5 Beasiswa untuk Lanjutkan Pendidikan di Dalam dan Luar Negeri

5 Beasiswa untuk Lanjutkan Pendidikan di Dalam dan Luar Negeri

Siapa yang tidak ingin beasiswa?

Tidak sulit untuk menemukan informasi mengenai beasiswa, namun cara mengajukannya memang mengharuskan calon penerima untuk memenuhi berbagai persyaratan. Semua persyaratan ini disesuaikan dengan jenis beasiswa yang diinginkan.

Sudah banyak mahasiswa dan pelajar yang mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studinya, penelitian, atau menyelesaikan disertasi.

Berikut adalah beberapa beasiswa yang banyak dicari oleh pelajar dan mahasiswa. Selain itu, beberapa beasiswa ini juga memberikan bantuan dana pendidikan untuk lebih dari satu kategori. Sehingga, makin besar kemungkinan setiap pelajar dan mahasiswa untuk mendapatkannya.

Beasiswa Unggulan

Masa seleksi untuk Beasiswa Unggulan tahun 2018 sudah lewat, namun Anda harus rajin mengunjungi website mereka untuk mengetahui pengumuman seleksi beasiswa berikutnya.

Untuk menghindari informasi dari sumber yang salah, maka ada baiknya Anda mendaftarkan diri ke website Beasiswa Unggulan dengan cara berikut.

1. Masuk ke website https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/ kemudian klik “Daftar Online”

daftar beasiswa unggulan

2. Kemudian klik “Register” untuk membuat akun. Perhatikan juga pengumuman pada laman pendaftaran ini!

laman registrasi

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah program apa yang menjadi prioritas pada setiap periode. Misalnya, pada tahun 2018, Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi memprioritaskan masyarakat dari 18 bidang untuk diberikan beasiswa. Di antaranya adalah;

  1. Pendidikan, diutamakan pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (PGSD),
  2. Kurikulum Pendidikan,
  3. Manajemen dan Kebijakan Pendidikan,
  4. Perfilman,
  5. Seni Pertunjukan,
  6. Kebijakan Publik,
  7. Pariwisata, dan lain-lain

Kemudian, Anda juga harus memperhatikan cara mengajukan beasiswa ini. Di mana dibagi menjadi dua tahap seleksi.

masa pendaftaran

masa kelulusan

Jika Anda tidak lulus pada tahap seleksi 1 dan 2, maka Anda harus kembali melakukan langkah ke-5, yaitu pendaftaran ulang di web.

LPDP

Bagi mahasiswa atau pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) biasanya menjadi pilihan pertama.

Beasiswa dari lembaga ini memiliki berbagai program, bahkan program khusus untuk siswa dari Indonesia Timur, juga program melanjutkan studi S2 dan S3.

Adapun jenis beasiswa pendidikan ini dibagi menjadi tiga golongan utama, yaitu Beasiswa Umum, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Targeted. Berikut perinciannya.

  1. Beasiswa Umum
  • Beasiswa Reguler
  • Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis
  • Beasiswa Disertasi
  • Beasiswa Kerjasama Pendanaan
  1. Beasiswa Afirmasi
  • Beasiswa Daerah Afirmasi
  • Beasiswa Alumni Bidikmisi
  • Beasiswa Prasejahtera Berprestasi
  • Beasiswa Santri
  • Beasiswa Prestasi Olahraga
  • Beasiswa Prestasi Seni
  • Beasiswa Penyandang Disabilitas
  • Beasiswa Indonesia Timur
  1. Beasiswa Targeted Group
  • Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)
  • Beasiswa PNS/TNI/POLRI
  • Beasiswa Prestasi Olimpiade Bidang Sains, Tenkonologi, dan Ekonomi

Pertama-tama, Anda harus mendaftar terlebih dahulu di website LPDP.

lpdp

Sumber : https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/

Hal ini akan mempermudah Anda untuk menerima berbagai informasi mengenai seleksi juga hasil penerimaan beasiswa pada tiap tahapnya.

Jangan lupa untuk melihat pengumuman-pengumuman seleksi untuk penerima beasiswa yang diadakan di beberapa tempat seluruh Indonesia.

Tidak hanya untuk melanjutkan pendidikan, LPDP juga menyediakan program Dana Riset. Program ini bisa diikuti oleh mahasiswa, tenaga pendidik, dan peneliti secara umum. Mereka bahkan memiliki program kolaborasi untuk kebutuhan penelitian.

Djarum Beasiswa Plus

Berikutnya adalah beasiswa dari PT Djarum.

Sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, Djarum juga menyalurkan uangnya untuk memberikan beasiswa pada mahasiswa untuk meringankan biaya hidupnya selama masa kuliah.

Adapun besaran dari beasiswa ini adalah Rp 750.000 per bulan, selama setahun. Angka ini sangat membantu bagi para mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan dan transportasi.

Selain beasiswa berupa bantuan dana, Djarum Beasiswa Plus juga memberikan pelatihan soft skill pada penerima beasiswa. Adapun program-program pendukung ini adalah, Nation Building, Community Empowerment, International Exposure, Competition Challenges, Leadership Development, serta Character Building.

Sebelum mendaftar, pastikan Perguruan Tinggi Anda terdaftar dalam mitra yang menerima bantuan ini. Selain itu, perhatikan juga semua persyaratan sebelum mendaftar.

Bank Indonesia

Satu lagi beasiswa yang hadir dan bekerjasama langsung dengan perguruan tinggi mitranya, adalah beasiswa dari Bank Indonesia.

Pihak Perguruan Tinggi akan mengumumkan waktu pendaftaran dan seleksi di website mereka. Contohnya, pada situs akademik Universitas Negeri Semarang ini.

beasiswa BI

Sumber : baakk.unnes.ac.id

Adapun beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang sudah menjalani kuliah tiga semester atau sudah menempuh 40 SKS.

Jadi, bagi Anda yang masih duduk di bangku kuliah, harus sering-sering mengunjungi situs akademik di kampus masing-masing. Mungkin saja universitas Anda adalah mitra dari beasiswa Bank Indonesia.

Astra

Sebagaimana PT Djarum, Astra juga menyisihkan sebagian keuntungannya untuk pembiayaan pendidikan di Indonesia. Dana pendidikan ini disalurkan melalui Yayasan Toyota dan Astra.

Pada tahun 2017 lalu, sudah ada 3.484 orang yang menerima bantuan pendidikan dari yayasan ini, Dengan dana kelola mencapai Rp 4,3 miliar. Adapun penerima bantuan merupakan pelajar dari Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi.

Selain itu, mereka juga memberikan bantuan untuk biaya pembuatan disertasi bagi mahasiswa S2 dan S3. Yayasan Toyota dan Astra juga memberikan pendanaan untuk penelitian.

Berbeda dengan beasiswa lainnya, PT Astra tidak hanya mempertimbangkan kemampuan intelejensi mahasiswa, melainkan juga kemampuan emosionalnya. Berikut adalah tahap-tahap seleksi yang harus ditempuh setelah persyaratan administrasi terpenuhi.

  1. Seleksi administrasi

Pada tahap ini, calon penerima beasiswa diminta untuk mengisi kuisioner. Pihak Astra akan mengirimkan kuisioner melalui email.

  1. Seleksi Psikotes

Ini adalah tahap tes psikologi langsung di tempat yang sudah ditentukan pihak Astra. Ada baiknya Anda mencari referensi tentang psikotes sebelum hari pengujian tiba.

Pengumuman tes ini akan dilakukan lewat akun Instagram @astra_career.

  1. Forum Group Discussion

Selanjutnya yaitu tes dalam bentuk diskusi berkelompok. Anda nantinya akan dikelompokan dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lain. Kelompok ini akan diminta untuk mendiskusikan solusi dari sebuah masalah.

  1. Tahap Interview

Terakhir adalah tahap interview, layaknya interview kerja. Persiapkan diri, fisik dan mental, pada hari interview tiba.

Besaran beasiswa dari Astra ini cukup besar, yaitu Rp 5 juta setiap semester. Maka tidak mengherankan kalau mereka benar-benar selektif dalam memilih calon penerimanya.

Mumpung masih masa penerimaan murid dan mahasiswa baru, pendaftaran untuk berbagai beasiswa pun baru dibuka.

Lihat juga berbagai jurusan di perguruan tinggi yang terkenal memakan biaya belajar termahal.

Komentar