harus memenuhi kualifikasi pendidikan formal di bidang akuntasi. Pendidikan akuntansi ini merupakan bagian dari fakultas ekonomi, dan lama pendidikannya mulai dari tiga setengah tahun sampai lima tahun.

Sedangkan, seorang auditor secara umum bertugas mengevaluasi pencatatan keuangan yang dilakukan akuntan, termasuk apakah peristiwa yang berkaitan dengan keuangan yang tercatat benar terjadi.

Adapun seorang auditor melakukan jasa atestase atau assurance, yaitu jasa profesional yang independen dalam rangka meningkatkan mutu kerja penyedia informasi dalam perusahaan sebagai tolok ukur dalam pengambilan keputusan pihak manajemen.

Para auditor ini memiliki beberapa tugas yaitu, menelaah laporan keuangan historis serta melakukan kegiatan atestasi. Adapun atestasi yang dilakukan melingkupi pengelolaan keuangan internal perusahaan, teknologi informasi, serta atestasi hal lainnya yang berkaitan dengan permasalahan yanng ditemukan.

Dengan adanya target pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, tenaga auditor sangat dibutuhkan untuk mengukur transparansi perusahaan. Dimana hal ini nantinya berkaitan dengan kepercayaan investor dalam menanamkan modalnya di Indonesia. Selain itu, jasa auditor ini juga digunakan oleh sebuah perusahaan induk untuk mengevaluasi cabang-cabang usahanya.

Seseorang bisa menjadi auditor dengan mengantongi sertifikasi khusus. Adapun jasa audit keuangan ini bisa dilakukan oleh seorang akuntan publik bersertifikat. Dia harus memiliki sertifikasi dan izin berpraktik. Untuk mendapatkan sertifikasi ini, seorang calon auditor harus mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI).Biasanya, para auditor ini memulai karirnya di Kantor Akuntan Publik (KAP).

Dengan permintaan yang makin meningkat setiap tahunnya, Anda bisa mempersiapkan diri atau buah hati untuk menekuni salah satu dari profesi yang paling dibutuhkan di atas.

Posisi Profesi Data 2016 Yang Jatuh Dari Daftar

1. Medis

Tentu saja jasa medis akan terus diperlukan, namu di tahun ini dan beberapa tahun mendatang kebutuhan yang akan meningkat pesat adalah kebutuhan akan profesi-profesi di atas.

Dengan adanya kesadaran akan penggunaan bahan-bahan alami. Sudah banyak terlihat bahwa kebanyakan orang, terutama di Indonesia, memilih untuk menggunakan obat tradisional untuk sakit ringan daripada ke dokter. Sehingga profesi dokter umum akan sulit mendapatkan promosi atau penghasilan lebih jika tidak mengambil pendidikan spesialis atau internis. Sedangkan pendidikan untuk menjadi tenaga medis, tenaga medis apa saja, tidaklah mudah. Selain mahal,mereka yang  mengambil pendidikan untuk tenaga medis juga harus memiliki kemampuan akademis yang lebih. Jadi dapat kita katakan bahwa permintaan akan tenaga medis tetap bertambah tetapi tidak sepesat profesi lainnya.

2. Desainer Produk

Kebutuhan akan desainer produk mungkin akan tetap sama. Hal ini mengingat makin banyak bisnis yang bermunculan namun kebanyakan merupakan penyedia jasa. Dimana seseorang tidak perlu memiliki produk sendiri untuk bisa memulai usahanya.

3. Marketing

Kebutuhan marketing memang tetap ada, hanya saja di era internet ini pola kebutuhannya akan bergeser. Dari marketing offline, banyak perusahaan yang akan lebih memerlukan jasa marketing online. Di sisi lain, karena kegiatan marketing yang banyak dilakukan secara online, maka jumlah marketer yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak.

Berikut Anda juga bisa mengenal labih jauh tentang profesi yang bergaji tinggi di Indonesia.

 

Komentar