Bagaimana Cara Memilih Kartu Kredit Di Indonesia

Kartu kredit di Indonesia

Carilah kartu yang memudahkan dalam pembayaran

Sudah tidak jaman lagi menyimpan banyak kartu kredit di dompetmu. Tak perlu lagi menggunakan kartu kredit berbeda untuk berbagai keperluan, beli tiket bioskop, ngopi di kafe favoritmu, atau keperluan lainnya

Sejak 2012 Bank Indonesia sudah melarang kepemilikan lebih dari dua kartu kredit untuk nasabah dengan penghasilan di bawah Rp 10 juta.

Jadi bagaimanakah cara memilih kartu kredit terbaik? Kartu kredit mana yang paling cocok untuk kebutuhanmu?

Baik itu dari bank tertentu, Visa, Master Card, atau American Express, kartu kredit makin lama makin mirip saja, kini makin susah memilih kartu kredit yang terbaik.

Inilah hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kartu kredit

Pembayaran Yang Mudah

Carilah kartu yang memudahkan dalam pembayaran, baik melalui ATM dekat kantor atau rumah, online banking atau aplikasi ponsel. Pastikan kamu bisa membayar tagihannya dengan mudah. Hal terakhir yang kamu inginkan adalah kerepotan karena transfer bank berkali-kali hanya untuk membayar tagihan bulanan.

Daya Tarik Dan Manfaat Kartu Kredit

Mau fasilitas airport lounge, diskon kopi favoritmu, tiket bioskop atau diskon lainnya, pasti ada kartu kredit yang menjanjikan tawaran menggiurkan. Berpikirlah rasional, kalo kamu tidak bisa mendapatkan kartu kredit dengan fasilitas lengkap. Keuntungan apa yang akan a) paling menghemat uangmu b) digunakan paling sering. Setelah itu barulah pertimbangkan apakah kartu kreditmu bisa di-customize sesuka hati dengan gambar tim bola atau gambar tokoh kartun favoritmu mungkin?

Limit Kartu Kredit, Tagihan, Dan Biaya-biaya: Cek Lagi!

Sekarang waktunya melihat angka-angkanya. Suka atau tidak, inilah hal yang paling penting. Bandingkan kartu-kartu kredit di Indonesia pilihanmu berdasar limit kredit (pinjaman maksimal yang bisa ditarik), tingkat bunga (beban bunga atau pembayaran tahunan yang dibebankan dari utangmu), denda keterlambatan (penalti karena terlambat membayar tagihan minimal), dan biaya-biaya lain mulai dari biaya laporan bulanan, overlimit, atau biaya tahunan.

Hal lain yang juga penting adalah persentase pembayaran minimum dan grace period (periode sebelum tagihan dikenai bunga)

Kalau kamu biasanya membayar tagihan sesuai jadwal, tak perlu lagi khawatir dengan denda apapun. Kalau kamu sering terlambat membayar, persentase biaya sekecil apapun bisa jadi merugikanmu.

Perhatikanlah tingkat bunga yang mungkin nampak menarik di awal sebagai masa perkenalan. Meskipun susah ditolak, cobalah untuk tak tergoda oleh tingkat bunganya yang bisa terlihat menipu, dan baru terlihat aslinya pada akhirnya.

Reward, Cashback, Dan Poin

Seperti fasilitas dan manfaat kartu kredit, program cashback (uang yang dikembalikan untuk tiap rupiah yang digunakan) dan poin (poin yang didapat untuk tiap rupiah yang dipakai dan bisa ditukar dengan item sesuai ketentuan bank). Pastikan membaca peraturan dengan seksama, bisa jadi hanya berlaku dengan syarat dan ketentuan tertentu atau dengan penggunaan minimal tiap bulan.

credit-card-major

 

 

Tak sabar lagi untuk mulai? Cari tahu kartu kredit terbaik di Indonesia sekarang! dan lakukan aplikasi online untuk kartu kredit pilihan Anda sekarang juga dengan mudah. Hanya di AturDuit.com

Komentar