6 Hal Yang Membuat Kamar Terlihat Sempit

Hal yang membuat kamar terlihat sempitKamar tidur merupakan tempat yang paling sering Anda kunjungi selama di rumah. Ruang kamar yang nyaman tentu akan membuat Anda semakin betah untuk berlama-lama di dalamnya. Namun, jika Anda salah mendekorasi atau mengatur barang-barang di dalam kamar, akibatnya kamar terlihat sempit. Meskipun sebenarnya kamar Anda cukup luas, bila salah menata, tetap saja kamar terlihat sempit.

Anda membutuhkan kreativitas dan imajinasi yang tinggi untuk membuat kamar tidak terlihat sempit. Anda harus memanfaatkan sebaik mungkin area di dalam kamar, termasuk area secara vertikal, agar kamar tidak terlihat sesak. Berikut ini adalah enam kesalahan yang sering dilakukan dalam mendekorasi ruang kamar sehingga terlihat sempit dan tidak nyaman. Inilah enam kesalahan yang membuat kamar terlihat sempit.

1. Berpikir Horizontal, bukan Vertikal

Kebanyakan orang berpikir untuk menempatkan barang disusun secara horizontal. Tidak banyak orang yang berpikir untuk memanfaatkan ruang secara vertikal. Sebagian besar mereka akan meletakkan barang secara horizontal sehingga menghabiskan ruang yang sebenarnya terbatas. Anda bisa memanfaatkan dinding kamar dengan membuat beberapa susunan rak atau sekat untuk menyimpan barang-barang. Dengan demikian, akan banyak tersisa ruang horizontal.

2. Melipat Baju, bukan Menggantungnya

Kesalahan kedua yang membuat kamar terlihat sempit adalah banyaknya tumpukan baju. Baju yang ditumpuk akan lebih memakan tempat dibandingkan baju yang digantung. Anda akan memiliki banyak ruang di dalam lemari apabila baju Anda digantung semua. Selain membuat ruangan lebih lega, baju yang digantung juga tidak akan kusut dibandingkan jika dilipat dan ditumpuk.

3. Kasur Menempel ke Lantai

Jika kasur di kamar Anda merupakan model spring bed yang tidak memiliki empat kaki untuk menyangga, alias kasur langsung menempel ke lantai, berarti Anda menyisakan banyak ruang vertikal di bagian atas tempat tidur. Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan penyangga agar ada ruang di bawah kasur, dan Anda dapat menggunakan area di bawah kasur untuk menyimpan barang.

4. Memasukkan Barang ke dalam Laci

Sering kali Anda memasukkan barang-barang kecil secara acak ke dalam laci. Hal itu memang akan membuat keadaan ruangan menjadi terlihat rapi. Namun, isi di dalam laci jadi berantakan karena Anda meletakkannya sembarangan. Anda bisa membuat sekat-sekat di dalam laci agar barang-barang di dalam laci juga lebih tertata.

5. Menggunakan Warna Gelap

Warna dinding kamar yang gelap dapat membuat ruangan tampak sesak dan sempit. Berikan warna yang cerah dan bercahaya pada kamar sehingga terkesan menjadi lebih luas, dan membuat kamar menjadi lebih terang. Anda juga bisa menggunakan cermin yang dipasang di dinding untuk menambahkan efek ruangan yang lebih luas.

6. Kamar Berantakan

Memiliki barang yang terlalu banyak dan berserakan di dalam ruangan kecil tentunya akan membuat kamar terlihat sempit. Simpanlah barang-barang yang sekiranya tidak akan digunakan dalam waktu dekat, dan singkirkan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

 

Foto: Anto Erawan

Sumber: Rumah.com

Komentar