3 Hal Yang Harus Diketahui Agar Tidak Menjadi Korban Travel Umroh Bodong

3 Hal Yang Harus Diketahui Agar Tidak Menjadi Korban Travel Umroh Bodong

Terbatasnya kuota haji tiap tahun menjadikan ibadah umrah sebagai pilihan bagi umat Islam yang ingin segera berkunjung ke Tanah Suci. Sayangnya, keinginan ibadah ini seringkali dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan.

Tentunya kasus First travel menjadi pelajaran berharga bagi umat Islam tanah air yang ingin menjalankan ibadah umrah agar lebih berhati-hati.

Dalam rangka mencegah terjadinya penipuan dengan kedok perjalanan umrah, Ketua Himpunan Penyelenggara Haji dan Umrah (Himpuh) Baluki Ahmad menjelaskan beberapa hal yang harus diketahui sbeelum calon Jemaah memilih agen perjalanan umrah.

Pertama, pilih PPIU yang memiliki izin resmi dari Kementerian Agama. Hal ini menjadi filter pertama bagi para calon jamaah dalam memilih agen perjalanannya.

Kedua, para calon jemaah harus memahami terlebih dahulu bahwa menunggu perjalanan umrah tidaklah selama menunggu perjalanan ibadah haji. Dari pendaftaran hingga keberangkatan, calon Jemaah hanya perlu menunggu paling lama enam bulan. Jika ada calon Jemaah yang menunggu lebih dari enam bulan, maka dikhawatirkan uang yang telah diberikan pada agen travel dipergunakan untuk hal lain.

Kemudian poin ketiga yang harus diperhatikan adalah harga. Kementerian Agama dan asosiasi telah menetapkan bahwa harga referensi yang menjadi acuan adalah Rp 20 juta per orang.

Jika ada PPIU yang menawarkan harga lebih murah, maka calon Jemaah haruslah curiga dan memastikan bahwa setiap standar pelayanan minimal telah dipenuhi sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 8 Tahun 2018 mengenai Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah.

“Jangan tergiur dengan program-program yang menjanjikan insentif sebagai agen,” jelas Baluki.

Zakaria mengajak masyarakat untuk aktif dalam mengawasi kegiatan PPIU. Ia juga berharap tidak ada lagi calon Jemaah yang menjadi korban penipuan berkedok perjalanan umrah.

 

[Source]

Komentar