Bos Djarum Ini Ternyata Menjadi Atlet Tertua Di Asian Games 2018

Bos Djarum Ini Ternyata Menjadi Atlet Tertua Di Asian Games 2018

Bambang Hartono, orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes ini menjadi salah satu atlet yang berlaga di Asian Games 2018. Ia mewakili Indonesia di cabang olahraga bridge di kategori Supermix Team.

Menurut Ketua Umum Pengurus Besar Gabungan Bridge Indonesia (PB GABSI) Ekawahyu, Bambang tidak bermain di hari pertama sebagai strategi pemenangan. Bambang akan diturunkan untuk bermain secara beregu.

Pendiri Djarum ini berlaga di pertandingan pertama (22 Agustus 2018). Pertandingan bridge sendiri akan berlangsung tanggal 21 sampai 27 Agustus.

“Beliau (Bambang Hartono) hadir hari ini di Jiexpo, tapi belum akan turun (main) untuk hari ini,” tutur Ekawahyu.

Perlu diketahui bahwa turnamen bridge terdiri dari tiga kategori, yakni Men, Mixed (putra dan putri), serta supermixed (1 pasangan putra dan 1 pasangan putri). Untuk kategori men akan diadu sebanyak 13 ronde, mixed 7 ronde, dan juga supermixed sebanyak 9 ronde hingga 25 Agustus 2018.

Bambang resmi menjadi atlet tertua yang bertanding untuk tim Indonesia di usianya yang ke 79. Menurutnya, ini adalah bentuk pelaksanaan kewajibannya sebagai warga negara untuk mengangkat nama bangsa di Asian Games. Juga mengingat dia sudah lama menjadi tokoh yang mempopulerkan cabang olahraga bridge di tanah air.

“Sumbangsih Djarum ke negara itu ada dua, buku tangkis dan bridge. Jadi ini udah menjadi keharusan saya membela negara saya,” ungkap bos PT Djarum ini di kantornya.

Setelah Asian Games, Bambang pun bermimpi untuk menjadikan bridge salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade.

Bambang pun sempat memberikan keterangan bahwa untuk mendapatkan persetujuan dari Komite Olimpiade Asia (OCA) untuk mempertandingkan bridge, bukanlah perkara gampang. Bridge awalnya dianggap sebagai bentuk judi dan bukan olahraga.

Namun dengan memberikan berbagai data serta laporan kejuaraan yang pernah diselenggarakan di beberapa negara, akhirnya OCA menyetujui bahwa bridge merupakan cabang olahraga dan dapat dipertandingkan dalam Asian Games.

“Usaha saya sudah sejak 2-3 tahun lalu agar bridge bisa dipertandingkan di Asian Games, dan akhirnya berhasil. Saya punya mimpi berikutnya bridge dipertandingkan di Olimpiade. Ini sedang diperjuangkan meski berat,” jelas Bambang.

 

[Source]

Komentar