Bagaimana Cara Meringankan Utang dengan Konsolidasi Utang?

konsolidasi utangPinjaman demi pinjaman selalu ada dalam kalkulator hidup Anda, di mana Anda meminjam uang terkadang bukan untuk hal-hal yang terpenting dalam pengeluaran bulanan Anda. Pinjaman pun semakin menumpuk, Anda sudah terkena batas kartu kredit Anda, orang-orang yang Anda biasa pinjami pun sudah mulai menghindar untuk menemui Anda. Bagaimana Anda bisa hidup seperti itu, dipenuhi dengan utang yang seakan tidak pernah habis. Terlebih lagi sekarang sudah memasuki bulan puasa, di mana pada hari raya lebaran nantinya pasti membutuhkan modal yang lebih besar dari bulan-bulan biasanya. Utang tetaplah utang, jika Anda berutang, Anda diwajibkan untuk membayarnya secara lunas; pusing, emosi, stres sudah akan menjadi makanan Anda sehari-hari, tetapi ada cara untuk melakukan pembayaran menjadi lebih mudah, yaitu konsolidasi utang.

Sebelum bertindak lebih jauh lagi, coba Anda perhatikan beberapa penjelasan berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan konsolidasi utang?

Konsolidasi utang menurut berbagai sumber yang kami sadur adalah penggabungan dari beberapa pinjaman menjadi satu pinjaman besar. Konsolidasi utang memungkinkan Anda yang memiliki beberapa utang dengan menggabungkan semua pinjaman dengan bunga tinggi menjadi satu pinjaman yang lebih besar dengan penawaran tingkat suku bunga relatif lebih rendah. Sehingga semakin banyak pinjamannya maka semakin rendah suku bunga yang dikenakan atas pinjaman tersebut. Konsolidasi utang bermanfaat sebagai penghemat ketika membayar bunga. Intinya, dengan mengonsolidasikan semua utang Anda ke dalam utang tunggal akan mempermudah Anda mengelola transaksi melalui satu pembayaran bulanan. Konsolidasi utang seperti peribahasa kasar yang sering Anda dengar, gali lubang tutup lubang, berutang lagi untuk melunasi utang yang lainnya.

Langkah-langkah apa yang harus diperhatikan sebelum mengonsolidasikan utang?

Menciptakan pola keuangan yang sehat dengan cara mengetahui ukuran semua pinjaman, jumlah pembayaran bulanan, lama pinjaman berakhir. Anda bisa mendata semua pinjaman yang harus dilunasi dengan perinciannya masing-masing. Melalui cara ini akan mempermudah Anda untuk mengelola transaksi dalam pembayaran bulanan sekaligus menentukan apakah perlu dilakukan konsolidasi atau tidak.
Membandingkan total utang dengan pendapatan yang Anda miliki. Setelah mendata seluruh pinjaman beserta pendapatan bersih Anda maka hasilnya akan terlihat. Berapa persen dari pendapatan yang harus dipakai untuk membayar utang. Jika Anda masih memiliki cukup dana untuk menghidupi kebutuhan dalam sebulan maka tidak ada salahnya mengonsolidasi utang-utang Anda.

Mendekati bank yang berbeda dan membandingkan masing-masing suku bunga yang ditawarkan, produk penawaran, serta syarat dan kondisi. Pilih bank yang menawarkan bunga bersuku rendah dan memiliki jangka waktu 3-5 tahun. Gunakan situs perbandingan untuk mempercepat proses ini. Jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti kenyamanan dan fleksibilitas pembayaran utang.

Anda dapat mempertimbangkan ragam pinjaman untuk mengonsolidasi utang Anda. Beberapa bank menawarkan untuk konsolidasi utang, sebesar 18x gaji untuk melunasi utang kartu yang berumur 5 tahun. Ada alternatif yang bisa Anda pilih untuk konsolidasi utang, antara lain; pinjaman pribadi, karena suku bunganya lebih rendah dengan suku bunga kartu kredit. Alternatif lainnya adalah yang biasa disebut dengan Kredit Tanpa Agunan , namun pinjaman dari KTA tentu mahal. Anda juga dapat menjaminkan rumah atau mobil, dengan risiko terbesar yang Anda tanggung adalah rumah atau mobil Anda akan disita jika tidak dapat melunasinya.

Pada intinya, sebelum Anda mengarahkan seluruh pinjaman pribadi ke dalam konsolidasi utang, ingat baik-baik bahwa cara ini bukanlah solusi utama atas utang Anda. Konsolidasi merupakan penggabungan semua utang Anda ke dalam satu wadah. Apabila, pembayaran bulanan Anda saat ini di bawah pinjaman konsolidasi utang tampak lebih kecil, itu bisa terjadi karena jangka waktu pinjamannya lebih panjang, yang berarti Anda berpotensi bisa membayar bunga lebih besar dari yang sebelumnya.

Anda bisa juga mempelajari mengenai balance transfer kartu kredit.

 

Komentar