Apakah Tipe Kepribadian Finansial Anda?

kepribadian keuanganPengelolaan keuangan membutuhkan proses dan pemikiran yang tepat. Proses menangani atau mengatur keuangan tidak sesederhana menghabiskannya atau menyisihkan untuk disimpan dalam tabungan maupun investasi. Setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam mengatur keuangan mereka setiap bulannya. Pengelolaan keuangan pada setiap individu mencerminkan tipe kepribadian finansial seseorang. Dari portofolio keuangan yang dimiliki oleh seorang individu akan mencerminkan tipe kepribadian finansialnya.

Ada sebuah tes yang bernama Myers-Briggs. Tes ini mencoba mengklasifikasikan pribadi manusia sebagai individu yang extrovert dan introvert dan selanjutnya membagi mereka ke dalam segmen yang lebih sempit dengan berdasarkan pada : Rasa vs Intuisi, Pikiran vs Perasaan, Menghakimi vs Melihat.

4 Profil Kepribadian Finansial

Dari hasil tes Myers-Briggs, terbentuk 16 tipe kepribadian finansial. Seorang ahli perencana keuangan Ray Linder memudahkan 16 tipe kepribadian tersebut dengan membaginya dalam 4 kategori yang lebih luas yakni, Protectors, Pleasers, Planners, dan Players. Kita akan membahas 4 tipe kepribadian tersebut dengan lebih mendalam untuk membantu Anda menemukan kategori yang sesuai dengan kepribadian Anda. Melalui analisis ini, Anda juga bisa menemukan kekuatan dan kelemahan dalam kepribadian finansial Anda sehingga dalam pengelolaan keuangan lebih terarah.

1.Protectors

Mejaga keuangan

Tipe pelindung keuangan ini sangat protektif terhadap setiap penghasilan finansial yang dimilikinya. Anda yang masuk dalam kategori ini pasti memiliki perilaku tidak berani mengambil risiko, memiliki perencanaan kehidupan yang matang untuk masa depan, menyimpan hasil keuangan mereka untuk masa pensiun. Tipe pelindung merupakan pribadi yang non-petualang. Mereka tidak pernah membeli merek baru saat berbelanja, bahkan sebagian besar tipe ini kerap makan di restoran yang sama karena mereka sudah tahu harga yang ditawarkan. Pada dasarnya, mereka selalu berhati-hati ketika hendak menghabiskan uang dan tidak ingin membuangnya untuk hal yang dirasa tidak perlu.

Meskipun tipe seperti ini tampak seperti kepribadian yang ideal, ternyata tipe ini juga memiliki kelemahan. Bisa dilihat dari pola hidup mereka, tipe pelindung jarang bersenang-senang. Kemungkinan mereka juga tidak pernah merencanakan waktu liburan dan memesan tiket perjalanan di kala musim liburan datang. Kehidupan mereka cenderung serius karena dihabiskan untuk bekerja keras di kantor. Hal ini membuat masalah berdatangan karena perilaku tersebut membatasi mereka dari kehidupan normal serta takut untuk mengambil investasi karena risiko yang dihadapi. Padahal bisa saja investasi yang ditakutkan justru malah menguntungkan. Dan jangan lupa sering kali tipe ini mendapat keluhan dari keluarga dan teman-teman karena kepribadian yang cenderung serius dan membosankan.

2.Pleasers

Apakah Tipe Kepribadian Finansial Anda?

Tipe pleasers ada dua macam, yaitu kepribadian yang suka menyenangkan diri mereka sendiri dan pribadi yang gemar menyenangkan orang lain. Tipe kepribadian finansial seperti ini merupakan individu yang baik, royal dan peduli. Koneksi mereka terhadap keuangan terlihat dari cara mereka menghabiskannya. Tipe seperti ini percaya bahwa setiap pengeluaran yang dilakukan untuk membeli sesuatu merupakan identitas dari kepribadian mereka.

Menjadi individu yang memiliki tipe kepribadian seperti ini memang disenangi oleh banyak orang. Tak ayal, karena kepribadiannya yang ramah dan senang memberi, justru mendatangkan banyak lingkaran pertemanan baginya. Memang tidak salah menjadi tipe pleasers, namun Anda harus berhati-hati karena tipe ini kerap dimanfaatkan oleh orang lain. Melihat kebaikan Anda yang gemar menyenangkan orang lain dengan cara mentraktir makan, membelikan barang dan royal terhadap keuangan yang dimiliki bisa mengundang orang terdekat untuk mengambil keuntungan dari sifat ramah Anda ini. Anda harus bisa membatasi dan membedakan bahwa ada pengeluaran untuk kebutuhan dan keinginan.

3.Planners

how-to-make-a-budget

Kepribadian finansial selanjutnya ialah tipe perencana. Tipe ini gemar merencanakan perihal keuangan mereka di masa depan. Seorang perencana merupakan orang yang pandai mengatur pola keuangan dan membuatnya cukup untuk kehidupan di masa mendatang. Tipe kepribadian keuangan perencana mumpuni melakukan investasi jangka panjang yang sangat besar. Namun, mereka sangat rajin melacak investasi setiap hari untuk mengetahui berapa banyak keuntungan yang dibuat setiap hari.
Menyandang status sebagai seorang perencana pada dasarnya adalah hal yang baik. Pengaturan keuangan menjadi lebih baik dan cenderung terarah. Kelemahan tipe ini adalah mereka kerap menghilangkan peluang-peluang di investasi masa sekarang karena terlalu sibuk melacak keuangan di masa mendatang.

4.Players

Penjudi

Ya, tipe pemain selalu akan dikenal sebagai seorang pemain. Cara hidup mereka adalah menghabiskan uang atau gemar bermain uang. Tipe kepribadian finansial seperti ini tidak pernah berpikir panjang dan sangat kompulsif. Tipe ini bahkan tidak mengenal adanya tingkat risiko tinggi. Memikirkan tingkat risiko tentu baik namun terlalu optimis juga bisa merugikan secara finansial.

Itulah 4 tipe kepribadian finansial dalam kategori pengelolaan keuangan. Keempat tipe di atas tidak ada yang terburuk dan terbaik. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Perlu diketahui setiap kepribadian memiliki sifat berbahaya bila dibiarkan terus merajalela. Intinya, pengelolaan keuangan yang baik untuk status finansial Anda terletak pada trik keuangan yang tepat dan terarah.

Selain mengenali tipe kepribadian finansial, pahami juga Apa Kepribadian Investor Anda?

Komentar