7 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Jika Anda penasaran bagaimana caranya menjadi jutawan, jawabannya sederhana saja: mayoritas dari para jutawan tersebut merupakan orang-orang yang mandiri. Bukan berarti bekerja di sebuah perusahaan besar tidak dapat membuat Anda menjadi jutawan, tetapi tips berikut ini dapat menjadi cara singkat untuk menjadi jutawan di usia muda. Jika hanya bergantung dari penghasilan yang didapat bekerja di sebuah perusahaan, Anda mungkin baru menjadi jutawan setelah memasuki usia 40 tahun. Karena itu, berikut kami berikan penjelasan mengenai cara-cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan memanfaatkan hal-hal kecil yang menggunakan keahlian Anda.

1. Jasa Penyewaan

penghasilan tambahan rental

Penyewaan atau rental merupakan hal termudah untuk mendatangkan penghasilan tambahan. Anda hanya perlu memanfaatkan aset yang Anda miliki tanpa harus menjualnya, contohnya rumah, apartemen, kendaraan, bahkan barang pecah-belah. Jika rutin dilakukan, uang akan datang dengan sendirinya kepada Anda tiap bulan. Anda memiliki asetnya, Anda memperoleh keuntungannya.

 

 

  2Penjualan Software

penghasilan tambahan

Software atau perangkat lunak menghasilkan uang hanya dengan memasarkannya secara online melalui internet. Perangkat ini dapat berbentuk apa saja, mulai dari yang berhubungan dengan finansial hingga aplikasi ponsel. Keuntungan utama dari perangkat lunak ini adalah sifatnya yang tersebar luas secara otomatis dan promosinya yang tanpa usaha begitu diunggah ke internet. Siapa pun yang terhubung dengan internet ini dapat melihat produk Anda. Jika Anda memiliki keterampilan membuat perangkat lunak, jenis bisnis ini tentunya sangat sesuai untuk Anda, terlebih dengan fakta bahwa Anda tidak perlu membayar karyawan untuk menciptakan produk. Banyak jutawan yang lahir berkat internet karena biayanya yang murah dan skalanya yang luas.

3. Jasa Les Privat

penghasilan tambahan les privat

Jika Anda senang berbicara kepada sekelompok orang dan membagikan ilmu pengetahuan yang Anda miliki, mungkin Anda dapat menjadi seorang pengajar paruh waktu untuk menyalurkan kesenangan tersebut. Sekolah komunitas maupun lembaga pendidikan non-formal terkadang menghadirkan pembicara ahli untuk berbagi pengalaman. Anda juga dapat menjadi guru privat bagi murid-murid sekolah dasar (atau di tingkat yang lebih tinggi) dan hanya mengajar pada akhir pekan sehingga tidak mengganggu jadwal kerja Anda. Tak hanya kemampuan akademis, kemahiran dalam olahraga atau musik juga dapat menjadi bekal untuk mendaftar menjadi guru olahraga atau guru musik paruh waktu.

4. Jasa Penulisan

penulis

Hampir semua aspek pekerjaan terkait dengan dunia tulis-menulis. Karena itu, jika memiliki keahlian dalam menulis maupun menyunting, Anda dapat mencoba untuk bekerja paruh waktu sebagai penulis di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa penulisan untuk konten situs, bahan promosi, hingga deskripsi produk. Beberapa orang bahkan ada yang sukses hanya dengan menjadi penulis paruh waktu. Jika Anda hobi jalan-jalan, tak ada salahnya untuk mengirimkan karya tulisan Anda ketika mengunjungi suatu tempat ke majalah traveling. Jika beruntung, mungkin tak hanya tulisan Anda yang dibayar, tetapi juga foto-foto Anda sebagai penghasilan tambahan.

5. Desain Web

web desain

Mengingat hampir semua jenis bisnis saat ini membutuhkan keberadaan website sebagai salah satu cara promosi, maka seseorang dengan kemampuan untuk mendesain website banyak dicari oleh para pebisnis ini. Kelebihannya, Anda bahkan tidak perlu keluar rumah untuk menggeluti pekerjaan paruh waktu ini.

6. Konsultan IT

konsultan IT

Apakah Anda orang yang paling sering diminta bantuan untuk mengurusi masalah internet, email, hingga kerusakan komputer di rumah maupun di kantor? Jika ya, mungkin Anda dapat menerima bayaran atas kemampuan tersebut dengan menjadi seorang konsultan IT profesional.

 

7. Fotografi

fotografi

Saat ini ilmu fotografi dapat diperoleh dari mana saja, tak harus dari bangku universitas. Karena itu, jika Anda memiliki kemampuan fotografi yang cukup mumpuni, cobalah tawarkan jasa fotografi Anda kepada teman-teman maupun keluarga, misalnya untuk acara pre-wedding, resepsi pernikahan, atau pemotretan buku tahunan. Mulailah dari proyek yang kecil terlebih dulu sambil mengumpulkan portofolio. Jika merasa sudah mahir, Anda dapat melangkah untuk mengerjakan proyek foto yang lebih besar. Selain itu, karya-karya yang Anda hasilkan di luar acara-acara di atas juga dapat menghasilkan uang, yakni dengan cara dijual ke majalah atau media cetak atau digital lainnya.

Komentar