Anggaran Perbaikan Fasilitas Transportasi Sudah Disiapkan

Anggaran Perbaikan Fasilitas Transportasi Sudah Disiapkan

Pendataan sarana dan prasarana perhubungan yang rusak akibat gempa dan tsunami, sudah mulai didata oleh pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Adapun bencana alam berupa gempa dan tsunami ini tepatnya menghantam Donggala dan Palu beberapa waktu lalu.

Direktur Kenavigasian Kemenhub Sugeng Wibowo memberi keterangan bahwa perhitungan kerusakan yang terjadi pada pelabuhan dan bandara masih dalam tahap awal.

“Tapi pada dasarnya dari pimpinan kira-kira perbaikan kerusakan-kerusakan seperti Pelabuhan Donggala harus dipercepat. Mungkin nanti, tahun ini akan dilakukan sekalian realokasi anggaran,” ujar Sugeng saat ditemui di Jakarta.

Kemudian proses perhitungan untuk bandara seperti gedung, runway, dan fasilitas lainnya juga masih dalam tahap awal. Setelah semua laporan lengkap baru diadakan proses relokasi. Ia pun menjelaskan bahwa untuk menghindari kemacetan, saat ini pesawat yang bisa masuk Palu juga dibatasi.

“Diganti pesawat yang baling-baling, sementara. Itulah upaya untuk melakukan kegiatan supaya bisa dinormalkan,” lanjutnya.

Landasan pacu di bandara yang aman digunakan hanya sekitar 2000 meter.

“Dengan kondisi ini dibatasi sampai sore infonya, jadi karena sifatnya masih visual, jadi gak pakai alat, alatnya masih rusak,” pungkasnya.

 

[Source]

Komentar