7 Tips Agar Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC

Tips membuat rumah terasa sejuk tanpa AcRumah adalah tempat berteduh sekaligus menjadi tempat santai di saat lelah seharian bekerja. Namun, apa yang terjadi jika rumah terasa sumpek dan panas? Tentu itu sangat mengganggu Anda. Bahkan, bisa membuat Anda tidak betah di rumah. Pasti Anda akan memasang penyejuk ruangan, tapi itu akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak. Anda tidak perlu khawatir atau cemas. Ada beberapa tips agar rumah terasa sejuk tanpa AC.

1. Meninggikan langit-langit

Hal pertama yang dapat Anda lakukan agar rumah terasa sejuk tanpa AC adalah membuat langit-langit yang tinggi. Semakin banyak ruang kosong yang ada di antara atap dan lantai, semakin banyak pula udara yang dapat berputar. Hal ini akan membuat ruangan terasa lebih segar dan sejuk. Anda juga dapat menggunakan lapisan aluminium foil yang dipasang di bawah genting agar panas matahari berkurang kekuatannya ketika masuk ke dalam rumah.

2. Membuat lapisan dinding tanaman

Jika ingin rumah terasa sejuk tanpa AC dan tidak panas, maka cobalah membuat lapisan pada tembok menggunakan tanaman. Hal ini berguna untuk menyerap panas sinar matahari sebelum masuk ke dalam ruangan rumah. Cobalah menanam tanaman jalar pada bagian samping rumah dan sediakan media rambat agar tanaman rambat dapat menyelimuti tembok dengan daun dan batangnya. Tanaman juga digantung di dalam pot yang diletakkan berjajar di samping rumah dan usahakan menghadap arah barat dan timur. Solusi ini dapat memberikan rasa nyaman dan sejuk bagi penghuni rumah.

3. Ventilasi silang

Pemasangan dua buah jendela yang saling berhadapan dapat memudahkan sirkulasi udara yang masuk dan keluar ruangan. Udara yang masuk dari satu jendela akan langsung dialirkan keluar oleh jendela yang ada di hadapannya, begitu pun sebaliknya. Kalau sudah begini, tanpa menggunakan AC pun ruangan tetap terasa nyaman dan sejuk.

4. Kurangi cahaya yang masuk pada siang hari

Saat siang hari, matahari sangat terik sehingga banyak cahaya yang masuk. Cahaya matahari siang ini menjadi salah satu hal yang memengaruhi suhu ruangan. Salah satu solusi untuk mengurangi sinar matahari yang masuk ke ruangan adalah melengkapi jendela dengan gorden. Gorden ini berfungsi untuk mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke dalam ruangan rumah sehingga dapat meminimalisasi suhu ruangan.

5. Pemilihan material atap

Saat membangun atap rumah, pilihlah material atap yang mampu mencegah penyerapan panas, dan genting adalah pilihan yang tepat. Jangan memilih asbes, seng, dan metal karena justru membuat rumah semakin panas. Jika biaya Anda pas-pasan, Anda tidak perlu membeli genting yang terbuat dari keramik, cukup membeli genting yang standar saja untuk membuat rumah menjadi nyaman dan sejuk.

6. Jarak plafon dengan lantai

Jarak antara plafon dengan lantai perlu diperhatikan, idealnya adalah 2,75 hingga 4 meter. Hal ini dilakukan agar membantu mengurangi efek panas yang terpantul dari atap rumah dan juga memberikan ruang yang cukup untuk perputaran dan pertukaran udara. Pemasangan dan tata letak jendela disarankan di tiap sisi selatan dan utara. Pilih jendela yang berukuran besar agar sirkulasi udara lebih lancar.

7. Penambahan taman atau kolam di dalam rumah

Tips terakhir untuk membuat rumah terasa sejuk tanpa AC adalah membuat taman atau kolam di dalam rumah. Kedua hal tersebut dapat membantu untuk menurunkan suhu di dalam ruangan. Usahakan tetap ada sinar matahari yang masuk ke dalam, salah satu caranya dengan memberi bukaan yang cukup di bagian atap. Jadi, tetap terjadi pertukaran udara yang baik dari dalam ke luar dan sebaliknya.

Sumber: Rumah.com

Komentar