5 Usaha Sederhana yang Paling Berkembang di Indonesia (Updated)

5 Usaha Sederhana yang Paling Berkembang di Indonesia (Updated)

Memiliki usaha adalah impian setiap pribadi. Rasa lelah bekerja belum lagi harus mengumpulkan tugas tepat waktu kerap memicu stress. Ada banyak inovasi di berbagai macam bidang usaha yang tidak membutuhkan biaya besar sehingga bisa dilakukan oleh banyak orang. Hal inilah yang membuat usaha sederhana ini cepat berkembang di Indonesia. Mulai dari usaha kuliner hingga laundry. Mau mencoba peruntungan dengan berwirausaha? Anda bisa mencoba beberapa usaha sederhana yang paling berkembang berikut yang berdasar pada survey market di 2017.

Bagi Anda yang sedang bermimpi jadi pengusaha, yuk simak pilihan usaha sederhana berikut ini. Siapa tahu di kemudian hari, Anda bisa menjadi pengusaha sukses.

1. Laundry Kiloan

Laundry

Siapa sangka usaha cuci gosok pakaian kini semakin digandrungi. Daripada menyewa asisten rumah tangga yang bertugas mencuci gosok pakaian kotor Anda, lebih baik meletakkannya ke laundry kiloan. Biayanya jauh lebih terjangkau. Kebutuhan akan layanan cuci kering pakaian yang murah dan cepat semakin besar. Hal inilah yang mendorong munculnya bisnis laundry kiloan (layanan cuci, kering dan setrika dengan tarif berdasarkan berat cucian).

Bila ditelusuri market terbesar dari usaha ini ialah mahasiswa dan karyawan yang kos. Tarif sekitar Rp 3.000-Rp 7.000 per kilo tentu saja sangat terjangkau bagi mereka yang kos dan menginginkan hal yang praktis. Lantas, Berapa Modal Awal Buka Usaha Laundry?

Jawabannya, modal usaha ini bisa dimulai dari Rp 10 juta di luar sewa tempat. Modal tersebut digunakan untuk membeli perlengkapan seperti mesin cuci, mesin pengering, setrika, etalase, meja, timbangan, deterjen, pewangi, dan pemutih. Beberapa jenis layanan dari laundry ini di antaranya adalah paket cuci+kering+setrika, paket cuci basah, cuci kering tanpa setrika, dan jasa setrika saja. Omzet yang bisa diperoleh dengan membuka usaha ini adalah belasan hingga puluhan juta rupiah.

2. Sate Taichan

Sate Taichan

Nama kuliner sate taichan akhir-akhir ini sedang menggema di kalangan masyarakat Indonesia. Sate taichan memiliki kekhasan tersendiri pada bumbunya. Sate bukan dibaluri bumbu kecap melainkan bumbu dengan rasa asam, asin, dan pedas. Sate taichan berupa daging ayam dan kulit segar ditusuk kemudian dipanggang di atas bara api selama tiga hingga lima menit saja. Setelah matang, sate dilumuri minyak sayur, perasan jeruk nipis, dan taburan penyedap rasa. Sate Taichan, Makanan “Ngehit” dengan Untung Menggiurkan makin digandrungi para usahawan.

Umumnya, satu tusuk sate taichan dihargai Rp 2.000. Dengan harga jual tersebut, keuntungan bersih yang bisa diperoleh berkisar Rp 3.000.000 per hari. Dengan asumsi bisa menjual 1.500-2.000 tusuk. Melihat penggemar sate taichan di Indonesia yang semakin banyak, usaha sederhana ini rasanya boleh jadi opsi Anda saat ini.

3. DIY  (Do It Yourself)

Do it yourself

Istilah DIY sangat akrab di kalangan penggerak seni dan kreativitas. Memproduksi barang dari kreasi tangan sendiri adalah hal yang mahal. Namun, modalnya cukup terjangkau. Saat ini, usaha sederhana seperti DIY makin diminati. Ada pasar dan permintaan sehingga membuat usaha ini tetap berkibar.

Bagi Anda yang tertarik memulai usaha DIY ini bisa disesuaikan dengan kemampuan serta keahlian Anda. Apabila Anda memiliki keahlian menggambar atau melukis, bisa menjual kaos atau bantal dengan motif unik yang dilukis dari kreasi Anda. Sementara jika Anda gemar memasak, bisa berkreasi menciptakan makanan ringan seperti kue, cupcake hingga dessert yang dihias sedemikian menarik. Modalnya tentu terjangkau dan bisa menghasilkan keuntungan menggirukan apabila dijalani dengan tekun dan serius.

4. Bimbingan Belajar

Bimbingan Belajar

Menjual ‘jasa’ sebagai usaha bisa juga menjadi pilihan di tahun ini. Apalagi jika Anda memiliki modal awal seperti mengajar dan berwawasan luas. Dan Anda bisa menawarkan jasa bimbingan belajar kepada teman-teman, kerabat atau bahkan anak-anak yang membutuhkan bantuan Anda. Keuntungan membuka jasa ini sangat menguntungkan.

Sekali mengajar saja, Anda bisa menerima Rp 150.000 – Rp 200.000 per anak. Bila dalam sehari Anda menerima 3 orang anak maka bisa mengantongi Rp 600.000 sekali mengajar. Diperkirakan keuntungan yang Anda peroleh dalam sebukan bisa mencapai Rp 2.000.000. Siapa tahu jika Anda menekuni usaha sederhana ini suatu saat bisa seperti Hamzah Izzulhaq. Dengan bernaung di CV Hamasa Indonesia, Hamzah suskes meraup untung dari bimbel miliknya hingga memperoleh omzet Rp 360 juta per semester.

5. Online Shopping

usaha yang paling berkembang

Seiring berkembangnya internet maka pembelian barang atau kebutuhan apa pun lebih mudah melalui online. Dan perlahan-lahan usaha online shopping makin merambah. Bukan hanya dipasarkan melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram saja bahkan sudah banyak online shopping yang menjual produk mereka di web. Bisnis ini ternyata menguntungkan karena tidak memerlukan modal besar.

Membuka usaha online shopping hanya diperlukan gadget dan akses internet untuk memasarkan produk Anda. Simpel bukan? Keuntungan dari usaha yang paling berkembang ini bisa mencapai ratusan juta jika ditekuni dengan serius. Lebih Spektakuler! Gadis 12 Tahun Ini Berhasil Raih Omzet 600 Juta dari Online Shop Lho! Jadi, adalah hal mungkin bila Anda memulai usaha online shopping dan menghasilkan keuntungan hingga ratusan juta.

Untuk memudahkan modal usaha Anda, baca juga Mengapa Memilih Kredit Usaha Rakyat? Tertarik untuk 3 usaha sederhana paling berkembang lainnya? Periksa dibawah.

6. Tahu Jeletot Taisi

usaha yang paling berkembang

Pasti Anda pernah mencoba menikmati tahu pedas bukan? Inovasi tahu ini lambat laun semakin digemari oleh masyarakat sebagai cemilan atau lauk untuk makan. Salah satu usaha kuliner tahu pedas yang berhasil ialah Tahu Jeletot Taisi yang dimiliki oleh Bapak Rudi dari Depok. Usaha tahu jeletot pedas yang dipasarkan melalui internet dengan sistem waralaba ternyata membuahkan hasil yang luar biasa. Saat ini pengusaha tahu jeletot tersebut sudah memiliki banyak mitra di sekitar Jabodetabek.

Tahu berisi irisan wortel, kol dan racikan cabai giling pedas nan gurih ini mampu memikat selera masyarakat. Dengan harga per tahu dijual Rp 2.000 tentu semakin membuat masyarakat berbondong-bondong memburunya. Bukan hanya mumpuni merayu selera masyarakat, usaha ini pun dilirik oleh calon mitra yang ingin bekerja sama. Untuk itu, Tahu Jeletot Taisi di waralaba kan oleh pemiliknya. Ini adalah sebuah peluang usaha makanan ringan yang bisa dijalankan oleh mereka yang ingin memiliki usaha sendiri.

Nilai investasi yang harus dikeluarkan oleh calon mitra adalah sebesar Rp 10 juta, dengan modal ini Anda sudah langsung bisa berjualan. Modal awal ini adalah untuk biaya pengadaan unit booth untuk berjualan, kaus seragam untuk pekerja, juga untuk peralatan dan bahan-bahan untuk menjalankan usaha Tahu Jeletot Taisi. Bermitra dengan perusahaan waralaba yang cukup terkenal dan sudah berjalan dengan baik tentunya akan memberikan keuntungan tersendiri karena tidak perlu repot lagi membangun brand dari awal. Minimal dalam sehari calon mitra bisa menjual 400-500 tahu. Apabila satu tahu seharga Rp 2.000, dan sehari meraup untung Rp 1.000.000. Bisa dibayangkan keuntungan dalam sebulan dari usaha yang paling berkembang ini bukan?

7. Pemasaran Online

usaha yang paling berkembang

Ada banyak jenis bisnis online, dan hal ini mulai populer di Indonesia seiring dengan semakin banyaknya pengguna internet yang didukung oleh menjamurnya layanan internet murah. Saat ini bahkan hampir semua gadget dapat dikatakan terhubung dengan internet. Salah satu bisnis online yang sedang berkembang saat ini adalah bisnis penayangan iklan. Modalnya sederhana, yaitu hanya perlu sewa hosting dengan biaya sekitar Rp110.000–1.136.000 per tahun dan sewa domain sekitar Rp75-100 ribu per bulan per domain.

Anda bisa jadi penayang iklan online yang produktif dengan memiliki 5 domain saja. Tugas penayang iklan adalah membuat sebuah situs yang banyak dikunjungi pengunjung sehingga berpotensi menjadi media iklan yang produktif, dan Anda akan dibayar berdasar per iklan yang di klik oleh pengunjung. Program yang paling populer di bisnis ini adalah Google Adsense. Penghasilan yang didapat juga cukup besar (biasanya dalam bentuk dolar US) mulai dari US$100-10.000 per bulan. Beberapa situs komunitas yang populer untuk bisnis ini adalah http://www.kaskus.co.id dan http://www.ads-id.com. Banyak perusahaan Informasi Teknologi baru (start up company) yang lahir dari bisnis yang termasuk usaha yang paling berkembang ini.

8. Kedai Roti Bakar

usaha yang paling berkembang

Makanan ringan seperti roti bakar kini digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Apalagi jika isinya tak melulu seputar cokelat dan keju. Inovasi seputar isi roti bakar menjadi tren saat ini. Perlahan tapi pasti banyak kedai roti bakar yang menjajakan roti bakar berisikan cokelat toblerone, oreo, green tea, marshmellow hingga es krim. Salah satu penjaja roti bakar yang menjadi favorit massa saat ini adalah Kedai Roti Bakar atau biasa disebut Keibar.

Menu yang bervariasi mulai dari Roti Bakar Marshmallow, Ovomaltine, Silverqueen, Toblerone, Nutella, BeMacho, Abon, Abon Mayo, Kornet, Telor, Kornet Keju, Telor Keju, Telor Kornet, dan Telor Kornet Keju dijual sekitar Rp 8.000-Rp 14.000 per porsi. Untuk ice green tea latte, ice chocolate dan minuman lainnya juga dimulai dari harga Rp 5.000 ke atas. Sedangkan untuk menu pelengkap ada aneka menu Pisang Bakar dan indomie. Sang pemilik Keibar, Vabel Primadana Putra menggelontorkan modal awal sebesar Rp 15 juta. Dan omzet dalam sebulan bisa mencapai Rp 4 juta.

Komentar