5 Hal Penting Sebelum Mudik Untuk Yang Tinggal Di Kos Atau Kontrakan

5 Hal Penting Sebelum Mudik Untuk Yang Tinggal Di Kos Atau Kontrakan

Mudik lebaran merupakan tradisi yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia, terutama bagi umat Muslim. Kota-kota besar akan terasa lebih sepi karena ditinggal oleh penghuninya untuk mudik ke kampong halaman mereka.

Bagi Anda yang tinggal di kos atau kontrakan, menjaga keamanan saat mudik sangatlah penting. Perhatikan tips berikut ini agar kos atau kontrakan Anda aman saat ditinggal mudik.

  1. Pastikan aliran listrik dan kompor mati

Sebelum Anda meninggalkan rumah, pastikan aliran listrik dan kompor dalam keadaan mati. Hal ini untuk mencegah risiko kebakaran.

  1. Membersihkan tempat tidur

Kegiatan sederhana ini bisa membantu Anda dari kerepotan membersihkan kamar saat kembali dari mudik. Membersihkan kamar, termasuk melepas seprei dan sarung bantal, bisa mencegah munculnya sarang laba-laba atau nyamuk selama Anda pergi.

Bungkus atau simpan barang-barang yang mudah berdebu seperti boneka. Sehingga Anda tidak perlu bersusah payah membersihkan kamar ketika kembali dari mudik.

  1. Kosongkan bak kamar mandi

Mengosongkan bak mandi saat mudik akan mengurangi risiko berkembang biaknya nyamuk. Jadi pastikan bak kamar mandi dan ember Anda dalam keadaan kosong.

  1. Kunci almari dan amankan barang-barang berharga

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah mengunci almari dan mengamankan barang-barang berharga Anda. Ada baiknya untuk menyimpan perhiasan di brankas atau di tempat penitipan emas.

  1. Titipkan pada orang yang terpercaya

Jika Anda mengontrak, pastikan Anda menitipkan tempat tinggal ke orang terpercaya atau petugas keamanan lingkungan. Dengan demikian, mereka akan mengecek tempat tinggal Anda untuk memastikan keamanan.

Dengan memperhatikan hal-hal ini, Anda bisa mudik dengan tenang. Walaupun kos atau ngontrak, bukan berarti bisa lalai dalam menjaga keamanan dan kenyamanan tempat tinggal Anda.

 

[Source]

Komentar