Manfaat Memiliki Aplikasi Keuangan Yang Lebih Dari Lengkap

Manfaat Memiliki Aplikasi Keuangan Yang Lebih Dari Lengkap

 

 

Buat apa memiliki berbagai layanan keuangan kalau satu aplikasi saja cukup? Masalahnya, apakah ada aplikasi yang memiliki fitur lengkap?

Pertanyaan tersebut merupakan gambaran dari kebutuhan masyarakat Indonesia yang makin berkembang. Kesibukan dan kebutuhan dalam hal pengelolaan keuangan mengharuskan Anda memiliki satu layanan keuangan yang bisa menyediakan semua kebutuhan Anda.

Dalam dunia teknologi informasi, terobosan-terobosan pun dikembangkan. Berawal dari internet banking, lalu e-wallet, dan sekarang aplikasi keuangan. Masalahnya, apakah semua layanan ini sudah bisa memenuhi tuntutan masyarakat akan layanan keuangan online dengan fitur lengkap? Sehingga Anda hanya membutuhkan sebuah ponsel pintar untuk melakukan semua pembayaran tagihan, belanja, transfer dana, hingga mengelola uang agar saldo terus berkembang.

Jawaban dari pertanyaan ini adalah, “ada”. Di Indonesia sudah dikembangkan sebuah aplikasi untuk memenuhi kebutuhan Anda akan layanan keuangan yang lengkap. Kita bisa lihat aplikasi seperti IPOTPAY yang menawarkan fitur-fitur lengkap untuk semua kebutuhan pengelolaan keuangan Anda.

Di sisi lain, bagaimana sebuah aplikasi keuangan seperti IPOTPAY bisa disebut lebih lengkap dibanding layanan keuangan online lainnya? Apa saja yang harus dimiliki oleh aplikasi keuangan yang lengkap?

Fitur yang ada dalam aplikasi keuangan yang lengkap

Sebagaimana yang sudah diketahui sebelumnya bahwa kebutuhan akan layanan aplikasi yang lengkap tidak dapat dihindarkan di era kini. Oleh karena itu, pastikan aplikasi keuangan yang Anda pilih memiliki fitur-fitur di bawah ini.

  1. Bisa menyimpan dana

Jika sebelumnya untuk menyimpan uang Anda harus tetap berurusan dengan kantor cabang bank Anda, sekarang cukup lewat ponsel. Aplikasi keuangan yang Anda pilih harus bisa menyediakan layanan penyimpanan dana ini untuk kebutuhan Anda selanjutnya.

Namun jangan sampai layanan penyimpanan dana ini hanya sekedar untuk mengendapkan dana Anda. Lebih baik lagi jika uang yang ada di sini bisa dikelola untuk dimaksimalkan lagi nilai saldonya. Kelebihan ini akan memudahkan Anda dalam mengumpulkan dana dan mewujudkan rencana-rencana Anda.

Selain itu, dana yang ditaruh di aplikasi ini selain bisa disimpan dan dimaksimalkan saldonya, akan lebih memudahkan lagi kalau bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Sehingga Anda hanya membutuhkan satu aplikasi untuk semua keperluan.

  1. Bisa melakukan transfer ke bank

Sebagai layanan yang lengkap, aplikasi keuangan juga harus bisa memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi seperti transfer dana ke bank lain. Jika Anda menggunakan aplikasi IPOTPAY, manfaat ini bisa dirasakan tanpa harus membayar biaya transfer. Dengan demikian, Anda hanya membutuhkan satu aplikasi untuk semua keperluan pengiriman uang.

Tidak perlu lagi Anda membuka situs bank atau ke ATM terdekat untuk mengirimkan dana. Karena tujuan dari aplikasi keuangan seharusnya adalah menyederhanakan urusan Anda agar lebih praktis dan mudah.

  1. Dapat dicairkan

Bayangkan jika dana Anda terjebak dalam aplikasi keuangan karena tidak bisa dicairkan. Mau tidak mau Anda harus menunggu hingga jangka waktu selesai untuk bisa mencairkan dana.

Tentunya Anda menginginkan fleksibilitas dalam aplikasi keuangan Anda. Dimana uang yang disimpan di dalamnya juga bisa dicairkan lewat ATM. Fitur seperti ini membuat Anda tidak merasa terjebak karena tidak bisa secara bebas memanfaatkan dana yang ada.

Fitur ini juga penting karena bagaimanapun, Anda pasti akan membutuhkan uang tunai. Kalau aplikasi keuangan yang Anda gunakan tidak mendukung kebutuhan ini, maka aplikasi tersebut belum mampu menyederhanakan urusan keuangan Anda.

  1. Memiliki layanan untuk membayar tagihan

Selain fitur yang disebutkan sebelumnya, aplikasi keuangan Anda juga harus bisa memudahkan Anda dalam membayar tagihan-tagihan rutin Anda. Dengan demikian, tidak perlu repot lagi dalam memenuhi kebutuhan Anda.

Bisa diambil contoh IPOTPAY sebagai aplikasi keuangan yang memiliki fitur pembayaran tagihan. Saat ini, Anda bisa membayar tagihan kartu kredit, BPJS kesehatan, PDAM, dan PLN. Selanjutnya IPOTPAY sendiri berencana menambah manfaatnya agar Anda bisa menyelesaikan lebih banyak lagi tagihan rutin.

  1. Dapat digunakan untuk belanja

Sebagaimana layanan keuangan lainnya, fitur belanja online adalah keharusan. Anda pun bisa menggunakan metode pembayaran melalui aplikasi ini untuk melakukan belanja. Lebih baik lagi, kalau aplikasi keuangan Anda juga menawarkan potongan harga untuk belanja di merchant kesayangan.

Memang banyak layanan keuangan online seperti e-wallet yang memungkinkan Anda untuk berbelanja online. Namun ingat, jangan sampai layanan online untuk berbelanja ini malah menjebak dana Anda. Sehingga dana tidak bisa dicairkan dan hanya bisa digunakan di merchant-merchant tertentu yang sudah bekerjasama.

  1. Berfungsi seperti asisten

Satu lagi fungsi penting yang dimiliki oleh aplikasi keuangan yang lengkap, yaitu fungsi sebagaimana asisten. Fungsi fitur ini mencegah Anda dari lupa membayar tagihan rutin, jadi Anda tidak perlu takut terbebani denda karena terlambat bayar.

Jika aplikasi keuangan Anda memiliki fitur pengingat, maka Anda tidak perlu repot untuk mengingat tanggal jatuh tempo kewajiban rutin Anda. Anda bisa melihat fitur kalender dalam aplikasi dan cukup diatur kapan pembayaran harus dilakukan. Sehingga pembayaran bisa dilakukan secara otomatis.

Di Indonesia, memang baru IPOTPAY yang memiliki fitur-fitur lengkap ini. Maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencari informasi lebih lanjut tentang aplikasi ini.

Keuntungan yang didapatkan dari aplikasi keuangan yang lengkap

  1. Anda tidak perlu repot ke bank dan ATM

Tidak perlu lagi Anda mengunjungi bank atau ATM untuk urusan rutin seperti transfer atau pembayaran tagihan. Semuanya bisa dilakukan dari ponsel Anda.

Kemudahan ini juga yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Dimana kita memiliki banyak kegiatan dan sena bepergian. Kondisi ini menuntut layanan yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

  1. Tidak terjebak dengan e-wallet

Jika Anda memiliki aplikasi keuangan dengan fitur yang lengkap, Anda bisa melakukan transfer ke e-wallet, dan tidak terjebak dengan penggunaan e-wallet yang dananya tidak bisa dicairkan. Dengan demikian, Anda bisa menikmati fleksibilitas dari aplikasi Anda karena tidak membatasi dalam penggunaan saldo yang ada.

  1. Tidak akan lupa membayar tagihan

Manfaat lain jika Anda memiliki aplikasi yang lengkap adalah terhindar dari risiko membayar denda tagihan yang jatuh tempo. Aplikasi yang mumpuni sebagai layanan keuangan yang lengkap akan menyediakan fitur pengingat untuk Anda.

Fitur ini membantu Anda untuk mengingat dan membayar tagihan secara otomatis atau manual sesuai dengan pengaturan yang dibuat. Urusan Anda juga tidak perlu tersendat karena terlambat membayar listrik atau tagihan pulsa.

  1. Bisa tarik tunai di ATM sewaktu-waktu

Manfaat lain dari fitur aplikasi keuangan yang lengkap adalah dana bisa dicairkan. Jadi kemanapun Anda pergi, tidak perlu takut kehabisan uang tunai. Manfaat ini juga membuat dana Anda tidak sekedar mengendap karena bisa digunakan dengan berbagai cara selain disimpan.

  1. Tidak perlu takut saldo berkurang karena biaya tambahan

Permasalahan yang dihadapi banyak orang saat menggunakan layanan tabungan konvensional adalah dana yang ada akan berkurang karena ada biaya admin, pajak, bahkan bunga bank pun tidak terhindar dari potongan pajak ini.

Aplikasi yang keuangan dengan fitur penyimpanan dana yang juga bisa mengolah dana Anda sehingga saldo yang ada bisa dimaksimalkan nilainya. Contohnya IPOTPAY yang memberikan manfaat ini agar Anda bisa lebih mudah mengumpulkan dana dan terlindung dari inflasi karena nominal saldo yang bertambah.

Dengan penjelasan ini, kami yakin Anda pasti bisa memilih aplikasi keuangan yang lebih lengkap nantinya. Mengingat pengelolaan keuangan yang tepat saat ini akan membantu Anda di hari kemudian. Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, untuk saat ini baru IPOTPAY yang bisa diunduh di Play Store dan App Store menjadi aplikasi keuangan terlengkap di Indonesia.

Komentar