8 Jenis Modifikasi Yang Dapat Meningkatkan Harga Mobil

Penurunan harga pada sebuah mobil adalah hal yang tidak dapat dihindari. Kecuali mobil Anda adalah mobil antik yang harganya justru semakin mahal, mobil biasa pada umumnya akan mengalami penurunan harga setiap tahun seiring pemakaian yang semakin rutin. Bahkan, mobil mewah pun pasti mengalami penurunan harga mobil.

Akan tetapi, selain ada penurunan harga mobil, Anda juga dapat meningkatkan harga jual mobil Anda, bahkan bisa melebihi harga pada saat Anda membelinya pertama kali. Salah satu cara untuk meningkatkan harga mobil adalah dengan modifikasi mobil. Namun, jangan sampai salah memodifikasi, sebab bila terjadi demikian harga mobil Anda malah turun, bukan naik. Berikut ini adalah beberapa jenis modifikasi mobil yang dapat meningkatkan harga mobil Anda.

1. Pelek Alloy

Modifikasi yang meningkatkan harga mobilMobil kelas menengah hingga mobil low cost green car (LCGC) umumnya menggunakan pelek besi yang cukup berat dan tampilan tidak menarik. Untuk meningkatkan nilai jual serta menghemat pengeluaran, gantilah pelek besi tersebut dengan pelek alloy. Selain lebih ringan, pelek alloy juga tahan lama dan dapat memperpanjang umur rem. Karena itu, Anda jadi lebih hemat pengeluaran untuk mengganti rem.

 

2. Jok Kulit

Modifikasi yang meningkatkan harga mobilJok berlapis kulit tak dimungkiri lagi menambah elegan mobil Anda, apalagi jika dashboard dan interior lainnya juga dilapisi kulit. Dengan demikian, harga jual kembali mobil Anda pun akan meningkat. Selain menambah sisi elegan mobil, jok kulit juga lebih mudah dibersihkan dan tidak menyimpan debu.

 

 

3. Kaca Film

Modifikasi yang meningkatkan harga mobilTidak semua mobil keluaran pabrik sudah dilengkapi kaca film. Untuk mobil menengah ke bawah biasanya tidak dilengkapi dengan kaca film sehingga dari luar terlihat jelas ke dalam mobil dan mobil terasa lebih panas. Untuk meningkatkan harga jual mobil, lengkapi mobil Anda dengan kaca film. Selain untuk meningkatkan harga jual mobil, kaca film juga akan mengurangi sinar matahari yang masuk ke dalam mobil sehingga area di dalam mobil tidak terlalu panas. Penggunaan kaca film juga akan meningkatkan keamanan pengguna mobil dari pencuri.

4. Kamera Belakang

Modifikasi yang meningkatkan harga mobilPemasangan kamera belakang tidak hanya meningkatkan harga jual mobil Anda, tapi juga untuk mencegah Anda menabrak benda atau anak kecil ketika sedang memarkir mundur kendaraan Anda. Kamera belakang akan sangat berguna bagi pengemudi yang baru belajar mengendarai mobil.

 

 

5. GPS

Modifikasi yang meningkatkan harga mobilMenurut penelitian bahwa perempuan lebih sulit menentukan arah dan letak geografi dibandingkan pria. Karena itulah banyak perempuan pengemudi yang sulit membaca peta dan tersasar di jalan. Selain untuk menambahkan nilai jual mobil, GPS juga akan sangat membantu mengarahkan pengemudi ke tujuan yang diinginkan.

 

 

6. Modifikasi bodi mobil

Modifikasi yang meningkatkan harga mobilMemasang bumper tambahan di depan atau di belakang, serta mengganti knalpot dan lampu kabut juga akan menambah nilai mobil Anda. Selain itu, tampilan mobil pun jadi lebih menarik. Namun ingat, jangan sampai menambahkan aksesori yang tidak tepat, misalnya saja mobil sedan ditambahkan bumper besi seperti pada mobil jeep.

 

 

7. Modifikasi interior

Modifikasi yang meningkatkan harga mobilModifikasi interior mobil juga sangat berpengaruh terhadap nilai jual mobil Anda. Tak dimungkiri, modifikasi interior membutuhkan biaya yang cukup besar, karena itu tak heran bila harga mobil juga ikut naik. Beberapa jenis modifikasi interior mobil yang banyak dilakukan adalah mengganti sound system dengan produk terbaik sehingga menghasilkan suara yang sangat bagus. Anda juga bisa menambahkan televisi kecil di setiap sandaran kepala kursi depan.

 

8. Mengganti cat

Modifikasi yang meningkatkan harga mobilMengganti cat mobil merupakan opsi terakhir untuk meningkatkan harga jual mobil Anda. Jenis cat yang cukup bagus dan menarik perhatian adalah cat metalik. Namun, jangan sampai memilih warna yang tidak sesuai atau norak. Anda juga bisa menambahkan aksesori pemakaian stiker di bodi luar mobil agar tampilan mobil lebih menarik.

 

 

Ingin mengambil kredit mobil? Hindarilah beban kredit mobil dengan mematangkan perhitungan

Komentar