Berapa Sih Biaya Untuk Menikah Itu?

ini dia biaya-biaya yang diperlukan untuk menikahHubungan Anda dengan pasangan hendak dilanjutkan ke jenjang yang lebih serius yakni pernikahan. Perlu digarisbawahi bahwa pernikahan bukan soal cinta atau prinsip semata, tapi juga biaya-biaya. Pasangan yang sudah siap menikah,biasanya menyiapkan dana pesta pernikahan satu hingga dua tahun sebelum hari-H. Untuk membantu Anda, kami akan memberikan perincian biaya-biaya untuk menikah.

1.Gedung

Ketika memutuskan untuk menikah, hal pertama yang harus Anda cari ialah gedung. Apabila ingin mendapatkan gedung yang sesuai dengan idaman Anda sebaiknya melakukan survey 2 tahun sebelumnya. Rata-rata gedung di Jakarta berkisar Rp 7 juta ke atas. Ada yang harganya mencapai Rp 50 juta. Soal harga bervariasi tergantung jenis venue. Gedung kementerian biayanya lebih terjangkau, yakni antara Rp 7 juta- Rp 10 juta. Sedangkan untuk gedung serbaguna mulai dari Rp 8 juta- Rp 25 juta, dan hotel berkisar Rp 20 juta- Rp 50 juta. Mau yang lebih praktis, Anda bisa memilih tempat ibadah sebagai venue pernikahan. Biayanya Rp 5-Rp 9 juta. Mengapa praktis? Karena akad/pemberkatan sekaligus resepsi bisa dilangsungkan di satu tempat. Jika memiliki dana terbatas Anda juga bisa menjadikan rumah sebagai tempat untuk menikah.

2.Katering

Biaya untuk menikah selanjutnya ialah katering. Sebaiknya biaya ini dipersiapkan lebih. Misalnya, jumlah undangan yang Anda sebar 300, berarti ada sekitar 600 tamu. Lebih aman memesan katering untuk 700 tamu. Sehingga tamu tidak kekurangan makanan. Nah, biaya katering juga beragam sama halnya dengan gedung. Misalnya, Kiki Catering untuk harga buffet di kisaran harga Rp 30.000 sampai Rp 60.000 per porsinya. Sedangkan harga makanan gubuk berkisar Rp 7.500 hingga Rp 21.000. Dan untuk kambing guling dihargai Rp 700 ribuan. Sedangkan Puspa Catering menawarkan menu buffet seharga Rp 65.000 hingga Rp 95.000 per porsi. Untuk mempermudah calon pengantin, pihak katering biasanya sudah menyiapkan paket pernikahan yang terdiri dari katering, gedung, dekorasi, rias dan busana pengantin, undangan hingga dokumentasi. Harga paket pernikahan beragam tergantung jumlah undangan. Dimulai dari Rp 50 juta hingga Rp 100 jutaan.

3.Dekorasi

Biaya untuk menikah selanjutnya adalah dekorasi. Untuk merancang pernikahan yang sudah diimpikan biasanya calon pengantin mengoptimalkan melalui dekorasi. Mau bernuansa taman atau istana semua bisa terwujud. Harganya bervariasi tergantung tingkat kesulitan dan bahan-bahan yang digunakan untuk menghiasi venue. Harganya berkisar dari Rp 3 juta- Rp 10 juta. Dekorasi ini mencakup pelaminan, ruang VIP, meja makan, meja penerima tamu sampai seluruh isi gedung pun akan dihias. Calon pengantin bisa meminta konsep dekorasi yang diinginkan, misal yang bernuansa warna putih atau berwujud seperti taman bunga.

4.Tata rias dan busana

Jika calon pengantin memilih paket pernikahan maka tak perlu repot mencari pakaian dan juga tata rias pengantin. Ingin menyewa? Banyak vendor yang menawarkan jasa sewa pakaian. Biaya sewa pakaian baik tradisional maupun modern berkisar Rp 700.000 sampai Rp 10 juta. Tergantung model. Anda juga bisa merancang sendiri gaun, kebaya atau jas yang diinginkan. Memang perlu merogoh kocek lebih besar untuk mendesain dan menjahit pakaian sesuai keinginan tapi jauh lebih puas. Di butik-butik harga kebaya atau gaun sekitar Rp 7 juta ke atas. Sedangkan kalau menggunakan jasa tukang jahit pribadi berkisar Rp 2 jutaan ke atas. Untuk calon pengantin pria, jasa jahit setelan harganya Rp 2 juta ke atas. Bagi yang tak mau repot, pusat perbelanjaan dan butik menyediakan setelan jas minimal Rp 4 juta.

5.Cincin

Setiap pernikahan pasti memerlukan cincin. Sebagai tanda pengikat, cincin bisa berwujud emas putih atau emas kuning. Minimal sepasang cincin dengan berat 10 gram dihargai Rp 3 juta. Ada juga yang mencapai Rp 10 juta sepasang. Membeli cincin sudah pasti masuk dalam anggaran biaya untuk menikah.

6.Undangan

Urusan undangan baiknya dipersiapkan 2 sampai 3 bulan sebelum hari-H. Tapi jangan lupakan anggaran untuk undangan dalam perincian biaya Anda. Harga cetak undangan beragam dari yang termurah Rp 2.000 per undangan untuk model sederhana dan bahan dari kertas sampai harga di atas Rp 20.000 per undangan dengan bahan hard cover. Anda bisa meriset dahulu jasa cetak undangan dari satu toko ke toko lainnya untuk perbandingan harga.

7.Suvenir

Sebagai tanda terima kasih kepada para tamu yang hadir, suvenir saat berharga. Suvenir sangat bervariasi, ada gelas, gunting kuku, kipas, dompet dan lain-lain. Harganya pun bermacam-macam. Ada yang seharga Rp 1.000 per barang seperti gunting kuku, magnet kulkas dan bros. Untuk harga Rp 2.000 hingga Rp 3.000 per barang pilihannya kipas, gelas, pulpen, frame foto dan lain-lain. Sekarang ini calon pengantin ada yang gemar memberikan foto studio sebagai suvenir. Bagi Anda yang mau memilih cara itu silakan merogoh dana sebesar Rp 2 juta. Itu sudah termasuk biaya cetak dan frame.

8.Mobil pengantin

Ada yang memerlukan mobil pengantin sebagai kebutuhan pernikahan tetapi ada juga yang tidak. Biaya untuk mobil pengantin bisa ditiadakan bila Anda sudah memiliki mobil pribadi. Cara lain untuk berhemat dengan meminjam mobil keluarga atau kerabat dekat. Namun, bila Anda lebih memilih jasa sewa mobil pengantin maka biaya yang harus dikeluarkan berkisar Rp 1 juta hingga Rp 3 juta. Umumnya, harga tersebut sudah termasuk sopir, bahan bakar dan dekorasi mobil. Sebagai informasi, untuk jenis Camry dihargai Rp 1,7 juta hingga Rp 2 jutaan. Sedangkan Mercedes Benz berkisar Rp 1,5 juta ke atas tergantung dari tipe dan tahun produksi mobil. Dan untuk tipe Alphard harganya Rp 1,8 juta hingga Rp 2,5 juta.

9.Fotografi

Dokumentasi merupakan momok penting dari acara pernikahan. Momen-momen romantis, bahagia dan indah dari pernikahan wajib diabadikan dalam bentuk foto dan video. Jasa fotografi ini biasanya berkisar antara Rp 5 juta ke atas. Fasilitas yang diberikan berupa foto-foto dan video saat acara, akad/pemberkatan, sampai pre-wedding. Calon pengantin juga akan memperoleh hasil dokumentasi berupa album foto, cd dan video.

10.Biaya lain-lain

Setelah selesai membuat rancangan, Anda perlu meletakkan biaya lain-lain atau biaya tak terduga dalam anggaran biaya untuk menikah. Hal ini diperlukan untuk menyiasati adanya kekurangan dana. Berikan anggaran Rp 1- Rp 2 juta untuk biaya tak terduga.

Itulah sederet biaya untuk menikah yang harus diperhatikan. Minimal siapkan dana Rp 100 juta jika Anda ingin menikah di gedung. Pastikan biaya pernikahan tidak melebihi jumlah tabungan bersama ya.

Mau menambah tabungan pernikahan Anda, baca juga 7 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan.

Komentar