Apa Produk Deposito Layak Untuk Biaya Menikah?

Produk Deposito

Saat-saat menjelang masa bahagia Anda yaitu menuju pernikahan tentu banyak hal yang dipersiapkan. Hal terutama dan terpenting adalah masalah biaya. Semua pasangan pasti langsung merasa pusing jika sudah membicarakan mengenai biaya pernikahan. Demi memenuhi kebutuhan pernikahan, setiap pasangan mencari cara agar ketika hari H semua berjalan lancar. Tak jarang banyak pasangan yang harus membobol tabungannya sampai meminjam kepada orang tua, kerabat terdekat bahkan bank. Ada pula yang memanfaatkan produk deposito sebagai jalan keluar untuk permasalahan biaya ini.

Perlu diketahui produk deposito pada dasarnya adalah investasi jangka panjang. Beberapa bank juga sudah menawarkan produk ini seperti Mandiri deposito, BCA deposito, Panin deposito dan masih banyak lagi. Berikut alasan-alasan yang memperkuat Anda bahwa deposito layak digunakan sebagai biaya menikah.

1.Minim Kerugian

Instrumen investasi deposito sangat minim kerugian dibanding investasi lainnya. Misalnya, investasi saham, properti dan reksadana. Produk deposito juga merupakan investasi yang aman karena keuntungan yang diperoleh tidak bergantung pada pergerakan pasar maupun kondisi keuangan Indonesia. Sehingga, Anda tidak perlu memantau pergerakan fluktuasi ekonomi setiap harinya. Dananya sangat aman karena terlindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan.
Sebagai pasangan yang sedang membutuhkan biaya pernikahan, tentu deposito dapat menjadi jawaban. Apalagi dalam perjalanan mengumpulkan biaya, Anda tidak ingin menemui kendala ekonomi bukan? Jika, dalam perjalanan menuju hari H, Anda malah mengalami kerugian yang ada hanya menambah beban saja. Pastikan, jika ingin meletakkan investasi ini lakukan 2 tahun sebelumnya agar dana yang terkumpul bisa lebih besar sebab nilainya lebih terlihat jika dilakukan dalam jangka panjang.

2.Bunga besar dan tetap

Berbeda dengan bunga tabungan yang tergolong kecil meski dalam jangka waktu setahun. Bunga deposito cenderung lebih besar dan nilainya tetap. Rata-rata bunganya berkisar antara 3 sampai 7 persen dalam setahun. Bunga tersebut lebih besar daripada bunga tahunan dari tabungan biasa. Dengan suku bunga yang besar dan tetap, Anda dapat mendapatkan keuntungan hanya dari bunga yang diberikan. Tentu keuntungan seperti ini yang dicari oleh setiap pasangan calon pengantin. Sebagai gambaran, ini adalah bunga deposito yang diberikan oleh beberapa bank di Indonesia.

BCA, memberikan bunga deposito 7 % dalam setahun dan 6 bulan. BRI memberikan nasabahnya bunga 7% dalam setahun dan 7,8 % dalam 6 bulan. Sementara itu, Mandiri deposito menawarkan bunga 7,4 % dalam setahun dan 7,9% selama 6 bulan. Dari ketiganya, mandiri deposito memiliki bunga tertinggi. Anda bisa menggunakan mandiri deposito sebagai pilihan atau mau memilih bank yang lain. Ini hanya perbandingan dari tiga bank saja. Masih banyak bank-bank lain yang juga memiliki fasilitas deposito dengan suku bunga bervariasi setiap 3,6,12 dan 24 bulan.

3.Pengembalian lebih banyak

Dengan memilih produk deposito sebagai biaya pernikahan Anda boleh saja merasa tenang. Pasalnya, pengembalian yang diperoleh lebih banyak daripada hanya mendiamkan uang Anda dalam tabungan. Untuk memperoleh pengembalian yang berkali lipat dari saldo awal tentu Anda harus menyisihkan dana setiap bulannya secara teratur. Misalkan, Anda memilih jangka waktu deposito selama setahun. Maka, minimal dana yang harus Anda setor di awal sekitar Rp 20-25 jutaan untuk memperoleh biaya hingga Rp 30 juta. Apabila, Anda dan pasangan menyimpan dana secara rutin setiap tahun maka pengembalian yang diperoleh bisa berlipat-lipat dan bisa saja dananya melebihi anggaran awal yang sudah dibuat sebelumnya.

4.Bebas administrasi

Mungkin hal tersebut sering jadi pertanyaan. Apakah dengan meletakkan uang deposito di bank akan terkena biaya administrasi? Jawabannya tidak. Produk deposito sama sekali tidak mengenakan biaya administrasi setiap bulannya pada nasabah. Tentu jadi keunggulan lain produk ini dibanding tabungan biasa. Calon pasangan tak perlu berpikir lama meletakkan biaya pernikahannya dalam deposito karena uang utama Anda tidak akan berkurang sepeser pun hingga masa jatuh tempo. Bebas biaya administrasi ini berlaku hampir pada semua bank. Namun, jika masih ragu, Anda boleh bertanya pada petugas bank saat hendak mendaftar. Apakah bank yang dituju mengenakan biaya administrasi atau tidak.

5.Syarat mudah

Anda semakin mantap meletakkan biaya pernikahan Anda dalam produk deposito. Hal ini sangat bagus demi menata keuangan Anda dan pasangan. Dan investasi ini bisa terus berlanjut dan bermanfaat sebagai pemenuhan kebutuhan masa depan setelah melewati acara pernikahan. Untuk itu, ketika hendak mengajukan deposito di suatu bank Anda cukup memiliki rekening bank, kartu identitas diri, dan sebuah meterai saat membuka maupun menariknya. Mudah bukan?

Masih ragu berinvestasi di deposito, ini dia Nilai Lebih Berinvestasi Deposito

Komentar