Rendahnya Daya Beli Masyarakat Menandakan Ekonomi Indonesia Bermasalah

Rendahnya Daya Beli Masyarakat Menandakan Ekonomi Indonesia Bermasalah

Adanya kenaikan anggaran untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 hingga 68,92% atau Rp 35,76 triliun, merupakan sinyal bahwa ekonomi Indonesia bermasalah. Hal ini disebutkan oleh ekonom dari Indef, Bhima Yudhistira.

Adanya tindakan ini menjadi masalah karena pemerintah harus mendorong daya beli masyarakat sampai ke tahap mendongkrak anggaran THR dan memperpanjang cuti Lebaran 2018.

“Saya kira kalau pemerintah sudah kehabisan strategi dorong daya beli masyarakat sampai naikkan THR dan perpanjang cuti lebaran itu menandakan kondisi ekonomi memang sedang bermasalah. Motor konsumsi rumah tangga yang merupakan kontributor PDB terbesar saat ini macet karena tumbuhnya hanya 4,95%,” jelas Bhima di Jakarta.

Ia kemudian menyebutkan faktor yang menunjukkan adanya perlambatan pertumbuhan ekonomi adalah sektor lapangan kerja di industri pengolahan yang hanya naik 4,5%, pertambangan 0,74%, dan pertanian 3,14% di bawah rata-rata PDB yang tumbuh 5,06%.

“Ya bisa dikatakan sudah lampu kuning karena target pertumbuhan 5,4% nampaknya mustahil tercapai,” tambahnya.

Di kesempatan yang berbeda Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo juga menekankan bahwa kondisi perekonomian saat ini jauh dari krisis. Perry juga membatah pernyataan yang menyebutkan bahwa perekonomian Indonesia mendekati krisis.

Menurutnya, kondisi ekonomi negara dikatakan krisis jika sudah menunjukkan beberapa indikator. Indikator yang dimaksudkan diantaranya adalah tidak terkendalinya defisit transaksi, utang luar negeri (ULN) yang tidak bisa dibayarkan, juga tingkat depresiasi yang besar.

Jika dilihat dari indikator-indikator ini, perry menjelaskan bahwa Indonesia masih aman dari krisis. Hal ini karena defisit transaksi berjalan Indonesia dibawah 2,5% dari Produk Domestik Bruto (PDB), selain itu tingkat pembayaran hutang terhadap PDB juga masih sangat rendah dibandingkan dengan peer group.

 

[Source]

 

Sumber image: astralife.co.id

Komentar