Belanja Cerdas Dengan Cicilan 0% Kartu Kredit

cicilan 0%

Punya kartu kredit itu ada untung ruginya. Semua pemilik kartu kredit pasti setuju akan hal tersebut. Untuk itu terkadang kartu kredit bisa menjadi barang kesayangan namun ada kalanya menjadi barang yang dijauhi. Calon pengguna kartu kredit gemar mengajukan aplikasi kartu kredit karena fitur-fitur yang diberikan, misalnya untuk kemudahan berbelanja, traveling ataupun menggunakan penawaran cicilan 0% kartu kredit.

Di Indonesia, banyak kartu kredit yang disertai program cicilan 0%. Biasanya hal ini dilakukan oleh pengguna apabila ada kebutuhan mendesak yang harus dibayar dengan menggunakan kartu kredit dan produk atau jasa yang darurat tersebut dapat dibayar melalui cicilan 0% kartu kredit. Sebelum Anda mengaktifkan cicilan 0% kartu kredit, buatlah catatan untuk menanyakan pada merchant apakah ada biaya-biaya tambahan yang akan dikenakan. Ini sangat berguna untuk menghindari adanya biaya ‘nyasar’ dalam tagihan kartu kredit Anda selain biaya cicilan per bulan.

Definisi Cicilan 0% Kartu Kredit

Definisi program cicilan 0% kartu kredit adalah skema pembayaran kembali yang memungkinkan Anda untuk membayar kembali pembelian kartu kredit yang dilakukan di merchant tertentu melalui cicilan dan tidak dikenai bunga sama sekali. Biasanya beberapa merchant telah bekerja sama dengan penerbit kartu kredit untuk memberikan keringanan kepada nasabah. Merchant yang memberikan cicilan 0% tersebut tak terbatas pada produk saja, melainkan layanan jasa. Seperti, rumah sakit, hotel, jasa penerbangan dan lainnya.

Adanya cicilan 0% ini memang memicu geliat konsumtif masyarakat. Sungguh beruntung apabila ada produk atau jasa yang sangat diinginkan dan kemudian tersedia penawaran cicilan 0% dari kartu kredit yang Anda miliki. Tetapi, Anda diwajibkan juga untuk waspada terhadap penawaran cicilan 0% kartu kredit ini. Ketika hendak membayar dengan kartu kredit, tak ada salahnya banyak bertanya pada merchant yang bersangkutan. Pastikan bahwa program cicilan ringan bunga 0% yang diberikan menandakan bahwa Anda tidak membayar biaya tambahan apa pun pada pembelian Anda.

Terlepas dari pemikiran bahwa cicilan 0% kartu kredit sangat membantu dan menguntungkan, ada hal-hal yang harus Anda cermati. Sering kali bank memiliki daftar merchant yang berpartisipasi menawarkan program cicilan ringan 0% untuk kartu kredit yang mereka terbitkan; dan sebaliknya tiap merchant juga memiliki syarat dan ketentuan yang mengikat penggunaan program cicilan ringan bunga 0% di outlet-outlet mereka.

Sebagai contoh, pada periode 1 Februari- 20 Februari 2015, Informa memberikan program cicilan ringan 0% melalui pembayaran kartu kredit BCA. Konsumen bisa mengambil program cicilan 0% kartu kredit tetapi HANYA dengan minimal transaksi sebesar Rp 4.000.000 (untuk cicilan enam bulan) atau Rp 8.000.000 (untuk cicilan dua belas bulan). Faktanya, ada dua perihal yang mendasari kasus tersebut. Pertama-tama Anda tidak bisa bebas berbelanja jika belum mencapai nominal Rp 4.000.000 dan mengubahnya jadi cicilan 0% meskipun memiliki kartu kredit BCA. Kedua, Anda tetap bisa berbelanja dengan menggunakan kartu kredit BCA untuk nominal pembelian yang lebih rendah dan mengajukan cicilan. Hanya saja bunganya tidak lagi 0%, melainkan sesuai kebijakan Bank.

Oleh karena itu, agar mempermudah pembelanjaan maka Anda perlu menyiasati cicilan 0% kartu kredit ini sebagai jalan menuju belanja cerdas. Sifat konsumtif tak lagi menyelimuti Anda apabila Anda gunakan penawaran ini untuk berbelanja kebutuhan. Ikuti tips-tips berikut agar terhindar dari jebakan cicilan 0% kartu kredit.

Tips Belanja Dengan Cicilan 0% Kartu Kredit

1.Survey harga paling terjangkau

Anda gemar traveling? Apabila jawabannya ya pasti Anda akan melakukan survey untuk mencari harga pesawat yang termurah ke destinasi tujuan. Perlu diketahui saat ini sudah banyak perusahaan maskapai penerbangan yang bekerja sama dengan kartu kredit dan bonusnya lagi ada penawaran cicilan ringan 0%. Jika sudah begitu, Anda tentu akan memilih maskapai yang menawarkan promo tersebut bukan. Meski, harga yang ditawarkan oleh maskapai lain lebih murah Rp 100.000 – Rp 200.000.

Sebagai pertimbangan, kartu kredit BCA bekerja sama dengan Garuda Indonesia memberikan promo penawaran special Cicilan 0% selama 3 dan 6 bulan. Promo ini berlaku untuk semua rute Domestik & Internasional (all class) hingga 28 Februari 2015. Survey harga ini tidak hanya dilakukan saat hendak memesan tiket saja, namun berfungsi ketika Anda mau membeli produk atau layanan jasa lainnya.

2.Manfaatkan belanja online

Maraknya e-commerce atau perusahaan belanja online mempermudah cara belanja Anda menjadi lebih praktis dan cepat. Tinggal duduk manis sembari melihat produk yang diinginkan, lalu pilih metode pembayaran dan tinggal menunggu produk yang dibeli datang. Nah, saat ini sudah banyak e-commerce yang bekerja sama dengan penerbit kartu kredit dan memberikan program cicilan 0%. Misalnya, di bhinneka, lazada, blibli dan lainnya.

3.Membeli kebutuhan darurat

Belanja cerdas yang satu ini dikaitkan untuk kebutuhan darurat. Apabila Anda menemukan produk atau jasa yang memang jadi kebutuhan dan kebetulan ada penawaran cicilan 0% maka jangan ragu lagi untuk segera membelinya. Penawaran tersebut biasanya berlaku dalam periode terbatas.

Manfaatkan segera penawaran itu asalkan memang produk atau jasa yang hendak dibeli adalah kebutuhan bukan keinginan. Misal, Anda baru saja pindah rumah dan belum memiliki perabotan serta barang elektronik. Anda bisa memanfaatkan adanya program cicilan 0% kartu kredit untuk melengkapi kebutuhan rumah. Seandainya itu merupakan keinginan lebih baik hentikan niat Anda karena yang ada bukan belanja cerdas tetapi konsumtif.

4.Melunasi tepat waktu

Program cicilan 0% kartu kredit tidak akan berfungsi sempurna apabila dalam melakukan pembayaran tagihan masih saja terlambat. Perlu diingat bahwa bunga 0% berlaku apabila Anda melunasi tagihan setiap bulannya tepat waktu. Jika saat jatuh tempo Anda tidak membayar lunas akan terkena penalti berupa bunga tinggi berkisar 3,25 persen sampai 4 persen. Tergantung kebijakan dan peraturan Bank penerbit kartu kredit. Oleh karenanya, ketika tagihan Anda datang segeralah membayar cicilan 0% kartu kredit tersebut sejumlah nominal yang tertera.

Supaya pemakaian kartu kredit Anda tetap terjaga, praktikkan 6 Tips Mudah Mengontrol Pemakaian Kartu Kredit ini.

 

Komentar