Aplikasi Penting untuk Informasi Cuaca dan Peringatan Bencana

Aplikasi Penting untuk Informasi Cuaca dan Peringatan Bencana

Pada musim penghujan seperti saat ini, informasi cuaca sangatlah penting untuk memperlancar kegiatan sehari-hari. Sehingga Anda bisa mempersiapkan diri agar tidak terjebak saat hujan atau panas. Apalagi menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) puncak musim hujan terjadi selama bulan Januari dan Februari 2020.

Apalagi dengan terjadinya banjir yang melanda beberapa kota di Indonesia, informasi mengenai cuaca juga dibutuhkan agar Anda bisa bersiaga. Terutama jika tempat tinggal Anda berada di area rawan banjir.

Oleh karenanya, kami hadirkan beberapa aplikasi di bawah ini yang hadir untuk memberikan informasi mengenai cuaca.

Info BMKG

aplikasi info bmkg

Sumber :play.google

BMKG merupakan pihak yang menjadi rujukan pertama orang Indonesia dalam prakiraan cuaca. Mereka meluncurkan aplikasi agar lebih banyak orang bisa mengakses informasi cuaca, bahkan potensi bencana alam seperti gempa bumi.

Fitur lain yang bisa Anda dapatkan adalah informasi kualitas udara, titik kebakaran hutan, informasi gempa bumi, dan fitur peringatan dini cuaca. Aplikasi ini akan memberikan notifikasi pada penggunanya mengenai peringatan dini bencana alam dan cuaca. Hal ini penting agar masyarakat bisa mempersiapkan diri sebelum bencana tiba.

Aplikasi ini bisa digunakan di seluruh Indonesia, jadi Anda bisa mengetahui prakiraan cuaca bahkan saat sedang jalan-jalan ke kota lain. Tersedia juga bagi pengguna iOS.

AccuWeather

aplikasi accuweather

Sumber : play.google

Aplikasi ini memberikan informasi secara real-time mengenai cuaca. Bahkan mereka juga memberikan informasi mengenai kondisi cuaca pada 15 hari mendatang. Fitur ini membuat Anda bisa mempersiapkan diri kalau saja akan terjadi hujan lebat atau kondisi cuaca buruk lainnya.

AccuWeather memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan informasi sesuai tempat mereka berada di seluruh dunia. Selain cuaca, informasi yang ikut ditampilkan juga adalah kelembaban udara, kecepatan angin, suhu, serta informasi kadar pemicu alergi di udara, seperti polen.

Kemudian, AccuWeather juga dilengkapi dengan fitur peringatan bencana dan cuaca ekstrem. Sehingga Anda dan keluarga bisa bersiap untuk penyelamatan diri sebelum bencana datang.

Prakiraan Cuaca: The Weather Channel

the weather channel

Sumber : play.google

Aplikasi prakiraan cuaca dari The Weather Channel dapat memberikan informasi cuaca di mana saja Anda berada. Anda bisa mengubah lokasi untuk mendapatkan informasi cuaca yang tepat.

The Weather Channel juga membantu Anda dengan informasi penyebaran flu. Sehingga Anda bisa melihat perkiraan penyebaran flu hingga 15 hari ke depan. Di samping itu, mereka juga memberikan informasi tentang tingkat polusi udara. Informasi ini pun disajikan detail lengkap dengan kadar komponen polutan.

Fitur mengenai kesehatan udara ini penting, terutama, jika Anda memiliki masalah pernafasan bawaan seperti asma.

Weather Forecast

weather forecast

Sumber : play.google

Daya tarik aplikasi ini yang banyak mendapat pujian penggunanya adalah tampilannya yang menarik.

Selain informasi cuaca, Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai suhu udara di tempat Anda berada. Fitur suhu ini bahkan bisa diubah sesuai keinginan, apakah Anda lebih suka menggunakan satuan Farenheit (F) atau Celcius (C). Satuan untuk informasi kecepatan angin, serta penggunaan bahasa juga bisa diubah sesuai keinginan.

Informasi penting lainnya yang bisa didapatkan adalah mengenai indeks UV, juga waktu terbit dan terbenamnya matahari.

Dari empat aplikasi yang kami rekomendasikan di atas, mana yang akan menjadi pilihan Anda? Jangan sampai rencana Anda terganggu hanya karena Anda kurang persiapan dalam menghadapi perubahan cuaca.

Simak juga informasi menarik lainnya mengenai keuangan dan kesehatan yang pasti dibutuhkan pada musim hujan ini.

Komentar