Ada Lho Diskon Asuransi Mobil!

diskon asuransi mobil

Persaingan yang semakin ketat membuat perusahaan asuransi berlomba-lomba memberikan penawaran diskon.

Dalam artikel kami cara pangkas asuransi mobil, dijelaskan cara-cara mengurangi premi asuransi mobil, salah satunya dengan meminta diskon pada agen perusahaan asuransi Anda. Betul, diskon tidak hanya ada di pusat perbelanjaan, melainkan ada pula dalam dunia asuransi. Persaingan yang semakin ketat membuat perusahaan asuransi berlomba-lomba memberikan penawaran diskon.

Umumnya, diskon ini ditawarkan oleh para agen dari perusahaan asuransi yang bersangkutan dan tidak ditampilkan jelas baik dalam iklan atau pada situs perusahaan. Oleh karena itu, Anda perlu sering mengecek ada atau tidaknya diskon terbaru melalui agen Anda. Besar potongan harga ini biasanya sekitar 10% jika Anda langsung menghubungi perusahaan melalui direct sales, dan sekitar 15% melalui agen asuransi. Besar maksimalnya sekitar 25% pada sebagian besar perusahaan, dengan syarat tidak ada klausul atau perluasan jaminan yang dikurangi dari perjanjian polis Anda.

Ada beragam jenis diskon yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Beberapa di antaranya adalah:

a.    Diskon Pasangan

Diskon ini adalah yang paling dikenal di antara jenis diskon lainnya. Dasar pemikirannya tentu saja adalah karena umumnya pasangan di Indonesia, terutama pasangan muda, mengemudikan kendaraan yang sama. Di samping itu, pasangan menikah berisiko lebih rendah dibandingkan dengan muda-mudi single yang masih bebas berpetualang.

b.    Diskon Pekerjaan

Sesuai dengan namanya, diskon ini diberikan kepada pelanggan yang mempunyai pekerjaan tertentu, seperti pekerjaan yang berhubungan dengan keamanan (polisi, militer, dan lain-lain), pekerjaan yang berhubungan dengan keselamatan nyawa orang lain (dokter, pemadam kebakaran), atau pekerjaan jasa berisiko rendah seperti pengajar atau peneliti. Jika kebetulan Anda bekerja di rumah sebagai wiraswastawan, Anda masih bisa menanyakan apakah ada diskon untuk Anda, terlebih jika Anda jarang menggunakan kendaraan untuk keperluan pekerjaan.

c.    Diskon “Siapa Cepat Dia Dapat”

Potongan harga ini berlaku saat pembaruan atau perpanjangan polis. Beberapa perusahaan asuransi seperti contohnya Garda Oto, menawarkan diskon hingga 10% jika nasabah beralih dari perusahaan lain ke perusahaan mereka. Untuk mendapat keuntungan ini, Anda harus mulai melakukan riset tentang perusahaan asuransi lain setidaknya dua minggu sebelum tanggal jatuh tempo polis Anda. Kemungkinan besar, karena persaingan yang makin ketat, Anda juga bisa mendapatkan diskon dengan tetap setia pada perusahaan asuransi Anda saat ini. Tanyakan hal ini pada agen Anda.

d.    Diskon Kartu

Diskon jenis ini merupakan diskon khusus yang hanya bisa didapatkan dengan mendaftar serta menggunakan kartu yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan bank tertentu. Contoh kartu ini adalah Autocillin Card, yang dapat berfungsi sebagai kartu debit misalnya untuk transfer uang dan tarik tunai; dan juga sebagai kartu kredit untuk mencicil pembayaran premi asuransi Adira Autocillin hingga enam bulan tanpa bunga. Jika Anda menggunakan kartu ini sebagai alat pembayaran, Anda juga akan mendapat poin reward yang bisa digunakan untuk membayar premi asuransi Anda. Kelebihan lain kartu ini adalah program petrol cash back sebesar 10% yang dapat Anda gunakan untuk membeli bahan bakar di SPBU mana pun, dengan ketentuan yang berlaku.

e.    Diskon Tanpa Claim

Disebut juga No Claim Bonus, yaitu potongan harga yang didapat dengan tidak mengajukan klaim selama waktu tertentu. Penjelasan lebih lanjut dapat dilihat dalam artikel kami di sini.

Selain potongan-potongan di atas, diskon lain yang dapat Anda manfaatkan adalah sebagai berikut:

  • Diskon low mileage, jika Anda dapat menunjukkan bukti jarak tempuh kendaraan Anda dalam kurun waktu tertentu.
  • Diskon polis ganda, yaitu jika Anda mengasuransikan rumah dan kendaraan Anda pada perusahaan yang sama.
  • Diskon clean record, yang mengacu pada sejarah mengemudi Anda. Jika Anda tidak pernah mengalami kecelakaan sebelumnya dan selalu mengemudi dengan berhati-hati, Anda dapat meminta diskon pada perusahaan asuransi Anda.
  • Diskon untuk lebih dari satu kendaraan, jika Anda mengasuransikan kendaraan Anda yang berjumlah lebih dari satu pada perusahaan yang sama.

Inti dari artikel ini terletak pada kemampuan Anda sebagai nasabah untuk berlaku proaktif dalam bertanya perihal diskon di atas, karena hal ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 74 tahun 2007.

Untuk melihat lebih lanjut harga premi asuransi mobil yang akan Anda bayarkan serta mengetahui pihak asuransi mobil terpercaya, temukan di AturDuit.com

Komentar