Mengapa Asuransi Keluarga Jauh Lebih Praktis dan Ekonomis?

Mengapa Asuransi Keluarga Jauh Lebih Praktis dan Ekonomis?

Harus diakui bahwa kesadaran berasuransi di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini juga diungkapkan oleh Presiden Direktur AIA Peter J Crewe bahwa dari data pembelanjaan penghasilan, orang Indonesia menggunakan 10 persennya untuk asuransi. Selain itu, ada 95 juta masyarakat Indonesia yang belum memiliki asuransi.

Fakta ini memang memprihatinkan mengingat asuransi memegang peranan penting bagi kehidupan seseorang, baik yang masih single, maupun yang sudah berkeluarga.

Bicara soal kesahatan keluarga, sudah ada beberapa perusahaan asuransi di Indonesia yang memiliki program untuk perlindungan keluarga. Dimana dalam produk asuransi seperti ini, satu akun polis bisa digunakan untuk melindungi anggota keluarga lainnya.

Apa itu asuransi keluarga?

Dalam rangka memberikan perlindungan menyeluruh untuk semua anggota keluarga, beberapa perusahaan asuransi di Indonesia meluncurkan produk asuransi keluarga.

Produk asuransi keluarga adalah produk asuransi yang dirancang untuk melindungi seluruh keluarga dengan satu polis. Jika Anda memiliki satu sampai tiga anak, maka produk asuransi ini merupakan pilihan yang tepat dan praktis. Hal ini karena Anda hanya cukup meluangkan waktu satu kali saat mengurus polis untuk satu keluarga.

Asuransi keluarga biasanya memberikan perlindungan untuk lima anggota keluarga, yaitu ayah, ibu, dan tiga orang anak. Tidak hanya untuk anak, asuransi keluarga juga memungkinkan Anda untuk memberikan perlindungan pada orang tua.

Bagaimana cara kerja asuransi keluarga?

Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa asuransi keluarga pada dasarnya asuransi yang memungkin satu polis untuk memberikan perlindungan hingga beberapa anggota keluarga. Namun perlu diketahui bahwa setiap perusahaan asuransi pastinya memiliki kebijakannya masing-masing mengenai manfaat perlindungan yang diberikan.

Walaupun menggunakan satu polis, besaran premi untuk anggota keluarga pastilah berbeda-beda, premi untuk ayah dan ibu pastinya akan lebih besar daripada anak-anak. Hal inilah yang menyebabkan harga premi untuk asuransi keluarga terasa lebih murah, mengingat yang ditanggung adalah beberapa orang sekaligus.

Salah satu contohnya bisa kita lihat pada asuransi Cigna yang meluncurkan produk Family Care Optima dengan premi mulai dari Rp 16.000 per hari untuk satu keluarga. Sedangkan manfaat maksimal yang bisa didapatkan per tahunnya adalah Rp 100 juta untuk satu keluarga. Selain Cigna, perusahaan asuransi lainnya seperti AXA, Manulife, dan Astra juga memiliki produk asuransi kesehatan untuk keluarga.

Adapun untuk manfaatnya, Anda dan keluarga akan mendapatkan manfaat yang sama sebagaimana asuransi kesehatan individu. Dimana tertanggung mendapatkan manfaat rawat inap, perawatan Intensive Care Unit (ICU), serta perawatan setelah rawat inap. Bahkan ada asuransi keluarga yang bersedia memberikan manfaat rawat jalan, gigi, dan melahirkan. Namun jika tempat Anda bekerja sudah menyediakan asuransi kesehatan untuk keluarga, maka Anda bisa memilih jenis asuransi keluarga lainnya seperti asuransi jiwa untuk seluruh keluarga. Hanya perlu diingat bahwa manfaat kesehatan pada asuransi jiwa tidaklah banyak, sehingga Anda akan kesulitan jika membutuhkan tambahan jika terjadi perawatan dengan biaya besar.

Sedangkan proses klaim manfaat pada asuransi keluarga tidaklah berbeda dari asuransi individu. Anda bisa melakukan klaim baik secara cashless maupun reimburse.

Mengapa memilih model asuransi keluarga?

Mungkin diantara Anda masih ada yang bertanya-tanya “apa alasannya memilih asuransi keluarga lebih bermanfaat?”. Untuk lebih jelasnya, dapat kita lihat pada poin-poin manfaat asuransi keluarga berikut ini.

  1. Satu polis bisa digunakan untuk beberapa anggota keluarga lainnya

Sehingga Anda menghemat waktu dalam pengurusan polis karena tidak perlu mengurus polis satu per satu untuk setiap anggota keluarga.

  1. Biaya administrasi lebih murah

Jika Anda mengurus pembelian polis asuransi untuk tiap anggota keluarga secara terpisah, maka Anda harus membayar biaya administrasinya satu-satu. Namun dengan asuransi keluarga, Anda hanya perlu membayar biaya administrasi sekaligus sehingga besarannya lebih murah.

  1. Terjangkau

Walaupun bisa menjamin hingga beberapa tertanggung sekaligus, asuransi keluarga tetaplah program yang terjangkau. Jika besaran premi jika dibagi ke seluruh tertanggung, maka bisa dilihat bahwa jumlahnya lebih murah. Hal ini karena premi untuk tiap anggota keluarga pastilah berbeda-beda sesuai usianya, dengan keuntungan yang lebih banyak daripada asuransi individu. Sehingga dilihat dari manfaat dan keuntungannya jika dibagi dengan jumlah anggota keluarga, 5 orang, maka preminya lebih murah.

Sebagai perbandingan, kita ambil contoh untuk asuransi individu (Health Protection) dan keluarga (Family Care) dari Cigna, dengan pemegang polis utama berumur 29 tahun.

PaketAsuransi KeluargaAsuransi Individu
PremiRp 12.000/ hari x 31
= Rp 372.000 per bulan
Rp 36.000/ bulan tiap orang
Jumlah Tertanggung5 (ayah, ibu, dan tiga anak)Keluarga: Rp 36.000 x 5
= Rp 180.000
Sumber : cigna.co.id

Seperti yang bisa dilihat dari tabel di atas, memang premi untuk keluarga jumlahnya lebih besar. Namun dari segi manfaat, asuransi keluarga mencakup lebih banyak manfaat. Selain itu untuk plan keluarga, Cigna memberikan pengembalian premi sebesar 30% setiap lima tahun. Pengembalian premi ini diberikan walaupun pemegang polis pernah mengajukan klaim. Sedangkan untuk plan individu, pengembalian premi 25% dalam dua tahun jika peserta belum pernah mengajukan klaim.

4. Sebagai perlindungan keluarga

Asuransi keluarga memudahkan siapa saja untuk memberikan perlindungan kesehatan pada keluarganya, terutama anak-anak. Sehingga jika ada diantara anggota keluarga yang membutuhkan biaya perawatan secara tiba-tiba, Anda sudah siap dengan manfaat asuransi yang tersedia.

Berikut contoh sebagian manfaat perawatan untuk asuransi individu (Health Protection) dan keluarga (Family Care) yang ditawarkan oleh Cigna untuk perbandingan.

Manfaat dan keuntunganAsuransi KeluargaAsuransi Individu
Rawat Inap ICURp 600.000 – Rp 2.400.000Maksimum 14 hari
Rawat InapRp 300.000 – Rp 1.200.000Maksimal Rp 1.000.000 untuk obat dan perawatan

Kamar maksimal 60 hari bebas biaya
PembedahanRp 6 juta – Rp 24 juta/ tahunRp 10 juta/ tahun
Layanan LainnyaLayanan pendampingan di rumah dan di perjalanan :
- Evakuasi medis darurat
- Repatriasi medis
- Kunjungan tali kasih
- Bantuan resep
- Pemulangan jenazah
- Informasi pra-jenazah
-
Sumber : kreditgogo.com dan cigna.co.id

Setelah mengetahui manfaat dari menggunakan asuransi keluarga, Anda juga perlu mengingat beberapa hal saat menentukan asuransi keluarga yang ingin digunakan.

Ingat ini sebelum memilih asuransi

Walaupun sudah jelas manfaatnya, bukan berarti Anda bisa asal memilih produk asuransi keluarga tanpa mencari informasi lebih lanjut. Beragamnya layanan yang ditawarkan oleh pihak asuransi dilator belakangi oleh beragamnya kebutuhan nasabah. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui poin-poin penting saat memilih asuransi keluarga.

  1. Klaim non tunai atau cashless

Sistem klaim asuransi ada yang non tunai atau cashless dan ada yang menggunakan sistem reimburse. Agar Anda nyaman dalam menggunakan manfaat asuransi, maka pilihlah yang menggunakan sistem cashless. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot mengurus semua prosedur untuk reimbursenya.

  1. Asuransi kesehatan murni

Untuk penjaminan kesehatan yang lebih optimal, pilihlah asuransi kesehatan murni bukan asuransi jiwa unit-link. Alasannya, asuransi jiwa unit-link membagi premi yang Anda bayarkan menjadi asuransi jiwa, investasi, dan kesehatan.

Jadi pastikan dulu prioritas Anda. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat kesehatan optimal, maka utamakanlah manfaat kesehatan dalam memilih asuransi dan bukan investasinya.

  1. Lebih teliti dengan auto debit

Autodebet dari kartu kredit memang merupakan proses yang memudahkan. Hanya saja pastikan Anda mengetahui tanggal berapa auto debit dilakukan dan bagaimana cara berhentinya. Hal ini untuk menghindarkan terjadinya auto debit saat masa kontrak Anda sudah habis.

  1. Jaringan rumah sakit

Poin penting lainnya adalah jaringan rumah sakit. Pastikan asuransi yang Anda gunakan memiliki jaringan rumah sakit yang luas. Sehingga Anda tidak perlu kesulitan mencari rumah sakit yang bekerjasama dengan asuransi Anda dimanapun Anda berada.

  1. Jadikan manfaat rawat inap sebagai prioritas

Selain menjadikan manfaat kesehatan murni sebagai prioritas, Anda juga perlu memastikan mengenai manfaat rawat inap. Pilihlah produk asuransi keluarga yang memberikan manfaat rawat inap lebih. Hal ini karena biaya rawat inap jauh lebih mahal daripada rawat jalan.

Jika budget yang Anda siapkan tidak cukup untuk mengambil manfaat rawat inap dan rawat jalan sekaligus, maka ambilah produk dengan manfaat rawat inap. Anda bisa menambah manfaat rawat jalan saat Anda sudah memiliki dana lebih.

Semua orang pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga. Oleh karenanya, pastikan Anda teliti dan bisa memilih produk asuransi keluarga yang tepat dengan prioritas kebutuhan.

Pastikan juga Anda membaca ulasan kami tentang 5 program asuransi unggulan untuk jenis asuransi kesehatan untuk individu.

 

Komentar