Alasan-Alasan Yang Membuat Asuransi Kebakaran Sangat Penting

Alasan yang membuat asuransi kebakaran sangat pentingApi merupakan hal yang dapat muncul di mana saja dan kapan saja. Kemunculan api bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari hubungan arus pendek, tabung gas meledak, sambaran petir, atau lilin yang lupa dimatikan. Api yang muncul tanpa disengaja tersebut tentu merupakan musuh manusia karena tidak dapat dikendalikan. Hal yang sering sekali terjadi adalah rumah kebakaran akibat hubungan arus pendek atau kebocoran tabung gas. Mungkin saja penyebab kebakaran tidak terjadi di rumah Anda, tapi api yang merembet dari rumah tetangga tentu saja mengancam rumah Anda juga. Jika hal itu yang terjadi, memiliki asuransi kebakaran tentunya akan sangat berguna untuk mengganti kerugian finansial yang dialami.

Contoh kasus asuransi kebakaran yang sering terjadi biasanya di permukiman padat penduduk. Bahaya kebakaran bisa terjadi kapan saja, apalagi jika sistem perlistrikan di sekitar rumah sangat berantakan. Dengan memiliki asuransi, Anda tak perlu khawatir lagi jika terjadi kebakaran. Anda tak perlu khawatir mengeluarkan uang banyak untuk membangun kembali rumah Anda. Hal inilah yang tidak banyak dipikirkan oleh banyak orang. Padahal, biaya membangun rumah kembali hampir sama besarnya seperti membeli rumah baru. Belum lagi untuk membeli barang-barang perlengkapan rumah. Dengan asuransi, semua hal tersebut akan mendapatkan penggantian. Jika hal tersebut tidak terlalu meyakinkan Anda, berikut ini adalah alasan lain yang membuat asuransi kebakaran sangat penting bagi Anda.

Detektor Asap Tidaklah Cukup

Mungkin saja Anda berpikir bahwa rumah mewah dan canggih Anda, seperti rumah Smart Home, sudah dilengkapi dengan detektor asap yang akan memberi tahu Anda jika ada asap atau gas di rumah Anda sehingga Anda memiliki waktu untuk memadamkan api atau menelepon pemadam kebakaran. Namun, dalam keadaan tertentu, api dapat menyebar dengan cepat sehingga Anda tidak sempat memadamkan maupun menyelamatkan barang-barang berharga. Jangan pernah berpikir bahwa detektor asap dapat mencegah maupun menyelamatkan rumah Anda dari kebakaran.

Menghindari Dari Kebangkrutan

Contoh kasus asuransi kebakaran yang lain adalah menyebabkan kebangkrutan. Rumah merupakan salah satu aset berharga Anda yang dibeli dengan susah payah. Jika Anda tidak mengasuransikannya, dan kebetulan pada saat terjadi kebakaran Anda tidak memiliki cukup banyak tabungan, bisa saja Anda berutang ke bank atau orang lain hanya untuk memperbaiki rumah Anda. Ujung-ujungnya, Anda jadi memiliki banyak utang, dan membutuhkan waktu cukup lama untuk melunasinya. Anda telah bekerja keras mengumpulkan uang untuk membeli rumah, lalu mengapa mengambil risiko untuk membiarkannya tanpa perlindungan?

Kejatuhan Pesawat Terbang

Walaupun kecil sekali kemungkinannya bahwa rumah Anda kejatuhan pesawat terbang, tapi bukan tak mungkin hal itu terjadi. Asuransi kebakaran tak hanya melindungi rumah Anda dari kejatuhan pesawat terbang komersial, tapi juga dari pesawat terbang non komersial, seperti pesawat militer, helikopter, dan pesawat latih. Contoh kasus asuransi kebakaran ini memang langka terjadi, tapi jika terjadi tentu akan menimbulkan kerugian yang besar.

Mengganti Barang-Barang

Tak hanya mengganti biaya kerusakan atas bangunan Anda yang mengalami kebakaran, asuransi ini juga akan mengganti biaya kerusakan atas barang-barang yang terkena kebakaran. Syaratnya, kebakaran itu tidak terjadi karena kelalaian Anda sendiri.

Tempat Tinggal Sementara

Contoh kasus asuransi kebakaran yang lain adalah dapat memberikan tempat tinggal sementara bagi Anda yang rumahnya kebakaran hingga benar-benar habis. Memang alternatif utama sebagai tempat tinggal sementara adalah menumpang ke rumah saudara. Namun, bagaimana jika ternyata rumah saudara Anda sangat jauh dari tempat kerja atau sekolah anak Anda? Tentu akan lebih baik jika Anda mendapatkan tempat tinggal sementara dari perusahaan asuransi. Berita baiknya adalah tempat tinggal sementara itu diberikan gratis.

Bingung membedakan asuransi kebakaran dengan asuransi properti? Inilah perbedaan asuransi kebakaran dengan asuransi properti

Komentar