9 Alasan Mengapa Kartu Kredit Indonesia Tidak Baik Untuk Anda

Kartu kredit sangat tidak baik menguntungkan hidup Anda, di mana Anda harus membayar cicilannya tiap bulan, dan lama kelamaan Anda bisa terlilit utang tersebut. Kartu kredit bisa diartikan sebagai pengganti uang tunai saja. Tanpa kartu kredit pun Anda tetap bisa membeli barang-barang yang Anda inginkan. Berikut beberapa alasan, bahwa Anda salah telah memiliki kartu kredit dan mengapa kartu kredit tidak baik untuk Anda.

1. Ribet

Semakin tebal dompet semakin mudah dibawa kemana-mana kan?

Kartu Kredit atau tunai

Lebih mudah mana? Membawa uang segepok atau membawa satu kartu kredit saja? Bingung saat membawa uang tunai terlalu banyak, takut akan kriminalitas yang mengintai Anda? Lebih baik menggunakan kartu kredit, sehingga Anda pun aman dan praktis, tidak selalu dipusingkan dengan uang tunai yang jumlahnya besar.

2. Belanja online menjadi sulit

Mengapa tidak membayar tunai saja untuk transaksi online?

bayar tunai online

Zaman sekarang, siapa yang tidak kenal dengan toko-toko online, banyak yang bisa dibeli melalui online shopping, dengan adanya kartu kredit, Anda dipermudah dalam membayar tagihannya. Antre untuk bayar tagihan online di teller Bank atau melalui kartu kredit di rumah Anda?

Selain menjadi sarana utama dalam transaksi online, kartu kredit juga menjamin keamanan transaksi Anda dengan berbagai sistem konfirmasi dan sekuriti.

3. Hanya bisa menggunakan limit awal

Jadi Anda takut kartu kredit yang dibawa tidak memiliki kredit yang cukup?

Kredit Limit

Tahukah Anda, kalau track record selama penggunaan kartu kredit baik, seperti; tidak ada tunggakan, Anda bisa mendapatkan cicilan 0% dan jika Anda ingin menaikkan limit kartu kredit Anda, kemungkinan besar akan di approve karena sejarah pembayaran Anda baik.

Selain itu kartu kredit juga berfungsi untuk meningkatkan status sejarah kredit Anda di BI. Jika Anda ingin mengambil kredit mobil atau KTA dari bank manapun, dan Anda tidak memiliki catatan kredit dari kartu kredit, bank akan sangat ragu dengan ketepatan dan kemampuan Anda membayar cicilan. Sehingga kemungkinan besar, bank tidak menyetujui kredit pinjaman Anda. Oleh sebab itu, bank akan lebih memilih peminjam dengan kartu kredit dibandingkan peminjam tanpa kartu kredit.

4. Bepergian ke luar negeri jadi susah

Jadi tujuan perjalanan Anda ke sejumlah negara asing, dan mengapa tidak membawa semua mata uang masing-masing saja?

Travel cash

Yang manakah pilihan Anda? Dompet tebal karena banyaknya ragam mata uang tunai atau hanya menggunakan satu kartu kredit untuk dipakai di luar negeri? Jika bepergian ke luar negeri dari satu negara ke negara lainnya, kemungkinan besar mata uang yang digunakan akan berbeda-beda, untuk itulah, kartu kredit sangat berguna di dalam perjalanan Anda, jika mengalami kehilangan pun bisa langsung menelepon pihak bank kartu kredit tersebut. Sehingga lebih aman dan tidak repot membawa uang tunai terlalu banyak. Anda juga dapat asuransi perjalanan serta asuransi lainnya dari kartu kredit yang Anda miliki.

5. Pusing akan uang kembalian

Mungkin permen untuk kembalian Anda?

Uang Kembalian

Kesal dengan uang kembalian yang biasanya hanya dikembalikan dengan kata ‘maaf’ atau dengan sejumlah permen? Itulah keuntungan menggunakan uang tunai saat berbelanja! Jika tidak ada uang kembalian yang sesuai, kembalian Anda pasti diganti dengan hal tersebut. Berbeda dengan kartu kredit, Anda tidak perlu lagi menerima uang pengganti kembalian seperti itu, bahkan dengan kembalian-kembalian yang mungkin hanya dengan jumlah kecil, Anda bisa sambil menabung.

6. Tidak ada keuntungan yang di dapat saat memakai kartu kredit

Setiap tahun harus membayar iuran tahunan, memangnya apa lagi keuntungan kartu kredit?

Keuntungan kartu kredit

Apa yang didapat jika Anda memiliki kartu kredit? Nampaknya hanya utang saja yang akan datang tiap bulannya! Secara umum, penerbit kartu kredit memberikan banyak reward untuk pengguna kartu kredit. Seperti hadiah langsung, cashback seperti promo salah satu kartu kredit yang bekerja sama dengan AturDuit, ada juga reward point yang nantinya bisa ditukarkan untuk produk tertentu. Serta, bisa mendapat cicilan dengan bunga 0%.

7. Pengeluaran akan tidak dikenal atau terlupakan

Anggaran bulanan akan selalu menjadi lebih susah dengan kartu kredit?

tagihan kartu kredit

Pengeluaran Anda tiap bulannya tercatat dengan baik dengan kartu kredit, karena akan ada tagihan yang Anda terima, sehingga memudahkan Anda mengetahui biaya apa saja yang Anda keluarkan tiap bulannya. Untuk itu, jika ada pengeluaran yang tidak berkenan pada bulan sebelumnya, Anda bisa melakukan evaluasi untuk bulan berikutnya dan anggaran Anda dibulan depan akan menjadi lebih baik.

8. Kartu kredit tidak dapat memberikan dana darurat

Ketika jumlah uang tunai Anda tidak cukup, maka uang darurat akan datang dari langit?

Kartu kredit darurat

Dalam keseharian, Anda pasti memperhitungkan anggaran dana Anda, dan semua pengeluaran sudah dialokasikan sebagaimana mestinya. Akan tetapi jika sesuatu hal darurat terjadi kepada Anda dan uang yang Anda miliki tidak mencukupi, serta tidak ada satu orang atau hal pun yang dapat membantu Anda, apakah solusi Anda? Disaat inilah kartu kredit berperan penting membantu Anda, baik saat darurat ketika memperbaiki atap rumah yang bocor atau memperbaiki mobil yang rusak mendadak, kartu kredit dapat memberikan Anda dana extra sementara.

9. Membayar tagihan harus ke loket pembayaran

Membayar tagihan lebih cepat lewat loket rasanya…

Bayar tagihan online

Lebih repot pergi ke loket pembayaran atau membayar di rumah dengan kartu kredit? Dengan kartu kredit justru Anda dimudahkan dalam membayar tagihan bulanan Anda. Tidak hanya menghemat waktu Anda, Anda juga tidak akan bingung harus pergi ke tempat membayar tagihan yang berbeda-beda. Serta keuntungan kartu kredit di transaksi tagihan akan membantu Anda berhemat dalam tagihan yang mahal.

Jadi intinya, mengapa kita harus mengambil kartu kredit? Temukan kartu kredit terbaik untuk gaya hidup dan penghasilan Anda.

Simak juga wawancara AturDuit.com bersama Sahira Anjani mengenai kartu kredit, salah satu pemeran dalam sitcom The East!

Komentar