5 Tips Membuat Ruangan Lebih Terang

Tips membuat ruangan lebih terangRuangan yang terang, selain membawa ambience yang ceria, juga memberi kesan luas pada ruangan tersebut. Banyak trik yang dapat Anda lakukan untuk membuat ruangan lebih terang, seperti menggunakan warna, aksesori, dan cermin di sana-sini. Jika Anda merasa ruangan di rumah sedikit gelap, beberapa tips berikut ini dapat Anda lakukan untuk membuat ruangan lebih terang.

1. Serba Putih

Tips pertama untuk membuat ruangan lebih terang adalah dengan mengecat putih dinding ruangan tersebut. Anda tak perlu mewarnai seluruh dinding rumah dengan warna putih. Dengan membuat aksen di beberapa bagian ruangan, cukup membuat interior terlihat lebih cerah. Untuk mencegah ruangan berwarna putih terkesan monoton, Anda dapat memberi aksesori dengan karya seni, karpet, dan furnitur yang kaya warna atau pola.

2. Percikan Warna

Jika Anda tidak bisa mewarnai dinding serba putih, pertimbangkan memberi warna putih pada sisi dinding dengan aksen penutup dinding yang kaya warna. Kombinasi kaya warna dengan warna putih tidak hanya membuat ruangan lebih terang, tetapi juga memberi nuansa kontemporer. Untuk efek yang lebih lembut, cat dinding dengan warna biru langit. Hal ini akan membawa nuansa luar ke dalam rumah sehingga pada malam hari pun Anda akan merasa seolah-olah berada di siang hari yang cerah.

3. Dinding Kelima

Jika Anda ingin membuat drama visual dalam ruangan, pertimbangkan menghias dinding kelima alias langit-langit. Menghias langit-langit ruang dengan lukisan atau wallpaper berpola besar akan membuat ruangan terasa ceria dan stylish. Berikan warna putih pada bingkai langit-langit untuk menambah kesan kontras dan pasang lampu gantung (chandelier) untuk penerangan. Ruangan Anda pun akan berubah total.

4. Memajang Karya Seni

Karya seni adalah salah satu cara terbaik untuk membuat ruangan menjadi lebih cerah dan hidup. Semakin besar ukuran dan semakin berwarna karya seni tersebut, hasilnya akan semakin baik. Anda juga dapat membuat efek dengan cermin—bisa digantung atau dibuat hiasan lain. Tidak hanya terlihat cantik, cermin juga memantulkan cahaya yang menambahkan kecerahan ruangan.

5. Tambahkan Cahaya

Membuat lapisan pencahayaan adalah kunci untuk menciptakan skema yang seimbang. Pertama, identifikasi pusat kegiatan di dalam ruangan dan letakkan pencahayaan utama di sana. Selanjutnya, buat lapisan kedua sebagai aksen untuk menyinari daerah tertentu yang Anda anggap menarik tanpa mengurangi daya tarik titik fokus. Lapisan ketiga cahaya dipergunakan sebagai cahaya ambient atau latar belakang ruangan.
Dimmer atau peredup lampu dapat Anda gunakan untuk mengatur suasana ruang sekaligus menghemat energi. Dimmer juga membantu Anda membuat aneka kombinasi cahaya untuk beragam keperluan dan efek dekoratif untuk membuat ruangan lebih terang.

Penulis dan foto: Anto Erawan
Sumber: Rumah.com

Komentar