7 Cara Melunasi Tagihan Kartu Kredit Sebelum Liburan

melunasi tagihan kartu kredit

Liburan merupakan suatu hal yang telah dinanti-nanti setiap orang. Melepaskan diri sejenak dari padatnya jadwal rapat dengan klien dan setumpuk pekerjaan yang membuat penat perlu dilakukan agar tidak stress. Segala kebutuhan mulai dari destinasi tujuan, perlengkapan liburan, hingga uang kas dan kartu kredit tak lupa dipersiapkan ketika berlibur.

Nah, untuk mempermudah transaksi selama liburan biasanya Anda selalu mengikutsertakan kartu kredit dalam dompet Anda. Tujuannya untuk mengantisipasi apabila ada pengeluaran tak terduga. Sayangnya, sering kali Anda lupa bahwa tagihan di kartu kredit masih menumpuk sehingga limit nya jadi terbatas. Sebaiknya jauh-jauh hari sebelum Anda liburan, coba melunasi tagihan kartu kredit tersebut. Agar perjalanan liburan Anda tak terganggu dengan hal kecil seperti ini.

Ada beberapa cara untuk melunasi tagihan kartu kredit sebelum liburan. Coba lakukan ke tujuh hal di bawah ini untuk memuluskan liburan Anda. Niscaya liburan Anda lebih berkesan dan menyenangkan.

Mengumpulkan tagihan setiap bulan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ialah mengumpulkan semua tagihan setiap bulan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pencatatan jumlah tagihan Anda sekaligus menghitung berapa sisa limit kartu kredit yang tersedia. Tagihan yang dikumpulkan lebih baik 4 atau 5 bulan sebelum jadwal liburan Anda. Dengan begitu Anda bisa menyiapkan pembayaran dan melunasi tagihan kartu kredit sebelum berangkat liburan.

Buat perencanaan

Para ahli keuangan umumnya merekomendasikan untuk membuat perencanaan ketika mengatur finansial Anda. Perencanaan ini termasuk saat membayar tagihan kartu kredit. Buatlah rencana yang matang apakah Anda akan membayar tagihan secara penuh setiap bulan atau melunasinya beberapa bulan sebelum berangkat berlibur. Perencanaan itu juga membantu melindungi nilai kredit Anda dan membawa keseimbangan relatif tinggi terhadap batas kredit Anda. Melalui perencanaan matang, Anda bisa mengatasi seandainya harus mengeluarkan dana untuk kebutuhan darurat sebelum berangkat liburan.

Gunakan cicilan ringan

Bank penerbit kartu kredit memiliki fasilitas pembayaran tagihan dengan cara cicilan ringan. Cara kerja cicilan ini memudahkan nasabah untuk membayar tagihan selama 3,6 atau 12 bulan. Bunganya mulai dari 0 % sampai 1,5 % setiap bulan tergantung kebijakan masing-masing bank. Ketika Anda sudah mulai merencanakan liburan, mengambil opsi ini sangat disarankan. Anda akan merasa lebih ringan dalam melunasi tagihan kartu kredit dan tentu saja sangat menguntungkan karena tagihan kartu kredit telah lunas saat dibawa liburan.

Hindari membayar tagihan minimum

Pada saat Anda memiliki dana lebih, misalnya dapat bonus, komisi ataupun THR wajib Anda sisihkan untuk membayar tagihan kartu kredit. Hal ini berlaku apabila tagihan kartu kredit Anda masih menumpuk. Dan Anda berencana untuk membawa kartu kredit ketika liburan. Dengan dana lebih tadi, Anda bisa membayar tagihan kartu kredit melebihi jumlah minimum. Membayar tagihan minimum setiap bulan hanya akan membuat Anda terkatung-katung karena tagihan tak kunjung usai. Apabila sudah begini, rasanya mustahil melunasi tagihan kartu kredit apalagi membawa si kartu untuk berlibur.

Akan tetapi, Anda perlu memerhatikan pula tanggal jatuh tempo dan melunasi jumlah sisa tagihan sebelum tanggal tersebut agar tidak dikenai denda keterlambatan pembayaran. Selain itu, perhatikan juga batas maksimum kredit yang tercantum dalam kartu, jangan sampai konsumsi Anda melebihi batas ini.

Hilangkan ketergantungan pada kartu kredit

Punya kartu kredit membuat Anda jadi konsumtif. Bayangkan, ketika Anda mengincar suatu barang namun sedang tidak punya uang tunai, pastilah Anda akan menggesek kartu kredit tanpa pikir panjang. Padahal barang tersebut bukan termasuk dalam kebutuhan. Ketika Anda sudah punya rencana untuk liburan cobalah hentikan ketergantungan pada kartu kredit. Semakin tergiur untuk belanja sebelum waktu liburan terlaksana, semakin banyak tagihan kartu kredit Anda. Gunakan kartu hanya ketika Anda butuh melakukan pembayaran dalam jumlah besar atau saat dalam perjalanan. Sehingga Anda pun bisa melunasi tagihan kartu kredit dengan lebih cepat.

Mencari dana tambahan

Salah satu langkah yang bisa ditempuh untuk membantu melunasi tagihan kartu kredit adalah dengan mencari dana tambahan. Dana tambahan ini bisa diperoleh dengan mengambil pekerjaan paruh waktu. Usahakan cari pekerjaan sampingan yang tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda. Dan sesuaikan pula dengan kemampuan yang Anda miliki. Misalnya, menjadi guru privat, penulis lepas, kontributor foto dan masih banyak lagi. Anda bisa menjelajahi situs-situs yang menawarkan pekerjaan sampingan untuk mendapat dana tambahan.

Jangan buat jadwal liburan dadakan

Waktu liburan yang telah direncanakan pasti persiapannya sangat matang. Jika Anda hendak melunasi tagihan kartu kredit sebaiknya jangan membuat jadwal liburan secara mendadak. Minimal jadwal liburan telah disiapkan 6 bulan sebelumnya. Selain Anda bisa memperoleh harga tiket pesawat atau kereta serta akomodasi yang jauh lebih murah, Anda pun masih punya waktu banyak untuk melunasi tagihan kartu kredit.

Sudah saatnya Anda segera melunasi tagihan kartu kredit. Jangan pernah menunda-nunda. Pastikan selalu membayar sebelum jatuh tempo untuk menghindari biaya penalti. Dengan begitu liburan Anda lebih nyaman dan tenang setelah melunasi tagihan kartu kredit. Semakin cepat Anda menyelesaikannya, semakin terbebas dari utang dan beban yang mengikat.

Kendalikan tagihan kartu kredit Anda melalui 6 Tips Mudah Mengontrol Pemakaian Kartu Kredit

 

Komentar