Berkenalan dengan Cashback Kartu Kredit

cashback kartu kredit

Kartu kredit cashback memberi Anda imbalan dalam bentuk uang tunai.

Kartu kredit yang beredar di pasaran sangat beragam jenisnya, dengan segala manfaat dan keuntungan masing-masing, karenanya memilih kartu kredit terbaik semakin sulit bagi konsumen. Tetapi bagi Anda yang perhatian utamanya adalah untuk mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya dari transaksi kartu kredit Anda, ada satu jenis kartu kredit yang mungkin paling cocok untuk Anda… yaitu cashback kartu kredit.

Apa Itu Cashback Kartu Kredit?

Sesuai namanya, cashback kartu kredit memberi Anda imbalan dalam bentuk uang tunai. Setiap kali Anda melakukan pembelian di outlet-outlet tertentu* menggunakan cashback kartu kredit, Anda berhak mendapat persenan (mulai dari paling kecil 0.2% hingga 20%) uang tunai.

*Outlet-outlet ini termasuk pom bensin, supermarket, perusahaan jasa penerbangan, toko eceran atau tempat transaksi lainnya, yang ditentukan oleh bank penerbit khusus untuk kartu tersebut.


Rumus cashback kartu kredit sangatlah sederhana. Berikut cara kerjanya:


Misalkan jumlah yang Anda bayarkan Rp1,000,000


Dan persentase cashback Anda adalah 10%


Cashback yang akan Anda dapatkan = 10% X Rp1,000,000 = Rp100,000


Umumnya, potongan seperti ini dikumpulkan hingga akhir bulan dan dikembalikan ke rekening kartu kredit Anda pada bulan berikutnya.

Kartu Kredit Cashback vs Kartu Kredit tanpa Cashback

Sebagian besar kartu kredit konvensional mempunya program reward berdasarkan poin, di mana Anda mendapat poin untuk setiap sekian rupiah yang Anda belanjakan dengan kartu Anda. Poin ini nantinya dapat ditukar dengan produk, voucher, dan hadiah.

Salah satu perbedaan kunci antara kartu kredit yang menawarkan cashback dengan kartu kredit jenis lain adalah bahwa  kartu kredit cashback TIDAK memiliki program reward. Kartu kredit cashback mungkin atau mungkin juga tidak berguna bagi Anda, tergantung pada apakah Anda menginginkan potongan uang tunai tanpa ba-bi-bu atau apakah Anda lebih menyukai ide menebus hadiah menggunakan akumulasi poin.

Berita baiknya adalah: karena persaingan yang makin meningkat di sektor keuangan Indonesia, sejumlah bank kini mengeluarkan kartu kredit cashback yang didukung pula dengan program poin reward – yang artinya Anda dapat memiliki kedua keuntungan tersebut hanya dengan satu kartu!  Saat ini, kartu-kartu yang memiliki program tersebut di antaranya adalah Kartu Kredit Danamon Platinum, Danamon World Card, dan kartu kredit BCA Everyday Card.

Siapa yang Seharusnya Memiliki Cashback Kartu Kredit?

Secara teknis, SETIAP ORANG cocok untuk memanfaatkan cashback kartu kredit. Bagaimanapun, siapa yang tidak menginginkan uang lebih setiap bulannya – yang persisnya merupakan keuntungan cashback kartu kredit?

Meskipun cashback sekitar 10% dari rata-rata pengeluaran bulanan Anda kelihatannya tidak banyak, 10% tersebut dapat menumpuk menjadi jutaan rupiah dalam waktu satu tahun. Uang ini dapat Anda manfaatkan untuk hal lain, seperti tabungan dalam bentuk deposito atau investasi seperti properti.

Peringatan terakhir: jangan anggap potongan tunai di atas sebagai simpanan uang yang dapat Anda gunakan untuk membayar denda yang dikenakan pada Anda karena tidak membayar tagihan kartu kredit Anda secara penuh, karena denda ini biasanya nilainya jauh lebih tinggi!

Mencari kartu kredit cashback?  Anda dapat mengajukan aplikasi melalui tabel perbandingan kartu kredit cashback kami  sekarang juga!

Komentar