7 Tips Menghemat Uang Bagi Wanita

Tips menghemat uang bagi wanitaTak peduli apakah Anda seorang ibu rumah tangga, wanita karir, atau baru lulus kuliah, mengatur keuangan Anda sebaik mungkin akan berdampak sangat baik dalam jangka panjang. Namun, jika Anda lebih banyak menghambur-hamburkan uang hanya untuk bersenang-senang atau memenuhi kebutuhan gaya hidup, niscaya masa depan Anda akan sulit secara finansial. Tak ada yang salah apabila Anda para wanita modern menginginkan untuk membeli sepatu atau baju baru setiap bulannya. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah kondisi finansial Anda pada saat itu. Untuk membantu Anda menghemat pengeluaran, berikut ini kami berikan tujuh tips menghemat uang bagi wanita.

1. Cek dan Ricek Harga

Tips menghemat uang bagi wanita yang pertama adalah dalam hal berbelanja. Hal pertama yang sering menggoda para wanita adalah apabila ada diskon di pusat perbelanjaan. Sebelum menghabiskan uang Anda pada barang diskonan, cek dulu harga sebenarnya barang tersebut. Anda bisa memeriksanya secara online untuk mengecek apakah benar harga barang tersebut sudah didiskon atau belum. Jika ternyata itu diskon palsu, hindari untuk masuk lebih dalam ke toko itu.

2. Memotong Pengeluaran Tak Penting

Tips menghemat uang bagi wanita yang kedua adalah dengan memotong pengeluaran. Memotong pengeluaran di sini bukan berarti Anda harus memangkas uang yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan penting, melainkan untuk kebutuhan-kebutuhan yang kurang begitu penting. Misalnya, usahakan tidak sering-sering minum kopi di kedai kopi yang mahal-mahal. Atau, Anda tidak harus selalu makan malam di mal atau tempat yang mahal setiap akhir pekan.

Selain itu, kalau bisa jangan terlalu sering mengunjungi minimarket atau swalayan. Sebab, Anda bisa saja tertarik untuk memasukkan barang-barang kecil yang tidak begitu dibutuhkan ke keranjang belanja. Pengeluaran untuk barang-barang kecil seperti itu memang tidak terlihat, tapi jika dijumlahkan keseluruhannya, Anda bisa menghemat uang dalam jumlah yang cukup banyak.

3. Kontrol Utang Kartu Kredit Anda

Jika jumlah utang atau cicilan kartu kredit Anda semakin menumpuk, sudah saatnya untuk mengontrol itu semua. Anda harus menetapkan bujet untuk biaya hidup selama sebulan ke depan, lalu uang sisanya digunakan untuk membayar utang kartu kredit. Anda harus melakukan perencanaan keuangan tersebut hingga utang kartu kredit Anda benar-benar lunas. Sementara itu, jangan gunakan lagi kartu kredit Anda untuk berbelanja.

4. Tumbuhkan Kebiasaan Menabung

Kebiasaan menabung tak hanya dilakukan untuk jangka waktu singkat, tapi juga untuk jangka panjang. Ketika Anda sudah tidak bekerja lagi dan memasuki masa pensiun, apa yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan bulanan? Sambil memikirkan hal tersebut, sebaiknya Anda sudah mulai menabung dari sekarang untuk masa depan dan hari tua Anda.

5. Gunakan Ponsel Pintar Anda

Ponsel pintar memang sangat efektif untuk bersosialisasi, tapi Anda dapat memanfaatkan “kepintaran” ponsel tersebut untuk menghemat uang atau justru memperoleh uang. Melalui berbagai aplikasi atau sosial media yang Anda miliki, Anda bisa memperoleh banyak potongan harga atau gratisan di berbagai macam toko atau restoran terkenal. Cobalah untuk lebih aktif dan efektif dalam menggunakan ponsel pintar Anda.

6. Kurangi Belanja Pakaian

Pakaian merupakan barang wajib yang sering sekali dibeli oleh wanita. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli baju baru, cek dulu ke lemari Anda apakah masih banyak baju yang layak pakai. Jika baju Anda masih banyak yang layak pakai, sebaiknya Anda menahan diri untuk membeli baju baru. Atau, Anda bisa melakukan mix and match baju-baju lama agar terlihat lebih menarik. Anda juga bisa menambahkan aksesori baju agar terlihat seperti baju baru. Jika memang ingin membeli baju, cobalah untuk berburu baju-baju bekas di bazaar-bazaar. Tak perlu malu untuk membeli baju bekas. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan baju bekas yang tampak seperti baru, tapi dengan harga lebih murah.

7. Jual Barang-Barang Lama

Selain menghemat pengeluaran, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan uang tambahan. Keluarkanlah pakaian lama Anda atau yang tak terpakai serta barang-barang lain yang masih berfungsi. Anda bisa menjual pakaian dan barang-barang tersebut secara online atau melalui bazaar-bazaar. Anda tak perlu mengambil untung yang banyak, yang penting ada uang yang diterima atau balik modal untuk biaya sewa stan di bazaar. Selain mendapatkan uang, kamar Anda pun jadi lebih lapang dan rapi.

Setelah membaca tujuh tips menghemat uang bagi wanita di atas, semoga Anda dapat mengatur kondisi keuangan menjadi lebih baik lagi. Terutama bagi Anda ibu rumah tangga, sebab dengan menghemat uang maka pendapatan dari suami Anda dapat disalurkan untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Karakter wanita dan pria sangat berbeda, begitu juga dalam mengelola uang. Inilah perbedaan cara mengelola uang antara pria dan wanita

Komentar