Belanja Offline dan Online, Bisa Bayar Nanti dengan Kredivo

Belanja Offline dan Online, Bisa Bayar Nanti dengan Kredivo

Nama Kredivo sebagai penyedia kredit berupa pinjaman tunai maupun kredit belanja sudah tidak asing lagi di Indonesia.

Kali ini AturDuit berkesempatan untuk membahas produk Kredivo bersama perwakilannya, Indina Andamari, untuk membahas fitur kredit dan pinjaman mereka.

Apa yang membuat pihak Kredivo melihat potensi dengan layanan kredit belanja seperti ini?

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia sangat cepat, bahkan menurut riset terakhir, pertumbuhan e-commerce Indonesia berada di peringkat teratas di dunia. Meskipun pertumbuhannya cepat, ekosistem e-commerce Indonesia terhambat oleh penetrasi kartu kredit yang buruk dan salah satu tingkat cart abandonment tertinggi di Asia. Kurang dari 5% penduduk memiliki akses ke kartu kredit, dengan sebagian besar konsumen masih mengandalkan transfer bank dan Cash on Delivery (CoD).

Padahal Indonesia memiliki jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia dan memiliki pertumbuhan GDP yang cukup pesat sehingga banyak orang yang masuk dalam kategori layak mendapatkan kredit. Tapi karena kurangnya data riwayat kredit dan sistem verifikasi identitas, pertumbuhan kredit menjadi terhambat. Kami melihat ini sebagai suatu peluang untuk memberikan pembiayaan instan sekaligus metode pembayaran di e-commerce dalam bentuk kartu kredit digital dengan proses yang semuanya digital dan berbunga rendah hampir seperti bank. Partner e-commerce juga dapat menikmati manfaat dari checkout 2 klik kami yang mampu meningkatkan average order value (AoV) dan settlement rate.

Kredivo

Kredivo

Aplikasi pinjaman tanpa bunga dalam 30 hari.

Mengenai aplikasi kredit belanja, apa saja manfaat lebih yang bisa didapatkan pengguna dari produk ini?

Kredivo memiliki 3 layanan utama yaitu Bayar dalam 30 hari, Cicilan dan juga Pinjaman Tunai. Bayar dalam 30 hari adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk berbelanja dan membayarnya dalam 30 hari ke depan dengan bunga 0%. Layanan cicilan memberikan kemudahan kepada pengguna untuk membeli barang di merchant Kredivo dengan cicilan yang memiliki bunga 2,95% per bulan dan tenor hingga 12 bulan. Terakhir, ada fitur pinjaman tunai yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pinjaman tunai hingga 30 juta rupiah.

Selain terjangkau, produk Kredivo juga cepat dan mudah, hanya membutuhkan 2 kali klik untuk checkout dan waktu approval yang cepat – hanya beberapa jam saja. Kredivo juga nyaman, semua pengajuan berbasis digital, tidak lagi membutuhkan kertas (slip gaji, fotokopi KTP, dll) dan proses yang berbelit, bisa digunakan untuk berbelanja di 250 merchant. Terakhir, Kredivo juga terjamin keamanannya, semua data pribadi dienkripsi dan dilindungi dengan tingkat keamanan setara dengan bank.

Bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan e-wallet pasti tidak asing dengan teknologi keuangan seperti ini. Namun adakah antisipasi atau sosialisasi untuk memperluas layanan ini bagi yang awam?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, saat ini kurang dari 5% penduduk Indonesia yang tercatat memiliki kartu kredit. Konsekuensinya, metode pembayaran ini belum bisa dinikmati oleh masyarakat secara luas. Kredivo sebagai salah satu pionir hadir mengatasi kesenjangan penetrasi kredit itu dengan menyediakan akses kredit instan yang aman, nyaman, dan terjangkau. Kami selalu melakukan edukasi dan sosialisasi untuk hal ini.

Di satu sisi, dengan maraknya penyedia kredit online juga opsi pembayaran online seperti e-wallet saat ini, kami terbantu dalam hal mengedukasi masyarakat. Namun di sisi lain, banyak informasi yang simpang siur sehingga mengaburkan batas-batas perbedaan antara para pemain dalam industri tekfin ini. Sudah menjadi tugas kami untuk mengedukasi masyarakat tentang kemudahan dan keamanan bertransaksi dengan kartu kredit digital Kredivo, juga pentingnya menggunakan kredit secara bijak dan bertanggung jawab.

Sebenarnya apa persyaratan dari penggunaan kredit belanja Kredivo ini? Apakah bisa digunakan secara offline?

Saat ini kami memiliki 2 tipe akun; tipe basic dan juga premium. Akun basic memiliki persyaratan harus memiliki KTP, penghasilan minimal 3 juta per bulan dan berdomisili di 17 kota dimana layanan Kredivo tersedia. Pendaftarannya membutuhkan foto KTP, foto selfie dan akun e-commerce yang sudah memiliki riwayat transaksi sebagai pengganti bukti alamat tinggal. Pengguna akan mendapatkan limit hingga 3.000.000, pinjaman mini dan layanan bayar dalam 30 hari.

Sedangkan untuk akun premium persyaratannya hampir sama, tapi yang berbeda adalah calon pengguna harus menghubungkan akun internet banking sebagai pengganti bukti penghasilan yang akan diakses sekali saja. Pengguna dapat menikmati layanan bayar dalam 30 hari, layanan cicilan hingga 12 bulan dan layanan pinjaman jumbo hingga 30 juta.

Kredivo juga sudah bisa digunakan secara offline di merchant yang sudah terdaftar. Cukup scan kode QR via Kredivo dan pembayaran akan diproses langsung menggunakan limit Kredivo.

Semua inovasi pasti ada tantangannya, sebenarnya tantangan apa saja yang sudah diantisipasi oleh pihak Kredivo saat meluncurkan produk ini?

Sebagai perusahaan startup teknologi yang terus berinovasi, termasuk saat meluncurkan Kredivo di tahap awal, kami terbiasa menghadapi tantangan dalam hal mencapai “product-market fit” dan memastikan angka adopsi (adoption rate) yang tinggi. Resiko tersebut dapat diminimalisir dengan cara identifikasi masalah dan solusi yang tepat, market scaling, iterasi produk yang cepat serta eksekusi yang hebat oleh team yang agile. Semenjak awal, fokus kami adalah membangun produk yang memang dibutuhkan dan disukai oleh masyarakat. Para founders kami tahu betul bahwa ada gap yang sangat besar di Indonesia bahkan Asia Tenggara, dalam hal ketersediaan akses kredit retail yang aman dan nyaman dan juga metode pembayaran yang relevan untuk digunakan bertransaksi secara digital. Berangkat dari sinilah Kredivo lahir sebagai jawaban dari persoalan tersebut. Buktinya yaitu angka pertumbuhan jumlah pengguna dan jumlah dana tersalur yang sangat pesat dalam waktu 3 tahun saja.

Apa ada tips khusus untuk para pembaca kami yang ingin menggunakan Kredivo?

Pertama, pastikan Anda sudah memenuhi syarat dan ketentuan untuk mendaftar Kredivo seperti memiliki KTP, umur di atas 18 tahun, memiliki gaji minimal 3 juta rupiah dan berdomisili di 17 kota dimana layanan Kredivo tersedia (Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Pulau Bali, Malang, Makassar, Yogyakarta, Solo, Cirebon, dan Sukabumi). Kedua, pastikan data yang diminta sudah lengkap dan valid seperti menyambungkan internet banking yang digunakan untuk menerima gaji bulanan agar peluang pengajuan kredit Anda disetujui juga lebih besar.  Ketiga, pastikan arus kas bulanan Anda sehat dan tidak ada utang lain yang menunggak. Idealnya rasio utang adalah sejumlah 30% dari pendapatan per bulan.

Dengan berkembangnya teknologi dan mungkin kebutuhan finansial masyarakat, apa harapan untuk perkembangan Kredivo ke depannya?

Kredivo secara konsisten memberikan layanan yang terbaik untuk memudahkan masyarakat. Kami selalu berinovasi untuk menyediakan layanan keuangan yang terjangkau, cepat dan praktis, nyaman serta aman untuk mendorong inklusi keuangan. Kami akan berusaha untuk hadir di setiap lini kehidupan masyarakat, dimulai dari pemenuhan kebutuhan sehari-hari (pulsa, paket data, PLN, PDAM, BPJS), gawai dan barang elektronik, peralatan rumah tangga, fashion hingga gaya hidup seperti tiket pesawat dan juga hotel. Kedepannya, Kredivo akan merambah ke layanan-layanan finansial lainnya, menjadi one-stop solution untuk layanan keuangan karena masih banyak aspek kehidupan lain yang penting yang membutuhkan pembiayaan seperti usaha, pendidikan, kendaraan dan lain sebagainya. Dengan begitu, kami berharap Kredivo akan menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat dalam bertransaksi di era digital ini.

Lebih lengkap lagi mengenai kredit, pinjaman, dan pengaturan keuangan, Anda bisa mengunjungi artikel ‘mengapa harus mengatur keuangan‘ kami berikut ini.

Komentar